4 Cara Unik Sajikan Kopi khas Nusantara, Indonesia Banget!

Advertisement
Advertisement

Indonesia memiliki banyak jenis kopi yang menjadi unggulan. Bahkan, tidak sedikit yang populer hingga laris di pasar internasional. Tak hanya jenisnya, cara penyajian minuman hitam pekat ini juga unik banget. Tidak hanya disiram dengan air panas, ada juga yang dicelup dengan arang. Penasaran bagaimana saja cara penyajian kopi di indonesia ini kan? Yuk, intip ulasannya berikut ini.

1. Kopi Khop Aceh dengan Gelas Dibalik

Kopi Khop Aceh
Kopi Khop Aceh via instagram/@ggalantari

Pernah dengar kopi khop? Sajian istimewa ini dapat kamu temukan saat liburan ke Aceh. Beda dari lainnya, cara penyajian kopi ini unik banget karena dihidangkan dalam keadaan gelas terbalik. Untuk menikmatinya, kamu harus menyedot air di alas piring kecilnya. Tak perlu khawatir, pemilik warung yang menyajikan menu ini akan membantu jika kamu kesusahan ketika meminumnya. Meski posisinya di balik, cita rasa dari minuman pekat ini tetap nendang. Kamu pun bakalan ketagihan untuk mencobanya.

Kopi Khop
Kopi Khop via instagram/@kulinerkoetaradja

2. Kopi Joss Dicelup Arang

Kopi Joss Jogja
Kopi Joss Jogja via instagram/@yosieiscan

Pecinta kuliner Jogja pasti tak asing lagi dengan segelas kopi joss. Wedangan berwarna hitam pekat ini menjadi salah satu menu yang dicari oleh wisatawan dari luar kota. Sajiannya unik karena segelas kopi dicelup dengan sebongkah arang yang masih panas. Arang yang digunakan juga tak asal, tapi bahan pilihan. Untuk rasanya, tak perlu diragukan lagi. Sajian ini makin nikmat jika ditemani dengan jajanan angkringan.

Kopi Joss
Kopi Joss via instagram/@el_citytourjogja

3. Kopi Rarobang Dicampur Rempah

Kopi Rarobang, Ambon
Kopi Rarobang, Ambon via instagram/@thekioskfoodmarket

Ambon bukanlah salah satu kota penghasil kopi. Namun, kamu tak akan menyesal ketika mencoba kopi khasnya yang bernama Rarobang. Sajian ini menggunakan kopi arabica yang dipadukan dengan berbagai rempah khas Ambon. Ada jahe, cengkih, kayu manis, gula pasir, dan sereh yang direbus dengan air panas. Baru kemudian ditaburi kacang kenari. Aroma kopi yang kuat beradu dengan rempah spesial. Soal rasanya, tak perlu diragukan lagi.

Kopi Rarobang
Kopi Rarobang via instagram/@ary.nugroho

4. Kopi Kothok yang Direbus dengan Air dan Gula

Kopi Kothok, Cepu
Kopi Kothok, Cepu via instagram/@feby_jpx

Cara penyajian kopi yang unik berikutnya ada di Cepu. Apalagi kalau bukan kopi kothok yang namanya sudah dikenal oleh pecinta minuman hitam pekat ini. Sebelum disajikan, proses pembuatannya dengan merebus bubuk kopi dan gula dengan air mendidih. Baru kemudian disajikan di atas cangkir. Pilihan bijinya juga tak asal karena menggunakan bahan berkualitas. Kamu berniat liburan ke Jawa Tengah, cobalah untuk mampir ke Blora dan menyicipi wedangan ini dari tangan ahlinya.

Kopi Kothok
Kopi Kothok via instagram/@yulistiawanpuguh

Nah, itulah lima cara penyajian kopi di Indonesia yang unik banget. Bagaimana, kamu sudah coba salah satunya? Atau punya jenis penyajian favorit tersendiri.

Advertisement
Tags
Aceh Ambon Cepu Indonesia Jogja Kopi Aceh Kopi Ambon Kopi Jogja
Share