Pulau Maratua, Keindahan Bak Surga di Tanah Kalimantan

Advertisement

Kalimantan merupakan salah satu Pulau yang terbesar di Indonesia. Tak hanya itu, kawasan hutan tropis terluas kedua di dunia ini menjadi paru-paru dunia sehingga hutan dengan jutaan hektar ini perlu dilestarikan. Saking besarnya banyak nuansa alam yang begitu indah jarang terjamah oleh banyak orang. Salah satunya pulau Maratua. Destinasi satu ini cocok sekali untuk kamu yang sedang healing akibat stres akan jenuhnya pekerjaan yang tiada habisnya.

Keindahan pulau Maratua menyajikan pesona lautan yang indah
Keindahan pulau Maratua menyajikan pesona lautan yang indah. Foto via anekatempatwisata.com

Pulau Maratua menyajikan banyak spot foto yang sangat menawan. Terlebih dengan pasir pantainya yang sangat lembut, putih dan bersih. Nah, saat kamu menyelam diperairan pulau ini, hamparan biota laut termasuk terumbu karang siap membuat mu terpana. Pulau ini secara geografis terbentuk seperti huruf U yang dikelilingi oleh terumbu karang yang sangat menakjubkan.

Pulau Maratua ini hanya dihuni sekitar 3000 penduduk saja. Dimana terdapat empat desa yang semuanya berasal dari suku Bajo. Karena berada diarea gugusan pulau, maka penduduk sekitar mayoritas bermata pencaharian sebagai nelayan. Bagi kamu yang hobi snorkeling ataupun diving, pulau Maratua menjadi pilihan yang sangat cocok. Kecantikan bawah laut pulau Maratua sangat sayang bila dilewatkan.

Sejarah Pulau Maratua

Sejarah pulau ini berawal dari sebuah pernikahan yang dalam bahasa Jawa disebut dengan Mertua. Pernikahan ini dilangsungkan dengan sebuah kapal karena tinggal di dua pulau yang berbeda. Hingga ditenag perjalanan muncullah badai disertai angin kencang sehingga membuat kapal pengantin ini terombang-ambing hingga berakhir dengan menghantap karang dan pecahlah kapal ini membuat semua penumpang kapal tenggelam.

Pulau Maratua menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin menikmati indahnya biota laut
Pulau Maratua menjadi pilihan tepat bagi kamu yang ingin menikmati indahnya biota laut. Foto via topwisata.com

Gagalnya pertemuan pernikahan ini membuat anggota yang mempelai preempuan tidak jadi menikah dan menjadikan sebutan untuk nama pulau disekitarnya. Pulau Derawan memiliki sebutan dari sang calon mempelai perempuan yang masih perawan. Dan calon mertua dari perempuan menjadikan nama sebuah pulau Maratua.

Daya Tarik Pulau Maratua

Lautan yang biru membuat daya tarik utama bagi wisatawan. Selain keindahan alamnya, kamu bisa menikmati lucunya para penyu yang muncul pesisir pantai hingga berkesempatan melihat penyu bertelur. Keindahan yang ditunggu-tunggu di pulau Maratua adalah pesona sunrise dan sunsetnya yang super menakjubkan. Deretan pulau dan luasnya lautan serta tiada halangan apapun membuat pancaran matahari terbit dan tenggelam sangat indah.

Keindahan terumbu karang pulau Maratua
Keindahan terumbu karang pulau Maratua. Foto via goodnewsfromindonesia.com

Tidak hanya itu, keindahan alam lainnya seperti gua-gua dan danau air tawar membuat banyak traveler terpesona. Jika kamu ingin menikmati area pulau-pulau lainnya kamu dapat menyewa perahu nelayan dan berkeliling menikmati indahnya pulau Semut, Pulau Sadau, Pulau Nusa Kokok dan pulau lainnya yang terlihat sangat cantik.

