Jenis Pewarna Makanan Alami dari Tumbuhan, Bikin Kuliner Makin Menggoda

Pernah tergoda dengan kuliner berwarna yang menggoda? Nah, untuk membuat tampilan makanan terlihat lebih menarik, biasanya akan diberi pewarna. Dengan memanfaatkan bahan-bahan alami, tampilan makanan bisa cantik namun kesehatan tak terabaikan. Nah, berikut ini ada jenis pewarna makanan alami dari tumbuhan. Bisa jadi inspirasi untuk membuat kue atau makanan selanjutnya. Apa saja, ya?

Warna Hijau

Mie hijau, via Instagram/369canteen
Mie hijau, via Instagram/369canteen

Buat kamu yang sedang mencari pewarna makanan alami hijau, bisa memanfaatkan sayur-sayuran seperti halnya daun bayam, kale, sawi, suji, sampai dengan pandan. Pigmen klorofil ini akan cantik digunakan untuk makanan.

Cara mengambil sari warnanya mudah. Tumbuk atau blender dedaunan tersebut, lalu peras airnya. Sari yang didapatkan bisa dicampurkan dengan adonan. Contoh makanan yang biasanya menggunakan warna hijau adalah mi ataupun juga ragam kue.

Kuning dan Oranye

Mie oranye, via Instagram/eatuntildie_foodie
Mie oranye, via Instagram/eatuntildie_foodie

Teman Traveler yang ingin warna-warna makanan kuning sampai oranye, bisa memanfaatkan tumbuhan seperti halnya kunyit ataupun juga wortel. Pigmen karotenoid di dalam kunyit dan wortel akan menyumbangkan warna yang cantik. Biasanya kunyit biasanya dimanfaatkan untuk kuah. Ada juga beberapa kue.

Merah dan Merah Muda

Mie merah, via Instagram/resepayamenak
Mie merah, via Instagram/resepayamenak

Kamu melihat berbagai cake cantik di etalase toko namun takut pewarna buatan? Kamu bisa membuat sendiri warna-warna dengan bahan yang aman. Buat warna merah, ada dua rekomendasi bahannya. Untuk warna merah, kamu bisa menggunakan buah bit, sementara pink bisa stroberi ya. Kedua bahan tersebut tidak akan mengubah citarasanya.

Biru

Mie biru, via Instagram/jingjaithai
Mie biru, via Instagram/jingjaithai

Jika Teman Traveler ke Thailand, harus cobain mi anchan dengan warna birung yang terang. Jangan salah kaprah ya, warna biru ini bukan dari bahan kimia, melainkan dari bunga anchan atau blue pea. Warna yang begitu menggoda nafsu makan, kan?

Masih banyak lagi bahan lainnya jika kamu mengkreasikannya ya. Jadi kuncinya adalah telaten mencari pewarna alami, supaya makan tetap enak dan tubuh bisa sehat terus. Apakah ada rekomendasi warna lainnya?

Tags
bahan pewarna alami Indonesia kuliner makanan unik
Share