Pulau-pulau Indah di Selat Alas, Nirwana di Antara Lombok dan Sumbawa

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Nusa Tenggara Barat memiliki banyak destinasi wisata yang indah, baik Lombok maupun Sumbawa. Keduanya adalah surganya wisata di provinsi tersebut. Tak terkecuali wilayah selat yang menghubungkan dua pulau ini. Selat Alas, yang berada di antara Lombok dan Sumbawa, memiliki pulau-pulau kecil yang indah. Seperti yang disebutkan di bawah ini.

1. Pulau Paserang

Pemandangan dari atas bukit Pulau Paserang [image source]
Dari atas bukit Pulau Paserang, 360 derajat pandangan terlihat begitu indah. Di spot ini kamu bisa melihat Sumbawa secara keseluruhan. Pulau Kenawa dan Pulau Belang dapat terlihat dari Pulau Paserang. Tak hanya itu, keindahan Puncak Rinjani juga tampak jelas menambah keanggunan panoramanya.

Perairan Pulau Paserang yang jernih [image source]

2. Pulau Kenawa

Perbukitan savana Pulau Kenawa [image source]
Lagi-lagi kamu akan bertemu dengan pulau tak bertuan yang sama sekali tidak akan membuatmu bosan. Sebelum bertemu dengan air laut, di daratan Pulau Kenawa kamu akan melihat hamparan padang savana yang membentang bagaikan permadani. Di bawah air jernihnya yang berwarna biru muda, kamu akan disambut oleh penghuni habitat laut yang menawan.

Pemandangan dari atas bukit Pulau Kenawa [image source]

3. Pulau Panjang

Savana di Pulau Panjang [image source]
Pulau Panjang memiliki luas sebesar 8,96 hektar dan dikelilingi oleh pasir putih serta hamparan savana. Di bagian selatan pulau ini, kamu akan dibuat terlena oleh hamparan ilalang yang mengikuti lekukan garis pantai. Selain tempat wisata, tempat ini juga menjadi suaka alam yang ada di Sumbawa.

Pulau Panjang yang hijau dan asri [image source]

4. Pulau Kambing

Panorama dari bukit di Pulau Kambing [image source]
Beragam keindahan bahari tersimpan di perairan Pulau Kambing. Berbagai macam batu karang dan spesies hewan air asin hidup di ekosistem ini. Seperti belut laut, ikan lepu, penyu, pari, bahkan beberapa spesiesĀ hippocampusĀ dapat ditemukan pada perairan lepas pantai Pulau Kambing. Tak hanya menyelam, bukit di pulau ini juga dapat menjadi spot untuk melihat sunset yang tepat.

Perairan di Pulau Kambing [image source]
Jika memiliki rencana traveling ke Lombok dan dilanjutkan menuju Sumbawa, keempat destinasi tersebut jangan sampai terlewatkan begitu saja. Pemandangannya yang elok dan pesona bawah laut yang indah, membuat tempat di atas harus masuk dalam bucket list-mu.