Dari Rokok hingga ‘Bom’, Ini Penyebab Penumpang Pesawat Diturunkan Paksa

Penumpang memang dianggap raja, tapi bukan berarti dapat bertindak seenaknya. Beberapa waktu yang lalu terdapat penumpang yang kedapatan merokok di pesawat dan langsung diturunkan paksa. Sebenarnya ada juga peristiwa-peristiwa serupa lainnya yang pernah terjadi. Entah karena kecerobohan penumpang itu sendiri atau karena sebab lain yang kadang juga tidak masuk akal. Berikut ini adalah beberapa contoh kasusnya.

1. Merokok Saat Pesawat Mengisi Bahan Bakar

Penerbangan Citilink dengan nomor QG 165 tujuan Jakarta-Denpasar sempat terganggu dengan ulah penumpang yang merokok saat akan masuk ke dalam pesawat. Padahal di saat yang sama pesawat sedang diisi bahan bakarnya. Hal ini tentu sangat berbahaya. Tak mau membahayakan penerbangan dan keselamatan penumpang. Pria bernama Iwan tersebut diamankan oleh petugas dan dipaksa untuk turun.

2. Diturunkan Karena Bercanda

Garuda Indonesia
Garuda Indonesia Via Darmawisata Indonesia

Nasib sial menimpa seorang penumpang pesawat Garuda Indonesia yang akan terbang dari Bandara Udara Mozes Kilangin, Timikas pada bulan Juli 2017. Ia diturunkan paksa oleh petugas, bahkan dibawa ke kantor polisi. Kejadian ini bermula saat pria tersebut menjawab pertanyaan penumpang lain. Ia mengatakan bahwa isi tasnya adalah bom. Di saat bersamaan ada pramugari yang mendengarnya. Beberapa saat kemudian, ada petugas bandara yang datang dan memaksa dia turun untuk dimintai keterangan.

3. Bawa Kue Ulang Tahun

keluarga Burke mendapatkan perlakuan yang tidak menyenangkan saat naik pesawat milik maskapai penerbangan JetBlue (15/5/2017). Mereka telah membuat rencana untuk merayakan ulang tahun ibu rumah tangga dalam keluarga tersebut. Kue ulang tahun juga dibawa untuk melengkapinya. Namun hal itu justru membuat petugas JetBlue menurunkan mereka dari pesawat karena dianggap melanggar peraturan.

4. Dipaksa Turun Karena Maskapai Kelebihan Menjual Tiket

Maskapai United Airlines beberapa kali menjadi soroton karena tindakan tidak menyenangkan petugasnya pada penumpang. Salah satunya adalah ketika seorang dokter dipaksa turun dari pesawat karena maskapai tersebut terlalu banyak menjual tiket. Kursi dokter tersebut akan diberikan pada awak pesawat yang akan bekerja keesokan harinya. Karena juga harus bekerja, dokter itu juga tidak mau turun secara sukarela. Alhasil petugas melakukan pemaksaan bahkan sampai melukai penumpang tersebut.

Itulah beberapa kejadian yang berkaitan dengan diturunkannya penumpang secara paksa. Ada yang disebabkan karena kelakuan penumpang itu sendiri atau kelalaian petugas. Kamu pernah mengalami atau menyaksikan hal serupa? Ceritakan di kolom komentar ya!

Tags
Akomodasi Indonesia penumpang pesawat PEsawat
Share