4 Kejadian Pilot Pingsan, Sampai Bikin Pesawat Mendarat Darurat

Pesawat menjadi pilihan akomodasi untuk traveling jarak jauh. Apalagi kalau harus menyeberangi lautan dan tidak ingin berlama-lama di perjalanan. Sarana transportasi ini pun memiliki sitem pengamanan yang tinggi dengan kru handal. Namun demikian, ada saja kejadian mengejutkan yang berhubungan dengan pesawat. Seperti pilot yang pingsan saat penerbangan, penyebabnya pun beragam. Bagaimana bisa terjadi? Berikut ulasannya.

1. Pilot Pusing Berat Sampai Mendarat Darurat

Ilustrasi Batik Air via shutterstock

Pesawat Batik Air yang berangkat dari Bandara Soekarno Hatta pada Minggu (17/11/2019) siang harus mendarat darurat di Kupang. Diduga akibat pilot pingsan. Dilansir dari Kompas, rupanya keadaan pilot kurang sehat saat menerbangkan pesawat.

Sebelum terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, diinformasikan bahwa pesawat akan landing di Bandara El Tari, Kupang. Pendaratan pun dilakukan dengan aman. Namun pilot yang diketahui pusing berat, akhirnya dievakuasi dan langsung dibawa ke Rumah Sakit Siloam.

2. Pilot Pingsan Sampai Dibantu Penumpang

Pilot Pingsan
Ilustrasi Pilot di Kokpit via shutterstock

Kejadian pilot pingsan juga pernah terjadi pada penerbangan Manchester, Inggris menuju Madeira, Portugal. Akibatnya pesawat harus mendarat darurat di Porto, Portugal. Diduga pilot jatuh sakit di kokpit, tapi tidak ada penjelasan lebih detail mengenai hal ini.

Dikutip dari businessinsider.sg, seorang penumpang pun turut serta membantu hingga masuk ke dalam kokpit sampai pesawat mendarat. Ternyata, dia adalah seorang pilot yang sedang tidak bertugas (off-duty pilot). Penumpang pun tetap diterbangkan ke Madeira dengan pesawat pengganti.

3. Pingsan Akibat Kurang Tidur dan Belum Sarapan

Ilustrasi Pesawat untuk Penerbangan Solo via shutterstock

Kalau kejadian pilot pingsan satu ini terjadi di Australia. Tepatnya pada penerbangan solo dari Port Augusta, Australia Selatan menuju Parafield, Adelaide. Dia merasa tidak enak badan di tengah penerbangan, lalu menyalakan autopilot sebelum akhirnya pingsan selama beberapa menit.

Pusat kendali pun kehilangan kontak. Sampai ada pesawat lain yang mendapati kendaraan ini terbang di atas laut. Sang pilot yang akhirnya sadarkan diri pun meluncur menuju Parafield dengan bantuan arahan dari pesawat yang menemukannya. Selidik punya selidik, ternyata sang pilot kurang tidur dan belum sarapan.

4. Instruktur di Sekolah Pilot Pingsan Saat Penerbangan

Pilot Pingsan
Ilustrasi Pesawat Mendarat Darurat via shutterstock

Bagaimana jadinya kalau instruktur pilot malah pingsan saat mengajar di udara? Itulah yang terjadi pada pilot yang berniat terbang bersama muridnya. Peristiwa ini teradi di Australia Agustus 2019 lalu. Tak disangka, sang pelatih malah tak sadarkan diri. Sehingga membuat siswa bernama Max yang memegang kemudi cukup panik apalagi dia belum pernah mendaratkan pesawat sebelumnya.

Namun dengan segala keberanian dan tekad serta asistensi dari pusat kendali, Max pun berhasil landing dengan selamat. Bahkan aksinya yang cepat tanggap tersebut mendapat nilai plus dari sekolah pilot tersebut.

Bila ada pilot yang kurang sehat atau pingsan di tengah menerbangkan pesawat, memang bikin cemas. Semoga Teman Traveler tidak mengalami kejadian serupa sehingga tujuan liburan tetap tercapai, ya.

Tags
Akomodasi Indonesia PEsawat Pilot Pingsan
Share