Fenomena Pohon Kambing di Maroko, Ada Kisah Mengenaskan Dibaliknya

Tak hanya Asia, negara di Afrika Utara ternyata juga tak luput dari sorotan wisatawan. Bahkan nggak sedikit dari para artis Indonesia yang liburan ke Maroko. Marrakesh, Rabat, Casablangan, termasuk beberapa kota populer untuk dikunjungi. Selain kota besar tadi, ada salah satu destinansi yang nggak kalah terkenal yaitu kota Tamri dengan Pohon Kambing.

Wisata tersebut sangat populer di kalangan para turis. Namun ada kisah mengenaskan dibaliknya. Berikut informasinya.

Jadi Destinasi Andalan di Maroko

Pohon Kambing di Maroko, via Instagram/mmati_b

Fenomena “Pohon Kambing” bukan merupakan suatu hal yang baru. Bahkan telah menjadi andalan bagi para turis yang sedang berlibur ke Tamri, Maroko. Pohon ini membuat kambing rela memanjatnya.

Soal keseimbangan nggak perlu dipertanyakan lagi karena hewan tersebut mampu menginjakkan kaki dan tak jatuh walau berada di pucuk. Karena keunikannya itulah banyak dari wisatawan yang berfoto sebagai bentuk kenang-kenangan.

Pohon Argan

Pohon Argan, via Instagram/dennis3980

Namun tidak semua pohon yang akan dipanjat. Hanya Pohon Argan yang berhasil mencuri perhatian kambing. Hewan herbivora tersebut sangat menyukai buah yang dihasilkan Pohon Argan.

Buahnya berbentuk polong berukuran 2 hingga 4 cm dan menghasilkan aroma manis. Bulan Juli menjadi musim bagi pohon Argan berbuah. Fenomena tersebut juga membuat para peternak merasa terbantu agar bisa memanen buah.

Dipaksa Memanjat Oleh Peternak

Dipaksa oleh peternak, via Instagram/shelllyking

Dibalik keunikannya, sangat disayangkan bahwa fenomena Pohon Kambing merupakan rekayasa dari para peternak lokal. Kambing tersebut dibawa dari berbagai daerah di Maroko dan dipaksa oleh peternak untuk diletakkan di pohon Argan. Seorang fotografer bernama Aaron Gekoski menginvestigasi bahwa para peternak memanipulasi fenomena tersebut untuk menarik perhatian turis demi mendapatkan uang.

Kondisi Kambing yang Kurus

Membuat kambing kurus dan stress, via Instagram/emmalucey

Menyedihkannya lagi, kambing-kambing tersebut akan dibawa pulang saat petang dan kembali di pagi buta keesokan harinya. Bahkan peternak sampai membuat shift untuk menukar kambing yang kelelahan dan terjatuh dengan kambing lain. Informasi yang didapat dari TheSun, kambing-kambing yang ada di sana terlihat kurus dan stress.

Ketika berada di atas pohon, mereka tidak bisa mencari makan rumput yang berada di bawah. Selain itu kambing-kambing tersebut juga tersiksa karena tersengat sinar matahari seharian. Bahkan Aaron juga mendengar laporan bahwa kambing tersebut akan dibunuh ketika berada di ujung masa hidupnya.

Ternyata fenomena yang kita lihat tentang Pohon Kambing bukanlah sesuatu yang terjadi secara alami. Hal tersebut mengundang kecaman dari para aktivis. Semoga saja hal tersebut tidak terulang kembali ya.

Tags
Luar negeri Maroko Wisata Wisata Maroko
Share