Pesta Kesenian Bali ke-41 Resmi Dimulai! Yuk Lihat Parade Budayanya

Ini dia ini salah satu acara tahunan paling ditunggu di Bali, apalagi kalo bukan Pesta Kesenian Bali (PKB). Tahun ini, perhelatannya sudah memasuki edisi ke- 41. PKB dimulai pada tanggal 15 Juni dan akan terus berlangsung hingga hingga 13 Juli mendatang.

Parade budaya di PKB (c) Helga Christina/Travelingyuk

Salah satu momen yang kerap dinanti-nanti adalah acara pembukaannya. Digelar sangat meriah dengan beragam parade budaya. Saya sendiri tak pernah melewatkannya, begitu pula dengan tahun ini.

Usung Tema Bayupramana

Panggung Bali Arts Festival (c) Helga Christina/Travelingyuk

Masih sama seperti tahun sebelumnya, Pembukaan PKB 2019 mengambil tempat di depan Lapangan Bajra Sandhi Renon. Acara dimulai pukul 14.00 dan dibuka langsung oleh Presiden Jokowi. Beliau tampak gagak mengenakan pakaian adat Bali.

Tiap tahun PKB selalu mengusung tema yang berbeda. Nah, tahun ini penyelenggara memutuskan untuk mengambil tema Bayupramana. Bayu memiliki makna angin, sementara pramana berarti kekuatan dan mengandung makna nafas kehidupan.

Selama satu bulan mendatang, mulai 15 Juni hingga 13 Juli, Teman Traveler bisa menyaksikan beragam pertunjukkan budaya dalam rangkaian dari PKB. Kalian tinggal meyambangi beberapa sudut di Taman Budaya Art Centre Bali, mulai dari Panggung Terbuka Ardha Chandra, Area Depan Gedung Kriya, dan lainnya. Tinggal menyesuaikan jadwal yang ada.

Kemeriahan Pembukaan PKB

Lapangan Bajra Sandhi (c) Helga Christina/Travelingyuk

Masuk ke area upacara pembukaan memang tidak mudah. Terlebih dulu saya harus melewati pemeriksaan ketat, sebelum akhirnya berhasil melangkah ke kawasan Lapangan Bajra Sandhi.

Parade pertunjukan budaya (c) Helga Christina/Travelingyuk

Bali sendiri memiliki delapan kabupaten dan satu kota, masing-msaing punya budaya berbeda-beda. Nah, dalam gelaran PKB, masing-masing kawasan akan diberi kesempatan menampilkan budaya mereka dalam beragam pertunjukan seni.

Perwakilan dari Papua (c) Helga Christina/Travelingyuk

Khusus untuk acara pembukaan, suasananya terasa makin meriah sebab keunikan budaya di luar Bali pun ikut dipertontonkan. Saya sempat melihat beberapa pertunjukan budaya dari Papua, Jawa Timur, Bandar Lampung, dan beberapa daerah lain. Selain itu ada juga perwakilan dari luar negeri seperti Tiongkok, India, dan Jepang.

Usai sambutan dari Presiden RI, acara pembukaan dilanjutkan dengan pertunjukan Tari Pendet Bali. Memasuki pukul tiga sore, barulah pawai kebudayaan dimulai. Penampilan pertama dilakukan oleh mahasiswa ISI Bali, perwakilan dari Papua.

Perwakilan Sumenep (c) Helga Christina/Travelingyuk

Berikutnya ada penampilan dari Kabupaten Sumenep dengan musik Tong Tong yang bikin suasana makin meriah. Berikutnya ada pertunjukan budaya dari delapan kabupaten di Bali. Masing-masing unik dan menarik perhatian. Salah satunya Kabupaten Badung, yang tampilkan Tari Kreasi Layang-layang.

Penampilan dari Tiongkok (c) Helga Christina/Travelingyuk

Ada juga penampilan dari perwakilan Tiongkok, yang tampilkan tarian dengan alat musik tabuh. Setelah itu Presiden Jokowi juga ikut dalam pawai kereta, berkeliling menyapa masyarakat.

Acara Ditutup

Presiden ikut dalam pawai (c) Helga Christina/Travelingyuk

Begitu acara selesai, antusiasme penonton memang terlihat sangat luar biasa. Tidak hanya dari masyarakat sekitar, namun juga wisatawan mancanegara.

Pasca pawai, masing-masing kontingen tampil di tempat masing-masing sesuai jadwal. Lapangan Bajra Sandhi juga mendadak lebih ramai, dengan aneka pedagang yang menyajikan kuliner khas. Jadi, Teman Traveler jangan lupa mampir ke Pesta Kesenian Bali jika sedang liburan di Pulau Dewata ya. Hanya sampai 13 Juli lho.

Tags
Bali kontributor Travelingyuk wisata bali
Share