Inilah Keindahan Pulau Ontoloe, Sarang Komodo di Flores NTT

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On Indonesia
Pulau Ontoloe Pulau Ontoloe

Sebanyak enam ekor komodo berhasil diselamatkan oleh Balai Besar Konservasi Sumber Daya Alam (BBKSDA) Jawa Timur dari jual beli ilegal. Selanjutnya, hewan tersebut akan dilepasliarkan oleh BBKSDA Nusa Tenggara Timur (NTT) pada Senin (15/7/2019) mendatang. Komodo-komodo tersebut akan dilepaskan di Pulau Ontoloe, Riung, Kabupaten Ngada, Flores, Nusa Tenggara Timur.

Ciri Komodo yang Tinggal di Pulau Ontoloe

Ciri komodo di Pulau Ontoloe, via foto istimewa
Ciri komodo di Pulau Ontoloe, via foto istimewa

Sebagai informasi Teman Traveler, pulau ini juga merupakan habitat lain komodo selain Taman Nasional Komodo. Dilansir dari detik.com, karakteristik komodo di Pulau Ontoloe dan Taman Nasional Komodo berbeda. Untuk ukurannya, komodo di Ontoloe selama ini dicatat belum ada yang memiliki ukuran sebesar Taman Nasional Komodo. Ciri lainnya adalah ada warna kuning di badan komodo di Ontoloe.

Keindahan yang Ditawarkan Pulau Ontoloe

Panorama laut di Pulau Ontoloe, via Instagram/suwandicphoto
Panorama laut, via Instagram/suwandicphoto

Pulau ini masuk ke dalam kawasan Taman Wisata Alam 17 Riung dengan luas total mencapai 9.900 hektar. Dan pulau ini merupakan yang terbesar di dalam kawasan tersebut, dengan luasan total 660 hektar. Selain komodo, hal lainnya yang menjadi daya tarik wisatawan adalah keindahan bawah lautnya serta pantai. Karea hal itulah, banyak wisatawan asing tertarik berkunjung ke tempat ini.

Pulau Ontoloe Dijaga dengan Cukup Ketat

Cantik dan memikat hati, via Instagram/lasugondo
Cantik dan memikat hati, via Instagram/lasugondo

Kawasan di Flores ini tidak dihuni penduduk lantaran termasuk areal konservasi. Selain komodo, ada juga rusa yang bebas bekeliaran. Pihak BBKSDA NTT begitu menjaga kelestarian alam dan habitat flora dan faunanya. Sampai saat ini masih terus dilakukan penelitian mengenai populasi komodo. Buat wisatawan yang ingin jelajah Pulau Ontoloe, perlu didampingi pemandu wisata supaya lebih mudah saat berkeliling.

Jadi Sarang Burung Wontong dan Kalong

Lingkungan sekitar yang istimewa, via Instagram/__fahrizal
Lingkungan sekitar yang istimewa, via Instagram/__fahrizal

Tidak hanya komodo dan rusa saja, pulau ini juga merupakan sarang binatang lainnya. Sebut saja burung wontong dan kalong. Untuk burung wontong memberikan pengaruh juga untuk kembangbiak komodo. Pasalnya, sarangnya begitu cocok untuk komodo betina untuk menyembunyikan telurnya supaya tak disantap komodo jantan.

Lokasi yang cukup menarik untuk dikunjungi ya Teman Traveler. Namun tentu saja karena bisa bersinggungan langsung dengan komodo ada baiknya untuk selalu berhati-hati.