Pesona Air Terjun Tancak Tulis, Wisata Air Terjun Tertinggi di Jember

Advertisement

Air terjun Tancak Tulis begitulah para traveler menyebutnya. Dimana sebuah keindahan alam yang begitu mengagumkan dari sebuah air terjun yang cukup tinggi bahkan bisa dikatakan paling tinggi di kota Jember. Air terjun ini juga dikenal dengan julukan air terjun yang turun dari langit karena memang pesona ir terjun yang meluncur di antara tebing tinggi ini terlihat seperti terjun dari langit, dengan letak yang cukup terpencil dan berada di kawasan pegunungan Argopuro membuat suasana alam di lokasi tersebut sangat alami dan pemandangan hijau yang menghiasinya sangatlah memanjakan dan tentunya jauh dari kebisingan.

Air terjun Tnacak Tulis sebagai air terjun tertinggi diarea Jember Raya. foto via instagram @fendi_a.r

Bagi masyarakat Jember kususnya kawasan Tanggul pasti sudah tidak asing lagi dengan air terjun ini karena memang namanya cukup dikenal bahkan tiap harinya ada saja wisatawan yang mengunjungi lokasi wisata alam tersebut. Namun bagi anda yang belum pernah dan penasaran ingin menyaksikan pesona air terjun tancak tulis ini ada beberapa sajian rute jalan dan hal menarik yang bisa dilakukan di air terjun tersebut.

Keasrian dan kesejukan air terjun membuat wisatawan enggan untuk meninggalkannya. Foto via instagram @koernia_angga

Air Terjun Tancak Tulis ini berlokasi di Kecamatan Tangggul, Kabupaten Jember, Jawa Timur. Tepatnya berada di kawasan Perkebunan XII Kebun Zeelandia Tanggul. Jika dari alun-alun Tanggul jarak tempuh ke lokasi air terjun kurang lebih 1,5 jam perjalanan dengan medan perjalanan yang cukup menantang. Para pengunjung akan melewati jalan terjal dan berbatu, dan sangat tidak disarankan pakai motor metic jika hendak ke wisata ini. Saat tiba di lokasi desa Tulis anda harus melanjutkannya dengan berjalan kaki kurang lebihnya memakan waktu 15menit dan sampailah di lokasi air terjun Tancak Tulis.

Pesona air terjun sangat jernih dan cukup dingin jika bersentuhan dengan kulit. Banyak sekali spot foto yang bisa dijadikan momen dengan pesona pemandangan yang membuat kamu enggan untuk meninggalkan air terjun tersebut. Sangat disarankan untuk tidak datang dikala musim kemarau karna jika dimusim hujan jalan cukup berbahaya.

akses menuju lokasi air terjun yang sangat rapat akan vegetasi. Foto via indonesiatraveler.id

Keasrian dan keindahan air terjun memang tidak banyak yang mengekspose sehingga sangat jarang pengunjung mendatangi air terjun ini. Hal ini mengakibatkan belum tersedianya fasilitas penunjang diarea air terjun. Dan menariknya tidak terdapat loket dan tempat parkir untuk para pengunjung, alias gratis. Namun perlu diingat bahwa slogan utama di alam adalah ” jangan meninggalkan sesuatu kecuali jejak”.

Advertisement
Tags
Pesona alam indonesia wisata jawa timur Wisata Jember
Share