Bajra Sandhi, Monumen Perjuangan Rakyat Bali Wajib Dikunjungi

Bali terus jadi salah satu tujuan liburan utama di Indonesia. Pulau Dewata terus mempertahankan eksistensi di jagat wisata lewat beragam pesona alamnya, salah satunya adalah Bajra Sandhi.

Jumlah kunjungan ke sini pun seolah tak pernah sepi. Apalagi kearifan lokal, adat, dan budaya Bali juga menjadi daya tarik tersendiri bagi pelancong. Namun perlu diketahui, tidak melulu harus ke Pantai di Bali. Sederet wisata edukasi di Pulau Dewata juga memiliki daya tarik tersendiri. Salah satunya Bajra Sandhi, monumen dengan gaya arsitektur khas Bali.

Berfoto di depan Monumen Bajra Sandhi (c) Rosita/Travelingyuk

Berada Kawasan Renon

Pemandangan dari bagian dalam Bajra Sandhi (c) Rosita/Travelingyuk

Posisi Bajra Sandhi sangat strategis, berada di tengah Denpasar. Tempat ini juga sekaligus merupakan pusat titik nol Bali, sehingga bakal sangat mudah
ditemukan.

Dikenal juga dengan nama Monumen Perjuangan Rakyat Bali (c) Rosita/Travelingyuk

Teman Traveler cukup arahkan kendaraan ke Jl Raya Puputan Niti Mandala di kawasan Renon, untuk mengunjungi tempat yang juga dikenal sebagai Monumen Perjuangan Rakyat Bali ini.

Pintu Masuk Sesuai Arah Mata Angin

Kawasan halaman di sekitar monumen (c) Rosita/Travelingyuk

Monumen Bajra Sandhi memiliki empat pintu masuk yang cukup unik karena semuanya disesuaikan dengan arah mata angin. Begitu sampai di pintu utama di sebelah barat, pengunjung akan disambut Patung Rakyat Bali.

Perang Puputan

Monumen Perjuangan Rakyat Bali memiliki museum di dalamnya (c) Rosita/Travelingyuk

Perlu diketahui bahwa Bali memiliki perjalanan sejarah yang cukup panjang. Salah satu peristiwa yang cukup krusial adalah Perang Puputan, terjadi antara 1846-1849. Selama periode tersebut rakyat Pulau Dewata berupaya keras mempertahankan wilayah mereka dari cengkraman Pemerintah Kolonial Belanda.

Tempat berdirinya Monumen Bajra Sandhi konon merupakan lokasi terjadinya Perang Puputan melawan penjajah tersebut. Luar biasa ya, Teman Traveler?

Teman Traveler bisa mendapatkan lebih banyak informasi terkait Perang Puputan dan sejarah Bali, dengan mengunjungi museum di dalam bangunan Monumen Bajra Sandhi. Hal inilah yang membuat wisata Bali ini lantas juga dikenal sebagai Monumen Perjuangan Rakyat Bali.

Selain menambah cantik panorama sekitar, salah satu tujuan didirikannya monumen ini upaya napak tilas perjuangan rakyat Bali pada masa Perang Puputan.

Wisata Edukasi Menarik

Berada di pusat Denpasar, Monumen Bajra Sandhi merupakan salah satu destinasi wisata edukasi yang wajib kalian kunjungi saat berada di Bali. Bagian dalamnya terdapat sebuah museum, dengan galeri foto tempo dulu plus kolam di lantai bawah.

Begitu masuk lantai dua, pengunjung akan disambut sebuah ruangan melingkar berisi 33 diorama. Masing-masing dibagi dalam enam sisi berbeda dan membentuk rangkaian cerita terkait kisah rakyat Bali, hingga akhirnya mengangkat senjata demi melawan penjajah.

Sisi pertama menceritakan zaman pra sejarah, sisi kedua kedua zaman sejarah, sisi ketiga berisi kisah dari era Bali kuno, sisi keempat mengangkat cerita zaman Bali Madyo, kelima zaman penjajahan, dan keenam saat masa-masa mengisi kemerdekaan.

Tak perlu khawatir bakal kesulitan memahami diorama yang ditampilkan. Masing-masing dilengkapi label berisi informasi lengkap dalam tiga bahasa; Indonesia, Inggris, dan Bali. 

Tags
Share