Jelajahi Pulau Samalona, Surga Diving di Makassar

Bukan hanya kuliner legendaris Makassar saja yang patut dijajal, wisata alamnya pun tak boleh ketinggalan. Bagi pecinta vitamin-sea sekaligus penyuka snorkeling dan diving di Makassar, Pulau Samalona merupakan destinasi yang tepat. Ada juga aktivitas menarik lain yang dapat Teman Traveler lakukan di sini. Mau tahu apa saja? Simak dulu ulasan tentang Pulau Samalona.

Lokasi Pulau Samalona

1img_0203_V0z.jpg
Terumbu karang Porites pada Spot dive bagian Selatan Pulau Samalona (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Pulau Samalona terletak di Selat Makassar, sebelah barat daya pantai barat Sulawesi Selatan. Kawasan ini secara administratif termasuk dalam wilayah Kecamatan Wajo, Kota Makassar.

Transportasi Menuju Pulau samalona

Pulau Samalona Makassar
Sunset Latar Belakang Pulau Samalona (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Untuk menuju Pulau Samalona, pengunjung harus menempuh jarak sekitar 6 kilometer dengan menggunakan perahu motor. Jasa sewa kendaraan ini bisa ditemukan di dermaga Kota Makassar, letaknya tidak jauh dari Pantai Losari.

Harga sewa perahu motor bervariasi, tergantung tujuan dan sifat penyewaan yakni pribadi atau umum. Pribadi adalah perahu motor disewa secara penuh dan akan menemani wisatawan sampai kunjungan selesai. Harga sewa perahu secara pribadi menuju Pulau Samalona sekitar Rp500.000an. Dapat lebih murah jika pengunjung pandai menawar harga.

Sedangkan perahu motor bersifat umum artinya wisatawan akan bergabung dengan penumpang lain yang satu tujuan. Mereka pun kembali sesuai dengan jam yang sudah ditentukan. Tentu dengan harga sewa berbeda.

Dermaga ini tidak hanya melayani wisatawan yang ingin berkunjung ke pulau, tapi juga sebagai lalu-lintas warga dan para pedagang. Sehingga jangan heran bila melihat betapa sibuknya dermaga ini.

Dari dermaga Kota Makassar, perjalanan menuju Pulau Samalona dengan menggunakan perahu motor memerlukan waktu sekitar 30 menit. Ketika tiba, pengunjung akan disambut hamparan pasir putih dan air laut yang jernih. Bahkan pengunjung dapat melihat indahnya terumbu karang langsung dari atas perahu.

Luas Samalona memang hanya sekitar 2 hektare. Walaupun kecil, pulau ini dilengkapi berbagai fasilitas penunjang wisata. Di antaranya adalah tempat menginap, kamar bilas, dan kedai.

Spot Diving

Pulau Samalona Makassar
Menyelam dengan Nemo di Spot Nemo Point (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Pulau Samalona dikenal sebagai surga snorkeling dan diving berkat pemandangan bawah laut menawan. Bila ingin melihatnya secara langsung, dapat menyewa alat-alat diving dan snorkeling lengkap dengan pemandu jika diinginkan. Harga sewa alat-alat snorkeling Rp50.000-Rp100.000an, tergantung kepandaian pengunjung dalam menawar harga.

Pulau Samalona Makassar
Spot Dive Mercusuar Pulau Samalona (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Spot paling terkenal di wisata Makassar ini adalah nemo dengan kedalaman 2- 12 meter. Penyelam pemula atau para wisatawan yang ingin snorkeling biasanya singgah di spot nemo.

Selanjutnya ada spot barakuda di selatan pulau dengan kedalaman 28 meter, sehingga Teman Traveler bisa melihat gerombolan ikan barakuda. Bukan itu saja, terumbu karangnya juga sangat indah dan berwarna-warni. Akan tetapi arus pada spot ini lumayan kencang saat siang hingga sore hari.

Ada juga spot diving di dekat mercusuar sisi utara Pulau Samalona dengan kedalaman 3-24 meter. Dapat terlihat keelokan terumbu karang dan terkadang penyu bermain pada kedalaman sekitar 8-10 meter.

Lakukan Aktivitas Seru di Pulau Samalona

dsc00999_a2F.JPG
Bermain kano di Pulau Samalona (c) Muhammad Saadduddin Tenripada/Travelingyuk

Selain snorkeling dan diving, Teman Traveler juga dapat melakukan kegiatan seru lain. Sebut saja bermain kano mengitari lautan di Pulau Samalona maupun sekadar bersantai di pinggir pantai. Nah, menyaksikan magisnya sunset juga tidak boleh terlewat, ya.

Bila Teman Traveler berwisata di Makassar, sempatkan untuk jelajahi Pulau Samalona. Jangan lupa persiapkan rencana perjalanan dari sekarang, ya.

Tags
Indonesia kontributor Makassar Pulau Samalona Makassar Sulawesi Selatan Travelingyuk wisata makassar
Share