Pesona Wisata Larantuka, Bagai Vatikan di Indonesia

Advertisement

Berkunjung ke Pulau Flores rasanya tidak lengkap jika tidak mengunjungi kawasan Larantuka. Kawasan dengan kontur pegunungan ini menyajikan nuansa alam yang begitu menakjubkan. Beragam destinasi unik dan menarik siap memanjakan para traveler. Saking uniknya ragam wisata di kota ini menjadikan sebutan sebagai Vatikannya Indonesia. Akses menuju kota ini paling cepat menggunakan pesawat terbang dan landing di Bandara Gewayantana. Kamu bisa cek penerbangan karena penerbangan tidak terjadwal tiap hari.

Larantuka tidak tersedia angkutan umum, jadi kamu harus menggunakan ojek yang tersedia diberbagai tempat. Nah, apa saja sih wisata unik yang tersebar dikawasan Larantuka

Taman Kota Felix Fernandez Larantuka

Taman Kota Felix Fernandez Larantuka adalah taman tengah kota dengan pemandangan landscape pegunungan yang indah tepat dibelakangnya. Gugusan kepulauan kecil lepas pesisir Larantuka juga terlihat sangat jelas. Hanya bermodalkan parkir kendaraan, kamu bisa duduk-duduk santai menikmati taman dengan berbagai warna-warni bunga dan sajian panorama alam yang menawan.

Taman Kota Felix Fernandez Larantuka menjadi tempat indah dengan pemandangan gunung dan lautan
Taman Kota Felix Fernandez Larantuka menjadi tempat indah dengan pemandangan gunung dan lautan. Foto via youtube.com

Bila perut mulai terasa lapar, jangan khawatir, kawasan Taman Kota Felix Fernandez Larantukaini tersedia berbagai kafe dan resto serta beberapa penjual jajanan kaki lima khas Larantuka. Selagi malam hari saatnya kamu menikmati gemerlap lampu taman yang cantik.

Taman Dolorosa Mater

Taman Dolorosa Mater sebagai ikon kota Larantuka yang menjadikan sebutan sebagai Vatikan Indonesia. Bagi traveler yang melakukan plesiran ke kota ini wajib untuk mengunjungi Taman Dolorosa Mater. Lokasinya berada di pusat kota di Desa Lohayang, Taman Mater Dolorosa. Monumen ini akan ramai kunjungan ketika menjelang paskah.

Taman Dolorosa Mater dengan sajian utama patung Bunda Maria yang menggendong Yesus
Taman Dolorosa Mater dengan sajian utama patung Bunda Maria yang menggendong Yesus. Foto via misteraladin.com

Salah satu spot utama untuk berselfie di Taman Dolorosa ini terdapat patung Budna Maria yang menggendong Yesus. Dengan warna putih cerah serta berlandaskan bebatuan warna coklat yang sangat kontras. Tepat untuk dijadikan story di instagram bahwa kamu sudah mengunjungi kota ujung pulau Flores ini.

Gereja Katedral Reinha Rosari

Sebagai kawasan Vatikannya Indonesia, pastinya Larantuka menghadirkan banyak Gereja sebagai tempat peribadatan warga yang mayoritas beragama Kristen dan Khatolik. Ketika berkunjung ke Larantuka sepertinya tidak lengkap bila tidak berfoto dengan background Gereja. Gereja paling fenomenal di Larantuka adalah Gereja Katedral Reinha Rosari. Tempat ini dibangun sejak penjajahan Belanda pada masa pemerintahan Raja Adobala ketika tahun 1884.

Gereja Katedral Reinha Rosari menjadi kejayaan kota Larantuka
Gereja Katedral Reinha Rosari menjadi kejayaan kota Larantuka. Foto via indonesiatravel.com

Gereja ini terletak di pusat kota Larantuka dan diakui sebagai simbol kejayaan agama Khatolik ditanah Flores. Gereja unik ini memiliki warna identik putih gading dengan atap kerucut bewarna maron. Lingkungan gereja ini terbilang sangat asri, tersedia berbagai pohon besar membuat suasana tetap terasa sejuk.

Danau Romantis

Larantuka memang dikelilingin perbukitan yang indah. Pantas saja memiliki destinasi alam yang begitu indah. Salah satunya adalah Danau Romantis, menjadi destinasi kunjungan banyak traveler ketika melipir ke kota ini. Danau ini pada awalnya terbentuk dari letusan gunung Sodoberawao Kabanara yang berlangsung pada abad ke 5 SM.

Danau Romantis menajdi destinasi alam kota Larantuka
Danau Romantis menajdi destinasi alam kota Larantuka. Foto via mongabay.com

Pemandangan semakin cantik lantaran air danau terlihat bewarna hiaju toska hingga membiru. Apalagi dikelilingi oleh rimbunnya hutan menjadikan kawasan ini sangat sejuk dan pastinya jauh dari polusi udara. Lokasinya hanya berjarak 45 kilometer dari pusat kota Larantuka tepat berada di Desa Waibao Kecamatan Tanjung Bunga.

Pulau Adonara

Pulau yang jarang tersentuh oleh manusia ini menjadi surga tersembunyi dikawasan Flores Larantuka. Pantas saja dijuluki sebagai pulau pribadi, karena tidak banyak traveler yang mengunjungi lantaran transportasi yang terbatas dan tidak tersedia fasilitas untuk kenyamanan pengunjung seperti warung, toilet, dan sebagainya.

Keindahan Pulau Andonara Larantuka ketika menjelang matahari tenggelam
Keindahan Pulau Andonara Larantuka ketika menjelang matahari tenggelam. Foto via goodnewsfromindonesia.com

Bagi kamu sang traveler menyukai survive, mungkin pulau cantik ini menjadi kawasan yang indah untuk dijelajahi. Air laut yang sangat jernih dan beberapa pasir pesisirnya sangat bersih, putih dan lembut. Terlebih ketika matahari tenggelam, suatu momen yang tidak boleh tertinggalkan.

Pantai Pasir Putih Weri

Pantai Pasir Putih Weri merupakan pantai paling bersih dan memiliki pasir paling putih dan lembut di tanah Flores. Keindahan air laut yang membiru membuat kecantikan pantai ini bak surga dunia. Di pantai ini kamu bisa menikmati keindahan pegunungan dipulau yang terdapat diseberang pantai.

Pantai Pasir Putih Weri sajian pasir putihnya yang bersih, putih nan lembut
Pantai Pasir Putih Weri sajian pasir putihnya yang bersih, putih nan lembut. Foto via lintasnesanews.com

Pantai ini cocok untuk kamu yang ingin menikmati matahari terbit dari lepas laut Banda. Setidaknya kamu harus datang sebelum matahari terbit agar dapat melihat matahari muncul tepat dipermukaan laut.

Advertisement
Tags
wisata alam Indonesia wisata flores Wisata Larantuka wisata ntt wisata nusantara
Share