Menengok Keunikan Pohon Purba Lian yang Berusia 3,5 Abad di Lombok Timur

Advertisement

Keindahan alam Lombok sudah tak perlu diragukan lagi. Apalagi ketika berbicara mengenai pantainya. Panorama alam dari ketinggian juga tak kalah menggemaskan. Nah, satu lagi tempat unik yang tak boleh dilewatkan ketika liburan di Lombok Timur. Pohon Purba Lian, wisata unik di Kecamatan Pringgabaya. Seperti apa? Berikut ulasannya untuk Teman Traveler dari Kontributor Travelingyuk, Sidik Al-Anshori.

1. Lokasi Mudah Ditemukan

Pohon purba raksasa sumber: Dokumentasi pribadi
Pohon purba raksasa (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Destinasi wisata Pohon Purba Lian berada di Desa Gunung Malang, Kecamatan Pringgabaya, Lombok Timur. Untuk sampai di lokasi, diperlukan waktu sekitar 3 jam dari Kota Mataram atau 1,5 jam dari Kota Selong Lombok Timur menggunakan kendaraan pribadi. Teman Traveler juga tidak perlu khawatir tersesat, karena tempat wisata di Lombok Timur ini berada di pinggir jalan raya utama lingkar Lombok dan dekat dengan pantai sehingga sangat mudah terlihat oleh pengguna jalan.

2. Tumbuh Sekitar Tahun 1668

Pohon raksasa menjulang sumber: foto pribadi
Batang raksasa yang menjulang (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Pohon Purba Lian merupakan istilah yang digunakan oleh penduduk sekitar. Konon, pohon ini sudah tumbuh sejak tahun 1668 atau sekitar 3,5 abad yang lalu. Para buyut desa setempat menuturkan bahwa jenis tanaman tersebut bernama latin ficus albipila yang sudah ada sebelum Belanda masuk ke Indonesia dan masih tumbuh hingga kini.

3. Berukuran Raksasa

Pohon-pohon raksasa menjulang tinggi sumber: milik pribadi
Area pepohonan raksasa menjulang tinggi (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Keunikan lain yang diperlihatkan jenis tanaman ini yaitu ukurannya yang raksasa. Tak hanya tinggi, tapi juga berdiameter sangat lebar. Pohon purba lian memiliki tinggi mencapai 40 meter dengan batang besar seukuran pelukan sekitar 10 orang dewasa atau bahkan lebih. Karena keunikannya, pohon ini dilindungi oleh pemerintah setempat. Apalagi mengingat jenisnya yang langka.

Pohon yang membesar ke akar (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk
Ukuran besar hingga ke akar (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

4. Spot Foto Unik nan Instagenic

Cocok untuk berfoto (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk
Cocok untuk berfoto (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Kalau Teman Traveler suka berfoto di lokasi yang unik, tempat ini bisa jadi pilihan yang tepat. Keunikan dan keindahan bentuk dari pohon raksasa tersebut bisa dijadikan spot foto. Tidak sedikit orang yang datang ke tempat ini untuk menggelar foto preweding. Bahkan sering dijadikan tempat syuting video klip, keren kan?

5. Dikelola dengan Baik

Gazebo di sekitar pohon purba lian (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk
Gazebo di sekitar pohon purba lian (c) Sidik Al-Anshori/Travelingyuk

Untuk destinasi wisata di Lombok Timur ini dikelola oleh perorangan, karena lahan merupakan milik pribadi. Jumlah pohon yang ada di kawasan tersebut berjumlah 40 buah, belum termasuk yang berada di luar lahan. Di tempat ini juga sudah disediakan gazebo untuk bersantai dan juga terdapat beberapa warung.

Itu tadi ulasan tentang destinasi wisata Pohon Purba Lian. Teman Traveler ada rencana berkunjung ke Lombok, tempat ini bisa jadi rekomendasi. Tentunya, tetap jaga kebersihan dan hindari vandalisme ya agar pohon ini tetap indah untuk dikunjungi.

Advertisement
Tags
Indonesia Lombok Timur Nusa Tenggara Barat Travelingyuk Wisata Lombok Timur
Share