Ada Sejarah Indonesia Lho di Vredespaleis Belanda, Jangan Nangis ya!

Penggemar sejarah dan praktisi hukum pastinya sudah tidak asing dengan Vredespaleis Belanda alias The Peace Palace, bangunan eksotis di kota Den Haag. Bangunan ini kerap menjadi tujuan wisata turis dari berbagai negara. Teman traveler yang belum tahu apa itu the Peace Palace, simak yuk infonya, dan jadikan Vredespaleis sebagai tujuan wisata kalian saat ke Belanda.

Kantor Mahkamah Internasional

Mahkamah Internasional via instagram/peacepalace.nl

Vredespaleis adalah bangunan bersejarah yang terletak di Den Haag, Belanda. Istana Perdamaian ini berjarak sekitar 2 kilometer dari pusat kota Den Haag. Bangunan ini juga dikenal sebagai pusat hukum internasional karena Mahkamah Internasional berkedudukan di sini, tempat dimana persengketaan antara negara diselesaikan.

Arsitektur dan Interior Istana Perdamaian

Memiliki gaya bangunan neo-renaisans via instagram/peacepalace.nl

Vredespaleis adalah bangunan megah bergaya neo-renaisans dan memiliki ciri khas dari berbagai negara di dunia. Berbagai karya seni indah yang ada di sini merupakan pemberian dari negara di seluruh dunia sebagai simbol persahabatan dan persatuan. Indonesia sendiri menyumbang berbagai barang dari kayu dengan nilai seni yang tinggi untuk Vredespaleis di zaman pemerintahan Presiden Soekarno.

Setelah menjelajahi istana, Teman traveler juga harus menikmati keindahan kebun Vredespaleis. Ada air mancur yang indah dan berbagai patung di kebun terbuka ini.

Arsiteknya Pemenang Oscar

Herman Rosse via instagram/peacepalace.nl

Herman Rosse adalah arsitek termuda saat pembangunan Vredespaleis, umurnya baru 24 tahun waktu itu. Herman adalah orang berkebangsaan Belanda yang pertama kali memenangkan Oscar di Amerika Serikat. Beliau dianugerahi Oscar atas karya dan jasanya sebagai Art Director di film The King of Jazz yang dibuat pada tahun 1930. Dia mendesain semua kostum dan property set untuk film tersebut.

Selamat Tinggal Sipadan dan Sigitan

Pulau Sipadan via instagram/dylana

Wajar apabila orang Indonesia saat melihat istana ini menjadi berkecut hati. Pasalnya, di sini adalah tempat pemutusan perkara antara Indonesia dan Malaysia terkait Pulau Ligitan dan Sipadan. Di gedung itu, Indonesia kehilangan Pulau Sipadan dan Ligitan yang berada di Laut Sulawesi, dekat wilayah Kalimantan Timur.

Kekalahan itu benar-benar menjadi pelajaran yang amat berharga buat Indonesia dalam hal merawat kekayaan alam dan budaya di Indonesia. Pada akhirnya Pemerintah Indonesia menjadi lebih proaktif dalam merawat dan mempromosikan budaya Indonesia sehingga tidak diserobot oleh negara lain.

Itu dia informasi singkat mengenai Vredespaleis Belanda untuk Teman Traveler. Segera masukkan bangunan bersejarah ini ke dalam daftar tempat yang harus kalian kunjungi di Belanda, ya.

Tags
Belanda Den Haag Wisata Belanda wisata sejarah
Share