Pilihan Wisata Kopi di Bali, Bikin Makin Cinta Minuman Ini

Menghabiskan waktu di Bali memang tidak pernah jadi keputusan yang salah. Tak hanya bisa berjemur di pantai, jelajah air terjun Bali, ada banyak lagi kegiatan yang bisa dilakukan untuk menikmati alam Pulau Dewata. Demi liburan berkesan, tak ada salahnya mencoba pengalaman baru. Ini dia pilihan wisata kopi di Bali yang bisa bikin kamu makin jatuh cinta dengan minuman pahit ini. Di mana saja, ya?

1. Gunung Sari Bali Agro Luwak Coffee

Gunung Sari Bali Agro Luwak Coffee
Gunung Sari Bali Agro Luwak Coffee via Instagram/@gunungsari_bali_swing

Jika ingin mencoba wisata kopi di Bali, bisa mampir ke Gunung Sari Bali Agro Luwak Coffee. Di sini, kamu bisa menikmati pemandangan berupa kebun kopi. Tak hanya itu, kamu juga bisa melihat langsung proses pembuatan kopi luwak, termasuk mencoba mesangrai sendiri.

Kamu akan mendapat contoh sekitar 16 macam kopi yang bisa dicicipi dan dirasakan sendiri bedanya. Ini adalah tempat tepat untuk membeli kopi luwak dengan harga miring. Serunya lagi, Gunung Sari yang berlokasi di Jalan Prof. Dr. Ida Bagus Mantra, Medahan, Blahbatuh, Kabupaten Gianyar, Bali ini memiliki ayunan tinggi. Wajib coba, nih.

Tour Kopi, Gunung Sari Bali Agro Luwak Coffee
Tour Kopi, Gunung Sari Bali Agro Luwak Coffee via Instagram/@gunungsari_bali_swing

2. Bali Pulina

Bali Pulina
Bali Pulina via Instagram/@bali_pulina

Bali Pulina adalah pilihan wisata kopi di Bali lainnya yang wajib dikunjungi. Kamu bisa menyaksikan sendiri bagaimana luwak memakan biji kopi. Termasuk proses biji kopi hingga menjadi secangkir minuman yang siap disesap. Tiket masuk ke Bali Pulina adalah Rp100 ribu rupiah, sudah termasuk dengan cangkir-cangkir berisi contoh kopi. Bali Pulina dikelilingi hutan yang masih sangat asri, pemandangan yang sangat menyejukkan mata. Di sini juga ada ayunan tinggi yang bisa digunakan dengan membayar Rp100 ribu lagi untuk berfoto.

Tour kopi di Bali Pulina
Tour kopi di Bali Pulina via Instagram/@ka_barbieri

3. Alam Bali Agrowisata

Alam Bali Agrowisata
Alam Bali Agrowisata via Instagram/@muhdaamirkhan

Pilihan lainnya adalah Alam Bali Agrowisata yang terletak di Jalan Raya Tegal Suci, Desa Tegallalang, Sebatu, Gianyar. Akan ada pemandu yang menjelaskan apapun tentang kopi, mulai dari tumbuhan hingga menjadi minuman yang siap dinikmati. Pemandunya sangat ramah dan jangan ragu untuk bertanya apapun tentang kopi. Sepulang dari Alam Bali Agrowisata, dijamin pengetahuanmu tentang kopi sudah banyak bertambah. Jadi makin cinta deh dengan minuman pahit ini.

Tur kopi di Alam Bali Agrowisata
Tur kopi di Alam Bali Agrowisata via Instagram/@dudaydin

4. Segara Windhu Coffee

Segara Windhu Coffee
Segara Windhu Coffee via Instagram/@sw_coffee_plantation

Pecinta kopi perlu nih meluangkan waktu untuk mampir dan berkunjung ke Segara  Windhu Coffee yang terletak di Manukaya, Tampaksiring, Kabupaten Gianyar, Bali. Setiap harinya, Segara Windhu sudah buka dan siap menyambut tamu pada jam 8 pagi hingga pukul 5 sore. Kamu bisa mencoba berbagai kopi nusantara yang disajikan. Jadi bisa langsung membedakan antara jenis kopi yang satu dengan lainnya. Ditambah lagi, di sini juga disediakan berbagai souvenir dari kopi. Benar-benar surganya pecinta kopi.

Segara Windhu Coffee Ubud
Segara Windhu Coffee Ubud via Instagram/@sw_coffee_plantation

Nah, jadi tahu kan kalau ke Bali nggak cuma bisa berjemur di pantai. Kamu juga bisa mencoba berbagai wisata kopi yang akan membuat liburanmu makin berkesan. Bagaimana, mau coba?

Tags
Bali Indonesia tur kopi Wisata
Share