Destinasi Wisata Kalimantan Barat, Sisi Keindahan dari Provinsi Seribu Sungai

Hangga Prayudi

Hangga Prayudi

On Indonesia

Sebagai provinsi terluas keempat di Indonesia, Kalimantan Barat memiliki karakter alam yang beragam. Kondisi geografis wilayahnya yang terdiri dari banyak sungai, membuat Kalimantan Barat dijuluki sebagai provinsi Seribu Sungai. Tak banyak yang menjadikan Kalimantan Barat sebagai destinasi wisata di Indonesia. Padahal provinsi yang berbatasan langsung dengan Malaysia tersebut juga memiliki beberapa tempat yang menarik untuk dikunjungi. Berikut adalah 4 destinasi wisata Kalimantan Barat yanng sayang dilewatkan.

Taman Alun Kapuas, Pontianak

Air Mancur di Taman Alun Kapuas via instagram/pontinesia

Wisata Kalimantan Barat lainnya adalah Taman Alun  Kapuas yang merupakan salah satu ruang publik yang cukup populer di kota Pontianak. Lokasinya berada dipinggir tepian Sungai Kapuas dan memiliki air mancur serta replika Tugu Khatulistiwa. Di taman dengan luas area tiga hektare ini juga memiliki pepohonan yang rindang. Karena itu Teman Traveler tidak akan merasakan terik jika datang ke tempat ini siang ataupun sore hari.

Tugu Khatulistiwa

Wisatawan sedang berfoto di Tugu Khatulistiwa via instagram/mrsekaristi

Tugu khatulistiwa merpuakan penanda perlintasan garis khatulistiwa. Istimewanya lagi, hanya ada 12 negara di dunia yang dilintasi garis pemisah bumi utara dan selatan tersebut. Sedangkan kota yang persis dilewati oleh garis hanyalah Pontianak. Monumen penanda garis khatulistiwa ini dibangun dalam bentuk sederhana pada tahun 1928. Hingga akhirnya pada tahun 1990, Tugu Khatulistiwa Pontianak kembali disempurnakan dengan pembuatan pelindung dan duplikasi tugu dengan ukuran 5 kali lebih besar dari tugu yang asli.

Bukit Kelam, Sintang

Tangga jalur pendakian di Bukit Kelam via instagrampendakikalbar

Bukit yang berada di Kota Sintang ini sering disamakan dengan Ayers Rok yang ada di Australia. Lokasinya berada sekitar 20 km dari pusat Kota Sintang dan memiliki ketinffian mencapai 1.002 mdpl.  Bukit ini juga sering menjadi tujuan pecinta alam untuk melakukan pendakian. Karenanya terdapat dua jalur untuk mencapai puncak bukit kelam. Pertama melewati jalur pendakian dengan kemiringan 15-40 derajat. Kedua dengan menggunakan anak tangga di sebelah barat bukit dengan elevasi mendekati 90 derajat.

Pantai Temajuk, Sambas

Sunset di Pantai Temajuk via instagram/trisnaindonesia

Dengan garis pantai mencapai 60 kilometer, Pantai Temajuk merupakan destinasi wisata yang cukup seru untuk dikunjungi. Pesisirnya terdiri dari pasir coklat dan bebatuan yang menambah keunikan pantai ini. Posisi pantai yang menghadap ke barat, membuat tempat ini memiliki pemandangan sunset yang menarik.

Meskipun tak sering dijadikan sebagai tujuan wisata, bukan berarti Kalimantan Barat tidak memilki destinasi wisata. Empat lokasi yang telah disebutkan di atas tersebut adalah beberapa contohnya. Adakah dari Teman Traveler yang pernah mengunjungi Provinsi Seribu Sungai ini?