Power Bank Meledak, Pesawat Ini Nyaris Terbakar

febri rama

febri rama

On Akomodasi
Power Bank meledak di pesawat Power Bank meledak di pesawat

Pesawat adalah transportasi dengan banyak aturan dan larangan. Hal ini dibuat bukan untuk memberatkan penumpang, tapi justru agar selamat sampai di tujuan. Perilaku sembrono seperti penumpang Citilink yang merokok beberapa waktu lalu jelas-jelas membahayakan penerbangan. Kemudian ada juga kasus meledaknya power bank di kabin yang dibawa oleh penumpang. Berikut ulasan selengkapnya.

Tas Meledak, Penumpang Panik Ketakutan

Power Bank meledak di pesawat
Power Bank meledak di pesawat via Twitter/@

Peristiwa meledaknya tas bawaan yang berisi power bank ini terjadi di dalam pesawat China Southern pada Minggu (25/2/2018). Saat itu pesawat akan tinggal landas dari Bandara International Hongqiao di Changning, Shanghai Shi, Republik Rakyat Tiongkok. Tiba-tiba saja ledakan terjadi. Penumpang jelas panik, tapi pramugari maskapai ini memiliki keberanian yang patut diacungi jempol.

Meledak di Atas Bangku Penumpang

Power Bank meledak di pesawat
Pramugari dan penumpang memadamkan Power Bank meledak di pesawat via Twitter/@

Dengan sigap ia mencari cara untuk memadamkan api secepat mungkin. Karena jika terlambat, bisa saja api akan membesar dan melahap seluruh badan pesawat. Beberapa siraman air mineral dan jus akhirnya memadamkan nyala api yang tiba-tiba muncul dari tas bawaan penumpang. Letak tas itu sendiri berada di kompartemen tepat di atas tempat duduk penumpang.

Keberangkatan Tertunda Berjam-jam

Power Bank meledak di pesawat
Power Bank meledak di pesawat Via Twitter/@

Beberapa saat kemudian petugas pemadam kebakaran datang untuk memastikan api sudah tidak menyala. Akibat kejadian ini, keberangkatan pesawat jadi tertunda hingga tiga jam dari jadwal semula. Untuk memastikan keselamat penumpang, pesawat pengganti disediakan dan berangkat pada pukul 14.53 waktu setempat. Pemilik tas pun diamankan untuk dimintai keterangan.

Bahayanya Power Bank untuk Penerbangan

Sebagai informasi, bahan baterai yang berupa lithium-ion di berbagai perangkat elektronik bisa menyebabkan kebakaran bahkan ledakan. Beberapa maskapai memang memperbolehkannya untuk dibawa dalam penerbangan, tapi dalam batas tertentu. Biasanya yang memiliki kekuatan di atas 100 watt hours (Wh) tidak boleh dibawa tanpa persetujuan dari maskapai.

Meledaknya power bank ini adalah teguran untuk siapa saja agar lebih hati-hati dalam membawa barang bawaan. Jika kurang paham, lebih baik bertanya lebih dahulu. Saat ini informasi mengenai pesawat dan transportasi lainnya telah banyak beredar di internet dan bisa kamu akses dengan mudah. Tujuannya bukan hanya untuk keselamatanmu, tapi juga seluruh penumpang.