4 Penginapan Bergaya Unik di Jogja, Yuk Catat!

Advertisement

Liburan di Jogjakarta bakal terasa lebih menyenangkan jika Teman Traveler memilih penginapan yang tepat. Tapi jangan khawatir, sebab Kota Gudeg punya banyak opsi untuk dipertimbangkan. Berikut ini Travelingyuk sudah siapkan beberapa rekomendasi penginapan bergaya unik di Jogja untuk temani liburan kalian. Yuk simak ulasannya.

1. Trava House

Trava House (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Beralamat di Jl. Ngadinegaran MJ 3 no. 45, Mantrijeron penginapan mungil ini terbilang strategis karena lokasinya berada dekat Alun-Alun Kidul. Teman Traveler bisa pilih satu di antara lima kamar yang tersedia. Empat di antaranya dilengkapi double bed, sementara sisanya berkonsep dormitory.

Penginapan bergaya unik di Jogja ini sediakan dua shared bathroom dan toilet. Teman Traveler House juga bakal menemukan wastafel untuk sikat gigi maupun sekedar cuci muka. Bisa dibilang fasilitasnya lumayan lengkap.

Wajib lepas alas kaki (c) Genta Paduan/Travelingyuk
Interiornya cukup keren (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Trava House juga menerapkan beberapa aturan unik. Salah satunya adalah larangan merokok di lantai bawah. Jika ingin merokok, para tamu diminta pindah ke ruang TV di lantai atas.

Tak hanya itu, semua tamu juga diharuskan melepas alas kaki di area Trava House. Pengelola penginapan sudah menyediakan lemari khusus untuk menyimpan sepatu maupun sandar pribadi.

Salah satu sudut dalam rumah (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Jika Teman Traveler membutuhkan bantuan dari staff penginapan, mereka siap membantu antara pukul 08.00 hingga 17.00. Begitu sampai di lokasi, kalian akan langsung diberi kunci kamar dan pagar.

Buat Teman Traveler yang senang membaca, di bawah tangga menuju lantai dua ada beberapa koleksi buku yang dipajang rapi dalam sebuah rak. Bisa banget untuk jadi alternatif mengisi waktu jika sedang malas ke mana-mana.

Kondisi di dalamnya cukup bersih (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Tarif menginap di sini lumayan murah, cukup merogoh kocek sekitar Rp200.000, Teman Traveler sudah mendapat layanan sarapan pagi, handuk mandi, kipas angin, dan masih banyak lagi. Penginapan ini juga sediakan dapur jika kalian ingin membuat teh atau kopi.

Udara Jogja bisa sangat panas, namun di Trava kalian akan merasakan hawa adem. Pokoknya dijamin bakal betah deh.

Enak buat nyantai (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Secara umum, bangunan penginapan ini tidak terlalu luas. Namun berkat rancangan interior yang cerdas, semuanya terlihat sangat menarik. Pajangan yang digunakan tidak berlebihan namun tetap nampak apik.

Oh ya, jika Teman Traveler datang sebelum jam check-in namun kamar sudah siap, boleh kok langsung beristirahat di dalam. Satu lagi, jalanan menuju sini lumayan sempit. Jika datang dengan mengendarai mobil, sebaiknya parkir di depan gang saja ya.

2. Sae-Sae Hostel

https://www.booking.com/hotel/id/sae-sae-hostel.en-gb.html?label=gen173nr-1FCAEoggI46AdIM1gEaGiIAQGYAQm4ARfIAQzYAQHoAQH4AQuIAgGoAgO4AtnVuukFwAIB;sid=7f1c30e274baf0f5d66187e8294fb765;all_sr_blocks=187068201_110647685_2_0_0;checkin=2019-08-19;checkout=2019-08-20;dest_id=-2703546;dest_type=city;dist=0;hapos=1;highlighted_blocks=187068201_110647685_2_0_0;hpos=1;room1=A,A;sb_price_type=total;sr_order=popularity;srepoch=1563339527;srpvid=6adf2303033401d8;type=total;ucfs=1&;selected_currency=IDR;changed_currency=1
Sae-Sae Hostel (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Hostel ini terletak gang sebelah Trava House. Jalan masuknya melewati sebuah kebun mini dengan beberapa pepohonan hijau di sekitarnya. Meski sedikit tersembunyi, Sae-Sae cukup populer lho di kalangan wisatawan mancanegara. Apalagi lokasinya juga strategis, dekat dengan pusat kota.

Tarif menginap di Sae-sae cukup terjangkau. Private Room ditawarkan seharga Rp200.000 untuk dua orang. Dengan bujet segitu, Teman Traveler sudah mendapatkan beragam fasilitas seperti free WiFi, AC, kipas angin, shared bathroom, shared toilet, dan masih banyak lagi. 

Members of staff at Sae Sae Hostel
Salah satu sudut unik di hostel (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Interior hostel ini lumayan unik karena menggunakan material daur ulang. Teman Traveler akan melihat salah satu sisi dinding dilapisi kusen jendela bekas, sementara beberapa sudut ruangan lain dihiasi aneka perabotan kayu dan bambu. Masuk ke kamar tidur, kalian akan melihat selimut dari kain tradisional dan mural beberapa tokoh penting Tanah Air.

