Lima Pantai dengan Mercusuar, Nikmati Keindahan Bahari dari Perspektif Berbeda

Advertisement

Sebagai negara maritim, Indonesia tentu saja memiliki banyak pantai yang tersebar di wilayahnya. Keindahannya tak perlu dipertanyakan lagi. Pasir putih, air laut sejernih kristal, dan terumbu karang indah mendominasi wilayah perairan Indonesia. Karenanya, banyak titik snorkeling dan diving yang dapat ditemukan dengan mudah di negara kita. Namun jika ingin mencoba perspektif lain dalam menikmati keindahan bahari, kamu dapat mencoba destinasi yang memiliki mercusuar. Seperti yang terdapat pada tempat-tempat ini.

1. Pulau Lampu Gorontalo

Pemandangan Pulau Lampu dari menara suar via instagram/@raisakbar119

Di daratan dan laut, kamu dapat melihat terumbu karang dari permukaan. Pasalnya, destinasi ini memiliki perairan yang sejernih kristal. Pesisir pantainya dipenuhi dengan pasir berwarna putih. Namun, kamu tak hanya dapat menikmati keindahan dari tepi pantai saja. Terdapat mercusuar yang dulunya berfungsi untuk menghalau kapal. Kamu dapat naik ke menara tersebut untuk merasakan pemandangan laut yang berbeda.

Pesona bawah air yang dapat ditemukan di perairan Pulau Lampu, via instagram/@wahyuyusuf99

2. Tanjung Bobo Halmahera

Menara suar dengan ketinggian yang mencapai 40 meter via instagram/@dorkasajisa

Menara suar di Tanjung Bobo memiliki tinggi kurang lebih 40 meter. Dari sini kamu dapat melihat lansekap Pulau Ternate, Tidore, Pulau Hiri, dan Pulau Mutiara. Menara ini menjadi salah satu spot yang diminati oleh wisatawan saat datang ke Tanjung Bobo. Selain itu panorama perbukitan yang masih hijau juga menjadi salah satu pemandangan yang mendukung keindahan tempat ini.

Pemandangan perairan Halmahera serta mercusuar, via instagram/@ilhamarch

3. Pulau Lelei Halmahera

Meskipun tingginya hanya mencapai 25 meter, tempat ini spot terbaik untuk menikmati sunset, via instagram/@fataha.tosofu

Meskipun tak setinggi Tanjung Bobo, hanya sekitar 25 meter, menara suar yang ada di tempat ini tetap menarik untuk dikunjungi. Panorama Pulau Lelei dapat kamu nikmati dari sudut pandang yang berbeda. Dari menara suar kamu juga dapat menyaksikan sunset dengan latar belakang pulau-pulau yang tersebar di perairan Pulau Lelei.

Keindahan terumbu karang di perairan Pulau Lelei via instagram/@rahmathariyanto

4. Pulau Mahitam Lampung

Menara suar di Pulau Mahitam Lampung via instagram/@massbas

Di sini kamu dapat menikmati pemandangan dari ketinggian 30 meter. Menara suarnya terletak tak jauh dari tepi pantai. Dari spot ini, pemandangan perairan Teluk Ratai dapat terlihat dengan jelas. Gradasi air dari biru toska hingga warna biru gelap dapat kamu saksikan tanpa halangan apapun.

Pemandangan Teluk Ratai dari mercusuar via instagram/@massbas

5. Pulau Lengkuas, Belitung

Perairan Pulau Lengkuas yang jernih via instagram/@riang.tour

Pulau Lengkuas merupakan salah satu destinasi utama di Kepulauan Bangka Belitung. Kamu tak hanya dapat snorkeling atau bermain di tepian pantai. Di pulau ini juga terdapat sebuah mercusuar yang dibangun oleh Belanda pada tahun 1882. Terdiri dari 18 pantai, kamu dapat melihat perairan biru jernih secara bebas dari puncak mercusuar.

Mercusuar setinggi 18 lantai via instagram/@cep.ardy

Pergi ke pantai identik dengan bermain pasir dan air laut, sedangkan snorkeling atau diving adalah untuk melihat keindahan terumbu karang yang indah. Sama-sama menikmati pantai, destinasi yang memiliki mercusuar seperti di atas akanmembuat pengalaman baru dalam menikmati pantai. Setuju?

Advertisement
Tags
Indonesia mercusuar pulau Wisata
Share