Lakukan 6 Persiapan Sebelum Diving, Biar Jelajah Bawah Laut Makin Aman

Banyak cara yang bisa Teman Traveler pilih untuk menikmati pesona keindahan di negeri kita ini. Salah satunya dengan diving, hal ini akan menjadi pengalaman nyata yang membuat liburanmu lebih lengkap dalam menikmati wisata bahari di Indonesia. Tentunya Teman Traveler harus memenuhi SOP dahulu, sehingga harus lakukan persiapan sebelum diving.

SCUBA (Self Contained Underwater Breathing Apparatus) diving sendiri merupakan salah satu olah raga yang memacu adrenalin. Berbeda dengan snorkeling yang dilakukan dengan cara melihat dari permukaan air laut saja. Buat Teman Traveler yang belum pernah menyelam, cobalah perhatikan 6 hal ini, agar diving tetap aman dan nyaman. Let’s read!

1. Memiliki Sertifikat Diving

Prosesi pelatihan untuk mendapatkan licence (c) faiz fachri/Travelingyuk

Untuk melakukan olahraga diving, kamu harus punya sertifikat menyelam. Saat ini sudah banyak organisasi atau club selam yang mengadakan pelatihan. Setelah mengikutinya Teman Traveler akan memperoleh sertifikat atau izin menyelam dari organisasi tersebut.

Jika belum mengantongi sertifikat, paling tidak Teman Traveler harus memliki instruktur khusus atau dive guide yang mendampingi selama penyelaman. Melalui dive guide tersebut, Teman Traveler akan memperoleh banyak tips dan trik menyelam dengan aman dan nyaman.

2. Sedang dalam Kondisi Fisik yang Sehat

Olah-raga merupakan salah satukunci untuk menjaga tubuh tetap sehat (c) faiz fachri/Travelingyuk

Lingkungan bawah laut tentu tidak sama dengan daratan, jadi kita membutuhkaan tenaga ekstra pada saat di dalam air. Jadi persiapan sebelum diving selanjutnya adalah mempersiapkan kondisi fisik yang fit. Hal ini menjadi sangat penting saat akan menyelam.

Sebelum menyelam sebaiknya Teman Traveler menjaga istirahat dan pola makan yang teratur agar stamina tetap terjaga. Bila kondisi tubuh kurang sehat maka disarankan agar tidak memaksakan untuk tetap menyelam. Sebab risiko di bawah air sangat sulit diprediksi, sehingga apabila sedang tidak fit sebaiknya diving di lain waktu.

3. Menggunakan Peralatan Diving yang Lengkap

Menyiapkan peralatan diving bersama tim (c) faiz fachri/Travelingyuk

Dikarenakan perbedaan lingkungan, seorang penyelam akan berhadapan dengan lingkungan yang baru yaitu diperairan. Untuk itu diperlukan penyesuaian terhadap tubuh, sehingga perlu peralatan yang sesuai dengan penggunaannya. Dengan demikian terciptalah berbagai peralatan untuk dapat menyesuaikan di perairan.

Perlengkapan diving terbagi dua yaitu peralatan dasar selam dan SCUBA. Perangkat dasar terdiri dari masker, snorkel, fins, pakaian selam, dan sabuk pemberat. Sedangkan kelengkapan SCUBA adalah rompi apung (buoyancy control device), regulator (pengukur kedalaman, kompas, dan pengukur tekanan tabung), dan tabung SCUBA.

4. Dive Your Plan–Plan Your Dive

Persiapan Sebelum Diving
Brieving tentang rencana penyelaman (c) Faiz Fachri/Travelingyuk

Sebelum menyelam, kenali lebih dulu area sekitar lokasi. Pastikan kepada dive guide atau penduduk lokal, tempat mana yang aman dan berbahaya. Ketahui kedalaman tempat yang akan Teman Traveler selami dan temperatur udara dan air.

Jangan lupa untuk cek keadaan cuaca terkini. Sebagaimana semboyan yang digunakan di angkatan laut – “Waspada dira anuraga” (kenali diri&kenali lingkunganmu).

Diving memerlukan suatu perencanaan agar kegiatan dapat berjalan lancar, aman, dan selamat. Oleh karena itu buatlah agenda penyelaman dan jalankan sesuai prosedur dan kesepakatan bersama teman. Jangan sampai melampaui batas-batas yang telah ditentukan.

5. Never Dive Alone

Persiapan Sebelum Diving
Penyelamaan bersama teman (c) faiz fachri/Travelingyuk

Menyelamlah selalu bersama your buddy dan jangan coba untuk melakukannya sendirian. Hal ini sangat berguna untuk meminimalisir risiko di bawah air. Misalnya kram kaki, disfungsi peralatan menyelam secara mendadak, hingga kecelakaan yang mungkin terjadi dan tidak diinginkan.

Sebelum turun ke perairan, Teman Traveler harus melakukan buddy check atau memeriksa kesiapan peralatan teman kamu dan begitu pula sebaliknya.

6. Menjadi Penyelam yang Bertanggung Jawab

Persiapan Sebelum Diving
Dasar penyelaman  (c) faiz fachri/Travelingyuk

Teman Traveler, sebagai orang yang peduli akan kelestarian alam maka pada saat diving haruslah turut serta menjaga alam bawah laut tetap lestari, alami, dan juga bersih. Ketika menyelam, berhati-hatilah dengan fins (kaki katak) yang digunakan dan jangan sampai menyentuh apalagi merusak terumbu karang.

Jangan pernah mengusik biota atau satwa laut, baik itu terumbu karang, ikan-ikan, bintang laut, dan penyu, sebagaimana individu yang menghargai individu lainnya untuk tidak saling menggangu. Bila melihat sampah di dasar laut maka tidak ada ruginya untuk mengambilnya dan membuangnya ke tempat sampah.

Itulah 6 persiapan sebelum diving yang harus Teman Traveler lakukan. Bagaimana sudah siap untuk menyelam? Jadi makin pengin jelajah panorama bawah laut di spot Raja Ampat Papua? Buruan cari teman menyelam kamu!

Tags
Indonesia persiapan sebelum diving tips dan inspirasi
Share