Pulau Bontosua Spermonde, Setitik Keindahan Sulawesi Selatan yang Memesona

Kepulauan Spermonde merupakan gugusan pulau yang berderet dari Kabupaten Takalar sampai Barru. Di dalamnya terdapat sekitar 100 pulau, dengan keunikan ekosistem masing-masing. Salah satu yang patut dikunjungi adalah Pulau Bontosua.

Wisata Sulawesi Selatan tersebut mempunyai keindahan bawah laut yang dapat membius para wisatawan. Penasaran seperti apa? Yuk, simak pengalaman perjalanan berikut.

Keindahan Pemandangan Bawah Laut

Pulau Bontosua
Snorkeling (c) Muh Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Pulau Bontosua sendiri berada dalam wilayah Kabupaten Pangkepjane dan Kepulauan. Perairannya dikenal mempunyai ekosistem bawah laut yang sangat terjaga. Sehingga tidak heran apabila terdapat aneka terumbu karang yang sehat.

Teman Traveler yang berkunjung ke wilayah ini tidak boleh sampai ketinggalan untuk snorkeling. Tentunya demi dapat menyaksikan secara langsung betapa eloknya terumbu karang dan hijaunya hamparan padang lamun. Kalau menyempatkan foto di dasar perairan, hasil jepretannya akan terlihat seperti Teman Traveler sedang terbang di antara padang lamun dan terumbu karang.

Ikan Bermain di Antara Anemon (c) Muh Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Kecantikan pemandangan bawah laut dan ekosistem di Pulau Bontosua membuat para wisatawan semakin tidak ingin beranjak. Apalagi ditambah dengan atraksi beragam ikan yang bermain di antara anemon. Semakin lengkaplah keindahan alamnya.

Menyaksikan Eloknya Sunset di Pulau Bontosua

Pulau Bontosua
Menyaksikan Keelokan Sunset (c) Muh Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Selain snorkeling, ada juga cara lain untuk merasakan keelokan Pulau Bontosua, yaitu dengan menyaksikan sunset. Spot yang paling tepat adalah di dermaga penyeberangan yang ada di pulau ini.

Pulau Bontosua
Bersantai di Dermaga (c) Muh Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Sembari menonton matahari terbenam, Teman Traveler bisa merasakan keindahan dan ketenangan suasana sekitar. Semilir angin dan aroma laut membuat pikiran semakin fresh dan bisa jadi sumber ketenangan tersendiri bagi wisatawan.

Teman Traveler juga bisa bersantai di atas hamparan pasir putihnya. Beristirahat sejenak, demi melepas penat setelah menjalankan aktivitas sehari-hari.

Ikut Menjaga Kelestarian Ekosistem Laut

Beragam Terumbu Karang (c) Muh Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Pulau Bontosua memang sebuah objek wisata yang sangat indah. Terumbu karang yang menghiasi pemandangan bawah lautnya membutuhkan waktu lama untuk tumbuh dan berkembang. Teman Traveler yang berkunjung, sebaiknya tetap menjaga keindahan yang sudah ada. Hitung-hitung ikut menjaga kelestarian ekosistem lautnya. Tidak rugi, bukan, untuk menjadi traveler yang bertanggung jawab?

Menikmati Ketenangan di Pantainya (c) Muh Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Akses Menuju Pulau Bontosua

Melihat Pemandangan Bawah Laut (c) Muh Azhar Triputra Bachtiar/Travelingyuk

Teman Traveler yang berencana untuk menjelajah Pulau Bontosua, bisa naik kapal dari dermaga penyeberangan Paotere di Kota Makassar. Durasi perjalanannya sekitar 2 jam. Pengin bermalam? Bisa mendatangi warga setempat untuk informasi tempat menginap. Masyarakat di Pulau Bontosua akan menyambut Teman Traveler dengan ramah.

Seperti itulah gambaran keindahan Pulau Bontoua yang patut didatangi. Teman Traveler berencana berkunjung dalam waktu dekat? Mau ajak siapa nih?

Tags
Indonesia Kepulauan Spermonde kontributor Pangkep Pulau Bontosua Sulawesi Selatan Travelingyuk Wisata
Share