Pilot Perempuan Papua Pertama, Contoh Millenial Merdeka Bercita-cita

Ada kabar baik bagi seluruh perempuan di Indonesia, nih. Baru-baru ini, Maskapai Garuda Indonesia merekrut pilot perempuan Papua pertama. Adalah Vanda Astri Korisano dan Martha Itaar yang berani bercita-cita dan berhasil mewujudkan mimpinya. Simak yuk cerita mereka yang pastinya sanggup menginspirasi kita semua untuk merdeka bercita-cita.

1. Beasiswa Pendidikan Penerbangan di Selandia Baru

Nelson Aviation College via Instagram/@nelsonaviationcollege

Vanda dan Martha adalah lulusan dari sekolah penerbangan Nelson Aviation College, New Zealand. Sejak kecil, mereka sama-sama bercita-cita ingin menjadi pilot. Keduanya bertemu karena mendapat beasiswa dari dana Otonomi Khusus (Otsus) pemerintah provinsi Papua untuk bisa bersekolah di Nelson Aviation College.

2. Dikenal Berprestasi di Kampus

Martha Itaar via Sumber Istimewa

Melansir dari berbagai sumber, saat menjadi mahasiswa, mereka pernah mendapatkan penghargaan sebagai penerbang terbaik sepanjang untuk mahasiswa Internasional. Penghargaannya antara lain adalah  Private Pilot License, Commercial Pilot License dan Multi Engine Instrument Rating.

Setelah lulus dari Nelson Aviation College pada Januari 2018, Martha dan Vanda meneruskan pendidikan di Sekolah Penerbangan Ganesha, Jakarta. Dari sinilah mereka mendapatkan lisensi dari Direktorat Jenderal Perhubungan Udara. Pada Juni 2019, mereka telah bergabung menjadi bagian Garuda Indonesia. Hal ini tentunya bisa menjadi bukti kalau pilot perempuan Papua pertama ini bisa memiliki kemampuan yang setara dengan yang lain.

Vanda Astri Korisano via Sumber Istimewa

3. Menjadi Pilot di Garuda Indonesia

Garuda Indonesia via Instagram/@garuda.indonesia

PT Garuda Indonesia Tbk. mengatakan alasan mereka merekrut perempuan asal Papua adalah karena mereka ingin memberikan kesempatan kepada mahasiswa daerah yang berprestasi. Apalagi, Vanda dan Martha termasuk sebagai angkatan pertama pilot asal Papua. Saat ini Vanda telah bekerja sebagai pilot di Garuda Indonesia, sedangkan Martha menjadi bagian dari Citilink.

Seperti yang kita tahu, perjalanan menjadi pilot harus melewati standar kualifikasi yang tinggi dan proses yang panjang. Vanda dan Martha sudah sepantasnya untuk mendapatkan penghargaan tersebut. Terbukti kan perempuan Indonesia memiliki kecantikannya masing-masing. Bagaimana apakah Teman Traveler juga berani bercita-cita seperti mereka?

Tags
Citylink Garuda Indonesia info terbaru Papua PEsawat Pilot
Share