Pulau Lanjukang, Harta Karun Tersembunyi di Makassar

Sulawesi belakangan tengah dilirik banyak pecinta wisata pantai dan laut. Beberapa wisata alam di sana memang tak kalah keren dari tampat -tempat yang lebih populer seperti Bali atau Kepulaun Seribu misalnya. Sayangnya, sejumlah destinasi lokasinya cukup jauh dari keramaian, tersembunyi di antara sapuan gelombang. Salah satunya adalah Pulau Lanjukang yang penuh kejutan.

Pulau cantik ini secara geografis dan administratif masih masuk wilayah Makassar, meski lokasinya terpisah 40 kilometer dari pusat kota. Lanjukang merupakan satu di antara ratusan pulau dalam gugusan Kepulauan Spermonde yang terbentang dari Kabupaten Takalar hingga Kabupaten Barry.

Sejumlah pulau kecil di gugusan Spermonde belakangan mulai naik jadi primadona wisata anyar di Makassar. Sebut saja Pulau Samalona dan Pulau Kodingareng Keke.

Suasana Asri Bikin Betah

Pulau Lanjukang dari seberang lautan (c) Arfan Hamka/Travelingyuk

Pantai di sekitar Lanjukang dihiasi hamparan pasir putih bersih. Bebas dari sampah plastik atau lainnya. Perairannya begitu jernih, dengan keindahan membius mata. Gradasi warnanya terlihat unik, tampak semakin gelap seiring kedalamannya.

Teman Traveler pasti betah duduk santai di sini, sembari menikmati segarnya angin sepoi-sepoi. Terasa lembut menerpa wajah. Gemersik daun dari pepohonan kelapa dan pisang akan menambah syahdu suasana. Dijamin kalian malas melangkahkan kaki meninggalkan tempat ini.

Sambutan Ramah Penduduk Sekitar

Mercusuar sebagai pusat jaga perbatasan (c) Arfan Hamka/Travelingyuk

Gradasi laut dari biru muda hingga sedikit gelap dan hempasan ombak menyapu bibir pantai bakal membuat Teman Traveler merasa betah. Pikiran pun jadi segar usai berlama-lama memandangnya.

Begitu menjejakkan kaki di Lanjukang, Teman Traveler bakal disambut ramah para penduduk lokal. Pulau ini total memiliki 15 kepala keluarga, dengan jumlah penduduk sekitar 50 orang. Semuanya berprofesi sebagai nelayan. Sembari menikmati pemandangan sekitar, kalian bisa mengenal lebih dekat keseharian warga lokal.

Lokasi pas untuk Snorkeling

Berfoto di lautan sekitar pulau (c) Arfan Hamka/Travelingyuk

Pulau Lanjukang juga memiliki lokasi snorkeling yang bisa dibilang istimewa. Alam bawah lautnya menawarkan keindahan yang sulit digambarkan dengan kata-kata. Gugusan terumbu karang terlihat cantik dengan berbagai warna. Ikan-ikan kecil berenang ke sana kemari, mulai dari clown fish hingga lion fish. Benar-benar suguhan yang memanjakan mata.

Perairan di sekitar pulau juga tidak terlalu dalam, antara empat hingga lima meter. Sementara di dekat pesisir kedalamannya hanya mencapai satu meter. Sangat cocok untuk snorkeling bukan?

Itulah sedikit ulasan mengenai indahnya Pulau Lanjukang. Sekarang tinggal bagaimana kita sebagai traveler menyadari pentingnya menjaga kebersihan lingkungan demi melindungi surga titipan Tuhan ini. Jangan sampai keelokan ini tak bisa dinikmati anak cucu kita kelak.

Tags
kontributor Makassar Travelingyuk wisata makassar
Share