Pesantren Ora Aji, Perdalam Agama Sambil Belajar Keahlian Lain

Deddy Corbuzier kabarnya akan menjadi seorang mualaf. Menurut kabar yang beredar, peristiwa penting tersebut akan dilaksanakan di Pesantren Ora Aji, Sleman, Yogyakarta. Mungkin teman traveler berminat untuk menenangkan diri di sana, sembari memperdalam ilmu agama. Kalau ingin tahu lebih lanjut tentang pondok pesantren ini, bisa simak ulasan berikut.

Arti unik di balik nama pesantren

Memiliki arti unik di balik namanya via instagram/ ponpesoraaji

Teman traveler tentu bertanya-tanya mengapa pondok pesantren satu ini memiliki nama unik. Sebab, selama ini kita tahu kalau ponpes pada umumnya menggunakan Bahasa Arab. Nah, ternyata, selidik punya selidik, nama Ora aji memiliki filosofi penting. Di mana Ora Aji yang definisinya “tidak berarti” mengandung makna bahwa semua manusia tak ada artinya sama sekali di mata Allah kecuali ketakwaannya.

Santrinya yang berasal dari macam-macam kalangan

pesantren ora aji
Santrinya dari berbagai macam kalangan via instagram/ ponpesoraaji

Di Pesantren Ora Aji ini santrinya tidak hanya anak-anak. Tapi juga orang dewasa dengan berbagai macam latar belakang. Seperti mantan narapidana, mantan pegawai tempat hiburan malam, dan masih banyak lagi. Bahkan, banyak juga para artis yang ikut memperdalam agama di sana. Contohnya Pasha Ungu, Cinta Penelope, Dian D’ Bagindas dan lain sebagainya. Teman traveler juga bisa nih ikut belajar di sana, asalkan beritikad baik dan serius untuk memperdalam agama.

Santri tidak dipungut biaya apapun

Tidak dipungut biaya apapun via instagram/ ponpesoraaji

Jangan khawatir untuk teman traveler yang ingin masuk ke pondok tersebut, namun terkendala biaya. Pasalnya, pondok yang berlokasi di Sleman, Yogyakarta ini tidak dipungut biaya apapun alias gratis. Yang lebih menyenangkan lagi, kalian juga bisa mendapatkan pelajaran selain agama yang bisa digunakan untuk mengembangkan keahlian. Seperti bercocok tanam.

Ada pengajian rutin

Ada pengajian rutin via instagram/ ponpesoraaji

Pemilik pesantren yang bernama Gus Miftah memang selalu rajin berdakwah ke berbagai tempat. Namun, ia tidak pernah lupa mengadakan pengajian rutin di pondoknya setiap Hari Minggu Pahing. Tentunya di setiap pengajian, Gus Miftah mempunyai pendekatannya sendiri terhadap jamaah yang mungkin beda dari lainnya. Ia lebih mengemas pengajiannya dengan menyesuaikan bahasa jamaahnya. Tentunya juga diiringi guyon layaknya stand up comedy.

Begitulah sekilas gambaran dari Pondok Pesantren Ora Aji. Cukup bagus untuk teman traveler yang ingin memperdalam agama sekaligus belajar keahlian lain. Pada intinya, masuk ke pondok pesantren mana saja tidak masalah. Asalkan kalian serius untuk menambah ilmu dan akan berusaha untuk memperbaiki diri.  

Tags
Indonesia info terbaru pesantren ora aji Sleman Yogyakarta
Share