Indahnya Bahuluang, Pulau Kecil di Selayar yang Sering Berubah Bentuk

Takabonerate sudah terkenal hingga ke telinga wisatawan mancanegara. Namun, pesona pulau di Kabupaten Selayar tak berhenti di situ saja. Masih banyak objek wisata lain dengan segudang keindahan yang sayang untuk dilewatkan. Salah satunya adalah Pulau Bahuluang. Mau tahu seperti apa tempatnya? Yuk simak ulasan mengenai surga tersembunyi ini.

Bagian Kecil dari Keindahan Selayar

Pulau Bahuluang [image source]
Objek wisata ini bisa ditempuh menggunakan kapal dari Dermaga Appatanah, sekitar 40 kilometer dari Kota Benteng. Pulau Bahuluang ini merupakan bagian dari indahnya objek wisata di Selayar. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan pulau kecil dengan keindahan bawah laut yang memesona.

Keindahan memanjakan mata [image source]

Sensasi Berlibur di Makam Karang

Merupakan makam karang [image source]
Pulau Bahuluang merupakan patahan karang yang terbawa arus lalu membentuk daratan kecil di lautan. Kamu bisa menikmati indahnya panorama alam dengan gugusan batu dan jernihnya air. Selain itu, hamparan pasir putih juga menambah kecantikan objek wisata ini. Sayangnya, keterbatasan fasilitas masih menjadi hambatan untuk berlibur di sini.

Didominasi oleh pasir putih [image source]

Panorama Bawah Laut yang Memesona

Keindahan bawah laut [image source]
Keindahan Pulau Bahuluang tak hanya di permukaannya semata. Suguhan bawah lautnya pun wajib untuk dinikmati. Jernihnya air tentu mempermudah kamu melihat secara langsung. Namun, kegiatan snorkeling maupun diving juga bisa menjadi aktivitas yang menyenangkan. Pesona biota serta terumbu karangnya sayang untuk dilewatkan.

Air lautnya jernih [image source]

Legenda Gurita Raksasa, Si Penguasa Pulau

Sering mengalami perubahan bentuk [image source]
Keunikan lain dari objek wisata ini adalah bentuknya yang sering berubah setiap musim. Meskipun belum ada penjelasan pasti, namun diperkirakan ombak dan angin laut menjadi penyebabnya. Namun masyarakat setempat percaya bahwa fenomena ini disebabkan oleh ulah penunggu pulau, yaitu gurita raksasa.

Konon ada gurita raksasanya [image source]

Pulau ini bisa dicapai menggunakan kapal berkapasitas 20 orang dengan kisaran biaya Rp500.000 – Rp700.000. Ada baiknya berkunjung bersama rombongan agar bisa lebih murah. Jangan lupa berkunjung ke sini ya saat berada di Selayar. Selamat berlibur!

Tags
Indonesia Selayar Sulawesi Selatan
Share