Arti Pose Patung Kuda, Nggak Hanya Pajangan Semata

Saat traveling ke beberapa tempat wisata di Indonesia, apakah kamu pernah memperhatikan ada patung pahlawan menunggang kuda? Ternyata itu bukan hanya pajangan semata lho Teman Traveler. Ada makna tersendiri terkait pose patung kuda yang dipajang di beberapa sudut kota Indonesia. Yuk intip saja maknanya.

Naik Kuda Pose Dua Kaki Terangkat ke Atas

Terangkat dua kakinya, via Instagram/jajak_kaki_solok
Terangkat dua kakinya, via Instagram/jajak_kaki_solok

Jika kamu melihat patung orang tertentu menaiki kuda dengan pose dua kaki terangkat di atas, artinya pahlawan tersebut meninggal dalam sebuah peperangan. Contoh patung ini adalah di sekitaran Gedung Bappenas, Menteng. Di sini kamu akan melihat patung Pangeran Diponegoro cukup besar dan sedang menunggangi kuda dan memegang tombak. Selain di Ibu Kota masih banyak di tempat lain, misalnya di Simpang 5 Bengkulu.

Naik Kuda Pose Satu Kaki Terangkat ke Depan

Terangkat satu kaki, via Instagram/tianflogger
Terangkat satu kaki, via Instagram/tianflogger

Selanjutnya, pahlwan sedang naik kuda dengan pose satu kaki terangkat di atas, artinya adalah si penunggang meninggal lantaran luka akibat perang. Salah satunya adalah yang berada di Monumen Jenderal Gatot Subroto yang berada di Jl. Gerilya Timur, Purwokerto, Jawa Tengah. Lokasi tepatnya berada di depan Rumah Sakit Margono Soekarjo.

Naik Kuda Namun Kaki Tak Terangkat

Patung kuda kaki telapak tanah, via foto istimewa
Patung kuda kaki telapak tanah, via foto istimewa

Jangan luput perhatian juga dengan patung pahlawan sedang naik kuda namun kakinya tidak terangkat, atau dua-duanya menapak di tanah. Artinya, pahlawan atau si penunggang meninggal karena hal-hal biasa. Misalnya saja lantaran usia ataupun sakit. Contohnya adalah Patung Jenderal Soedirman di Purwokerto, Jawa Tengah.

Patung Kuda Saja

Patung kuda Paal, via Instagram/haygi_mantiri
Patung kuda Paal, via Instagram/haygi_mantiri

Satu lagi yang mungkin kamu pertanyakan, pose patung kuda saja apa artinya ya? Ada beberapa yang memiliki arti dan sebagian hanya pajangan semata. Misalnya saja Patung Kuda Paal Dua di Manado. Artinya ini merupakan pernghormatan terhadap kuda-kuda asal Sulawesi Utara yang dulu pernah jadi juara turnamen berkuda nasional.

Ternyata ada makna yang cukup mendalam di balik pembuatan patung ya Teman Traveler, tidak hanya pajangan semata. Nah, apakah kamu baru tahu mengenai fakta arti pose patung kuda ini?

Tags
arti patung kuda arti pose patung kuda pose patung kuda
Share