Inspirasi Pernikahan dengan Pakaian Adat Indonesia, Anggunnya Maksimal!

Pernikahan adalah suatu momen yang hanya ingin dilakukan sekali seumur hidup. Pastinya semua orang akan berusaha untuk bisa tampil semaksimal mungkin saat menikah. Salah satu hal yang tak boleh dilewatkan adalah menentukan gaun pernikahan. Tak melulu memakai gaun yang modern, Teman Traveler juga bisa memilih pakaian adat yang membuatmu terlihat anggun. Berikut ini TravelingYuk berikan inspirasi pernikahan dengan pakaian adat Indonesia.

1. Cut Meyriska

pakaian adat
Pernikahan adat Aceh via Instagram/@dierabachir

Untuk kamu yang asli Aceh, bisa mencoba konsep pakaian pengantin perempuan ala Cut Meyriska. Ia memakai gaun berwarna keemasan serta aksesori seperti hiasan kepala, kalung, serta kuku pasangan dengan warna yang senada.

Tidak setiap pernikahan adat mengharuskan memakai cat kuku atau kuku pasangan. Namun di daerah seperti Aceh, mereka lebih suka memakai hiasan kuku sebagai tanda untuk memberikan rasa hormat pada tradisi leluhur. Memakai gaun pakaian adat, penampilan Cut Meyriska jadi kelihatan lebih cantik ya?

2. Tasya Kamila

pakaian adat
Pernikahan adat Jawa via Instagram.com/@dierabachir

Banyak orang yang menghindari memakai pakaian adat karena takut terlihat kuno. Padahal kalau melirik baju pengantin Tasya kamu, pasti sudah kepincut untuk segera memakainya. Kebaya Jawa bermodel simpel berwarna putih ini akan memberikan kesan yang elegan dan feminim. Jika dipadukan dengan sang mempelai pria yang memakai jas berwarna hitam, kamu dan pasangan akan makin terlihat serasi.

3. Irish Bella

Pernikahan adat Minang via Instagram/@dierabachir

Dalam adat Minang, hiasan kepala yang digunakan mempelai perempuan bisa disebut dengan Suntiang Gadang atau Tikuluak Talakuang. Dengan memakainya sang perempuan akan memiliki kebanggaan karena bisa meneruskan tradisi leluhur. Tak melulu memadukan dengan merah, penampilanmu akan tetap terlihat mewah dengan memadukan warna emas dan pink seperti Irish Bella.

4. Kahiyang Ayu

Pernikahan adat Batak Mandailing via Instagram/@fatahillahginting

Terakhir ada pakaian adat Batak Mandailing yang juga tak kalah cantik, terlebih saat dipakai Kahiyang Ayu. Mahkota 7 tingkat yang disebut Bulang ini ternyata memiliki makna tersendiri. Yaitu melambangkan tugas atau tanggung jawab besar yang akan dilakukan seorang istri di kehidupan mendatang. Sedangkan sang pengantin pria, Bobby memakai Ampu yang melambangkan kebesaran dan keagungan orang yang memakainya.

Seiring berkembangnya zaman, pernikahan dengan pakaian adat memang tak banyak dipilih, namun bukan berarti kuno, lho. Buktinya, keempat mempelai di atas terlihat anggun, bukan? Sudah sebagai tanggung jawab kita untuk tetap mempertahankan tradisi dan budaya. Jadi, pernikahan dengan pakaian adat mana nih yang jadi favoritmu?

Tags
Cut Meyriska irish bella Kahiyang ayu pernikahan pernikahan adat Tasya Kamila Tasya Kamila dan Randi Bachtiar
Share