Empat Kasus Penumpang Pesawat yang Bahayakan Penerbangan Karena Merokok

Karena merokok, seorang penumpang pesawat bisa diturunkan paksa. Tentu saja banyak yang geram dengan kelakuan tersebut. Bukan hanya mengganggu penumpang lain, tapi juga bisa membahayakan penerbangan. Berikut ini adalah beberapa kasusnya yang menjadi sorotan pengguna media sosial dan menuai banyak kritik.

1. Penumpang Citilink Merokok Saat Pesawat Sedang Diisi Bahan Bakar

Pria bernama Iwan Limau kedapatan merokok saat berada di boarding gate pax. Bahkan sampai di tangga pesawat. Padahal saat itu pesawat sedang mengisi bahan bakar avtur (refueling). Setelah diketahui oleh petugas, maka Iwan ditindak dan terpaksa turun karena dianggap membahayakan penerbanganKejadian ini berlangsung pada Hari Minggu (25/2/2018) kemarin. Iwan sendiri tercatat sebagai penumpang Citilink dengan nomor penerbangan QG 165 tujuan Jakarta-Denpasar.  Peristiwa ini menjadi perbincangan pengguna sosial media setelah direkam oleh warga asing dan videonya diunggah di Instagram. Salah satu netizen bahkan menyebut Iwan sebagai orang kaya baru.

2. Merokok di Toilet dan Nyaris Bikin Pesawat Mendarat Darurat

Ilustrasi maskapai yang ditumpangi oleh John Cox Via Twitter

Tingkah seorang pria bernama John Cox memang bikin geram. Setelah enak-enak merokok, ia sengaja membuang puntungnya di toilet pesawat. Karena tindakannya itu, alarm kebakaran pesawat berbunyi dan menyebabkan kepanikan. Bahkan pilot pun berencana melakukan pendaratan darurat. Saat itu pesawat yang ditumpangi John sedang dalam perjalanan dari Birmingham ke Sharm el-Sheikh, Mesir. Kecerobohannya membuat John Cox dipenjara selama 9 tahun.

3. Merusak Detektor Asap

Sebuah penerbangan dari Portland ke Sacramento dibikin geger karena olah seorang penumpang. Wanita bernama Valerie Curbelo itu kedapatan merokok di toilet pesawat milik maskapai Southwest. Bukan hanya itu, ia juga merusak detektor asap hingga mengancam petugas penerbangan. Sudah jelas salah, tapi Curbelo tidak terima bahkan mengatakan bahwa ia akan membunuh semua penumpang pesawat karena marah.

4. Penumpang Asal Tuban Merokok di Toilet Pesawat Karena Khilaf

Pria asal tuban yang kedapatan merokok di pesawat
Pria asal Tuban yang kedapatan merokok di pesawat Via Liputan 6

Perilaku pria asal Tuban yang berprofesi sebagai TKI juga bikin kesal sekaligus geleng kepala. Pasalnya ia kedapatan merokok di dalam toilet pesawat, di mana hal itu jelas-jelas dilarang dan membahayakan penerbangan. Setelah diamankan oleh petugas, ia mengaku jika melakukannya karena khilaf. Peristiwa ini terjadi di pesawat Air Asia yang berangkat dari Kuala Lumpur menuju Surabaya pada 29 Maret 2017 silam.

Itulah beberapa kasus penumpang pesawat yang membahayakan penerbangan karena merokok sembarangan. Larangan dibuat tentu untuk keamanan. Demi kepuasan pribadi, jangan sampai mengorbankan keselamatan orang lain ya!

Tags
Akomodasi Indonesia PEsawat
Share