Akses dan Lokasi Pulau Maratua

Pulau cantik ini terletak di Kecamatan Maratua, Kabupaten Berau Kalimantan Timur. Pulau ini menjadi area perbatasan antara negara Indonesia, Malaysia dan Filipina. Beberapa alternatif bisa kamu pilih menuju pulau Maratua ini seperti jalur laut ataupun jalur udara. Untuk jalur laut kamu bisa menggunakan kapan boad dari pelabuhan Tanjung Redeb ke Pulau Maratua yang ditempuh selama 3-4 jam perjalanan.

Bandara Maratua salah satu akses melalui udara menuju pulau cantik Maratua
Bandara Maratua salah satu akses melalui udara menuju pulau cantik Maratua. Foto via pemprovkaltim.com

Untuk jalur udara, kamu hanya perlu membutuhkan waktu sekitar 20 menit saja. Namun biaya yang kamu keluarkan pastinya lebih banyak. Jenis pesawat yang biasa melayani dari Bandara Juwata Tarakan, ataupun dari Bandara Kalimaru Berau adalah jenis ATR atau pesawat cessna dan mendarat di Bandara Maratua.

Aktivitas Seru di Pulau Maratua

Berwisata ke Maratua pastinya tak lain adalah snorkeling dan diving. Biota laut pulau Maratua sangatlah indah, kamu akan menemukan berbagai jenis ikan speerti fringing reefs, hutan mangrove, dan berbagai padang lamun yang sangat indah. Serasa berada disurga bawah laut. Spot diving di pulau Maratua yang paling terkenal adalah Jetty Dive Spot.

Penyu Hijau menjadi salah satu hewan yang biasa ditemui di pesisir pulau Maratua
Penyu Hijau menjadi salah satu hewan yang biasa ditemui di pesisir pulau Maratua. Foto via idntimes.com

Disinilah kamu akan menyaksikan ikan buaya harlequin shrimp, ikan mandarin, lobster, hingga terumbu karang raksasa yang super menawan. Selain itu kamu bisa menyaksikan penyu hijau yang lucu hingga habitat hiu yang siap menemani wisata ekstrem mu. Sisi lain kamu akan meneumkan habitat belut laut hingga dinamakan taman Eel Garden.

Menikmati hiu dihabitat langsung pualu Maratua
Menikmati hiu dihabitat langsung pualu Maratua. Foto via memora.id

Selain itu kamu juga akan menemukan dinding vertikal diantara terumbu karang jenis black coral trees yang tumbuh sangat subur. Keindahan ini bakal kamu nikmati hanya di hamparan terumbu karang bawah laut pulau Maratua. Untuk kamu yang baru belajar diving atau untuk pemula kamu akan diarahkan ke Cabbage Garden. Panoramanya tak jauh beda dengan Hanging Garden dimana spot terumbu karang ini menyim[pan banyak iakn ikan kecil berwarna warni yang sangat indah.

Kuliner Pulau Maratua

Menjelajah alam Maratua rasanya ada yang kurang jika kamu tidak mencicipi makanan khas Maratua. Pulau Maratua tereknal dengan sajian sate payau, nasi bekepor, gence ruan, ayam cincane, sambal raja. Nama kuliner ini menjadi pilihan paling [populer dikalangan traveler.

 gence ruan menjadi makanan paling populer dikalangan traveler ketika berlibur ke pulau Maratua
gence ruan menjadi makanan paling populer dikalangan traveler ketika berlibur ke pulau Maratua. Foto via tagar.id

Namun rasa yang membuat banyak traveler bakal nambah adalah gence ruan, salah satu jenis masakan olahan dari ikan gabus. Ikan ini dimasak dengan cara dibakar menggunakan bumbu tumis diatas bara api. Setelah itu dilumuri dengan sambal goreng dengan cita rasa yang pedas, manis, asin bercampur manjdi satu. Makanan ini menjadi lebih nikmat disantap sembari aktivitas snokeling ataupun diving.

Advertisement
Tags
Terumbu karang wisata bahari wisata kalimantan timur wisata laut wisata maratua wisata nusantara
Share