Gambar Milik Pribadi
Menu di Sade Tropical Kitchen (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Tak hanya itu, hostel ini juga miliki restoran sendiri. Bertajuk Sade Tropical Kitchen, mereka sajikan beberapa menu menggoda seperti smothies bowl, avocado toast, rice bowl, dan aneka menu western lainnya. Semua ditawarkan dengan harga cukup terjangkau mulai dari Rp5.000 hingga Rp60.000.

Lahan parkir Sae-Sae bisa Teman Traveler temukan tepat di samping pintu masuk. Buat yang menumpang mobil, bisa parkir kendaraan di depan gang.

3. Pawon Cokelat

https://www.booking.com/hotel/id/pawon-cokelat-guesthouse.en-gb.html?label=gen173nr-1FCAEoggI46AdIM1gEaGiIAQGYAQm4ARfIAQzYAQHoAQH4AQuIAgGoAgO4AtnVuukFwAIB;sid=7f1c30e274baf0f5d66187e8294fb765;all_sr_blocks=136796601_117894044_0_1_0;checkin=2019-08-19;checkout=2019-08-20;dest_id=-2703546;dest_type=city;dist=0;group_adults=2;hapos=1;highlighted_blocks=136796601_117894044_0_1_0;hpos=1;room1=A,A;sb_price_type=total;sr_order=popularity;srepoch=1563348601;srpvid=183734bc17fa0019;type=total;ucfs=1
Pawon Cokelat (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Guest house ini beralamat di Jl. Sosrowijayan Wetan Gang 1 nNo. 102. Lokasinya sangat dekat dengan Malioboro dan Stasiun Tugu. Sangat memudahkan buat Teman Traveler yang datang dari luar kota, maupun ingin menjelajah ruas jalan paling populer di Jogjakarta. 

A bed or beds in a room at Pawon Cokelat Guesthouse
Kamar nyaman (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Beda dengan dua penginapan sebelumnya, Pawon Cokelat tidak menyediakan kamar dormitory. Teman Traveler bisa pilih kamar tipe double atau twin room dengan kapasitas maksimal dua orang. Jika ingin extra bed, siapkan dana Rp100.000 per orang.

Tarif menginap per malam di sini berkisar di angka Rp320.000 dan bisa naik hingga Rp370.000 saat akhir pekan. Teman Traveler bakal mendapat fasilitas AC, handuk mandi, lemari, dan cermin.

https://www.instagram.com/amrifaizal/
Dipenuhi banyak tanaman (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Interior unik Pawon Cokelat dijamin bakal bikin Teman Traveler betah habiskan malam di sini. Deretan tanaman hijau yang digantung di dalam ruangan membuat suasana jadi terasa sejuk. Cocok banget untuk singgah sejenak di tengah teriknya mentari Jogja. 

A restaurant or other place to eat at Pawon Cokelat Guesthouse
Nampak cantik bukan? (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Teman Traveler akan menemukan sebuah ruang santai dengan beberapa meja dan kursi kayu di sini. Suasananya jadi seperti sedang berada di sebuah kedai kecil. Naik ke rooftop, kalian akan mendapati area terbuka dengan banyak tempat untuk bersantai. Suasana di sini bakal makin romantis di malam hari, dengan sinar temaram dari lampu-lampu kecil di sekitarnya.

Sayangnya, penginapan ini tidak menyediakan lahan parkir mobil. Namun begitu, Pawon Cokelat sangat layak dipertimbangkan sebagai opsi menginap saat Teman Traveler sedang menjelajah wisata Jogja.

4. Omah Bumi Guest House

A bed or beds in a room at Omah Bumi Guest House
Kamarnya nyaman (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Beralamat di Jl. Golo no. 10 Umbulharjo, guest house ini menawarkan kamar tipe family room. Cocok banget buat Teman Traveler yang ingin liburan bersama keluarga.

Tarif menginapnya dipatok sekitar Rp450.000 per malam. Cukup terjangkau, mengingat satu kamar bisa dihuni maksimal empat orang. Masing-masing sudah dilengkapi pendingin udara alias AC.

A bed or beds in a room at Omah Bumi Guest House
Cocok untuk liburan bersama keluarga (c) Genta Paduan/Travelingyuk

Omah Bumi terdiri dari dua lantai. Di lantai dasar Teman Traveler akan mendapati tempat tidur yang bisa digunakan maksimal dua orang, plus fasilitas seperti private bathroom, TV layar datar, lemari, dan handuk mandi. Beranjak ke lantai dua, ada double bed yang juga bisa digunakan maksimal untuk dua orang.

Desain minimalis yang diusung Omah Bumi bakal bikin Teman Traveler betah habiskan malam di sini. Setiap sudut ruangan dihiasi corak lembut, memberikan kesan bersih dan elegan. Bakal sangat menyenangkan rasanya habiskan malam di sini.

Itulah beberapa rekomendasi penginapan bergaya unik di Jogja yang bisa Teman Traveler coba. Semuanya keren dan menarik bukan? Jadi kalian tertarik menjajal yang mana nih?

Advertisement
Tags
akomodasi jogja akomodasi jogjakarta Jogja Jogjakarta kontributor Travelingyuk
Share