Perpustakaan Bung Karno, Telusuri Jejak Sang Proklamator dalam Kata

Siapa belum pernah berkunjung ke Makam Bung Karno? Hingga kini destinasi bernuansa sejarah ini masih jadi salah satu primadona di Blitar. Bahkan hampir seluruh wisatawan Kota Koi bisa dipastikan mampir ke komplek ini. Pastikan tidak lupa untuk singgah di Perpustakaan Bung Karno juga, ya.

Teman Traveler bisa menemukan koleksi beragam karya Bung Karno, serta beberapa karya orang lain yang ada hubungannya dengan Sang Proklamator. Penasaran? Yuk, simak ulasan lengkapnya tentang wisata Blitar berikut ini.

Perpustakaan Bung Karno

Koleksi perpustakaan Bung Karno (c) Rosita/Travelingyuk

Perpustakaan di dalam kawasan Makam Bung Karno ini mulai dibuka pada 3 Juli 2004. Teman Traveler bisa mengenal lebih dekat sosok Ir Soekarno, Presiden Pertama Republik Indonesia. Kalian bakal menemukan aneka koleksi buku karya Sang Proklamator di sini.

Beragam koleksi buku (c) Rosita/Travelingyuk

Tak hanya buku dan hasil tulisan Bung Karno, di sini Teman Traveler juga bisa menemukan karya-karya orang lain tentang sosok Putra Sang Fajar. Buku-buku yang pernah dibaca beliau semasa hidup juga bisa dilihat di sini. Beberapa koleksi khusus Sang Presiden, seperti Lontar Probolinggo, juga ada di perpustakaan ini.

Satu Komplek dengan Makam

Ruang baca nyaman (c) Rosita/Travelingyuk

Berada satu komplek dengan Makam Bung Karno, menemukan perpustakaan ini bukan hal sulit. Begitu Teman Traveler melihat patung yang menggambarkan sosok Sang Proklamator sedang duduk, di situlah lokasinya. Posisi perpustakaan tepat berseberangan dengan Museum Bung Karno.

Tempat ini memang didesain untuk melengkapi fasilitas di kawasan Makam Bung Karno. Rata-rata pengunjungnya berasal dari kalangan pelajar, mahasiswa, serta masyarakat umum yang tengah berziarah. Perpustakan Bung Karno buka tiap hari, Senin-Kamis mulai pukul 07.30 hingga 16.00, Jumat mulai pukul 07.30 hingga 16.30, serta Sabtu dan Minggu pukul 08.00 hingga 16.00.

Transportasi Menuju Perpustakaan

Pemandangan dari lantai dua perpustakaan (c) Rosita/Travelingyuk

Kawasan Makam Bung Karno bisa dibilang merupakan primadona wisata Blitar. Sebagian besar wisatawan yang berkunjung ke Kota Koi pasti akan mampir ke komplek destinasi ini. Nah, bagi Teman Traveler yang baru pertama berkunjung, tak perlu khawatir. Ada banyak pilihan transportasi untuk menuju tempat ini.

Kawasan ini sangat mudah dijangkau. Teman Traveler bisa memanfaatkan jasa tukang becak, mereka akan dengan senang hati mengantar kalian. Menggunakan transportasi online juga bisa jadi pilihan. Ongkosnya cukup murah, lantaran kawasan Makam Bung Karno berada di pusat kota.

Koleksi khusus Bung Karno (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Perpustakaan Bung Karno, salah satu destinasi menarik yang bisa Teman Traveler kunjungi saat berada di Blitar. Tunggu apa lagi, segera rencanakan liburan kalian ke Kota Koi dan jangan lupa mampir ke sini ya.

Tags
Blitar Indonesia kontributor perpustakaan bung karno Travelingyuk wisata blitar
Share