Perbedaan Demo Dulu & Sekarang, Ada yang Tahu?

Demo mahasiswa kini tengah jadi perbincangan masyarakat luas. Hal ini tak kalah ramainya dengan peristiwa aksi reformasi di tahun 1998 lalu. Setelah melihat keduanya, mungkin kalian akan melihat beberapa perbedaan. Kalau kalian masih belum tahu apa perbedaan demo dulu dan sekarang, bisa simak ulasan di bawah ini.

Perbedaan Kendaraan yang Dipakai 

perbedaan demo dulu sekarang
Kini menggunakan kendaraan umum via twitter/@fullmoonfolks

Beda demonstrasi dulu dan sekarang dapat kita lihat dari kendaraan yang dipakai. Dulu, para pendemo menyewa bus atau truk untuk melakukan aksi turun ke jalan. Kini, para pengunjuk rasa menggunakan KRL dan juga bus Transjakarta untuk sampai ke lokasi demo. Salah satu bukti bahwa transportasi umum yang ada sekarang sangat nyaman digunakan dan praktis.

Banner yang Sangat Berbeda Jauh 

perbedaan demo dulu sekarang
Banner demo masa kini via twitter/tunggalp

Selanjutnya, kalian dapat melihat dari sisi banner yang dibawa. Pendemo zaman dulu menggunakan banner dengan isi tulisan yang sangat serius, kritis dan juga mengandung kritik pedas. Hal tersebut sangat berbeda dengan para pendemo yang baru terjadi akhir-akhir ini.

Generasi Z menggunakan banner dengan tulisan yang cukup menggelitik. Beberapa di antaranya, tetap bersinggungan dengan tema demo yang mereka lakukan. 

Banner lucu lainnya via twitter/@thedufresne

Bantuan dari Masyarakat 

gaya artis demo
Bantuan untuk pendemo via instagram/awkarin

Kalian juga dapat membandingkannya dari banyaknya bantuan yang diterima oleh peserta demo. Jika di zaman dulu, bantuan masyarakat sepertinya masih bisa dihitung dengan jari. Alasannya karena masyarakat dulu lebih memilih untuk tidak banyak mencampuri urusan negara, walaupun niatnya hanya membantu.

Sedangkan saat ini, pendemo mendapatkan banyak dukungan dari banyak pihak. Terbukti dengan banyaknya masyarakat yang rela memberikan bantuan berupa logistik, salah satunya adalah Awkarin

Cara Berdemo 

Berdemo online via twitter/FiersaBesari

Kemudian, cara berdemo juga sangat berbeda antara dulu dan sekarang. Dulu, demo hanya bisa dilakukan dengan turun jalan langsung ke satu titik. Berbeda dengan aksi protes zaman now. Para pendemo tak perlu datang langsung berpanas-panasan di tengah jalan.

Demo dulu yang langsung ke titik lokasi via TEMPO/DR/Rully Kesuma

Mereka bisa berdemo secara online dengan mengungkapkan aspirasinya melalui akun media sosial pribadinya. Bahkan, aspirasi mereka bisa dilihat semua orang yang ada di Indonesia. 

Itulah perbedaan demo dulu dan sekarang yang sangat terlihat. Dari sini membuktikan, bahwa semakin lama, unjuk rasa jauh lebih berkembang. Menurut kalian, apa ada perbedaan lainnya dari demo dulu dan saat ini? Kalau ada, share di kolom komentar, ya. 

Tags
demo 2019 Indonesia info terbaru perbedaan demo dulu sekarang
Share