Jejeran Pulau di Kalimantan Barat yang Eksotis, Cocok Untuk Melepas Penat

Kaya akan sumber daya alamnya, Kalimantan Barat juga punya destinasi wisata yang nggak kalah dengan provinsi lain. Mulai dari pantai, sungai, hutan tropis, hingga bangunan bersejarah pun bisa ditemui di sini. Selain itu, daerah ini juga memiliki keindahan alam yang tersembunyi. Yuk, kita kulik keistimewaan beberapa pulau di Kalimantan Barat berikut ini! Cocok dijadikan destinasibagi yang ingin jelajah Indonesia.

Pulau Temajo

Pulau Temajo
Pulau Temajo via Instagram/rx_eriko

Bagi yang suka ketenangan, bisa nih untuk melihat langsung keindahan Pulau Temajo. Teman Traveler akan disuguhi dengan pemandangan pasir putih, air biru jernih, serta desiran ombak yang tenang. Untuk menuju ke pulau di Kalimantan Barat satu ini, wisatawan harus menyeberang ke Kecamatan Sungai Kunyit, Kabupaten Mempawah dengan menggunakan motor air selama 1 jam. Memiliki lima teluk, salah satu yang populer adalah Teluk Paku karena dinilai punya keindahan tersendiri.

Pulau Lemukutan

Pulau Lemukutan
Pulau Lemukutan via Instagram/sitimustiani

Tak jauh dari kota Singkawang, untuk menghampiri Pulau Lemukutan hanya membutuhkan waktu selama 1 hingga 2 jam dengan menggunakan motor air atau perahu klotok. Terkenal akan keindahannya, pemandangan bawah laut di pulau ini sering dijadikan tempat bagi wisatawan untuk melakukan snorkeling. Berbeda dari yang lain, biasanya masyarakat sekitar mengajak wisatawan untuk merasakan sensasi menangkap ikan di malam hari. Beberapa fasilitas juga bisa dijumpai, seperti adanya penginapan dan warung yang menjajakan beragam makanan.

Pulau Kabung

Pulau Kabung
Pulau Kabung via Instagram/andycoky

Punya luas wilayah yang tidak terlalu besar, pulau yang berada di Desa Kerimunting, Kecamatan Sungai Raya Kepulauan, Kabupaten Bengkayang ini menyimpan keindahan alam yang mempesona. Air yang jernih dan banyaknya biota laut menjadi alasan para wisatawan berkunjung. Suasana pulau di Kalimantan Barat ini masih terasa tenang dan alami karena hanya dihuni oleh beberapa penduduk. Pengunjung dengan bebas melakukan berbagai aktivitas menarik yaitu diving, memancing, snorkeling, atau berperahu mengelilingi pulau.

Tips untuk melakukan perjalanan ke sini, lebih baik pergi bersama keluarga atau rombongan karena selain tanpa takut merasa kesepian, Teman Traveler juga bisa menghemat biaya.

Pulau Randayan

Pulau Randayan
Pulau Randayan via Instagram/egharahayu

Pulau terakhir yang juga punya pesona bahari yang khas adalah Randayan. Hanya berjarak 32 kilometer dari Kota Singkawang, suasana di sini sangat terasa rindang dan juga asri. Kontras warna yang menarik seperti air berwarna biru, pasir putih, serta pepohonan hijau, mampu memanjakan mata. Letaknya juga tak jauh dari Lemukutan. Jika ingin menikmati pemandangan lebih lama lagi, Teman Traveler bisa memilih untuk menginap di villa sekitar pulau. Karena keindahannya pun, banyak dari pasangan yang menghabiskan bulan madu di Randayan.

Bagaimana, pesonanya nggak kalah kan dengan pulau-pulau di provinsi lain? Pastikan jejeran pulau di Kalimantan Barat tadi masuk ke dalam list destinasi liburanmu, ya! Mau jelajah yang mana dulu, nih?

Tags
Indonesia Kalimantan Barat pulau di kalimantan barat Wisata wisata kalimantan barat
Share