Selamatkan Alam, Ini Penemuan Cerdas untuk Kurangi Sampah di Dunia

Tumpukan sampah tidak hanya menjadi masalah bagi Indonesia, namun seluruh negara di dunia. Berbagai cara untuk mengurangi gunungan sampah dilakukan oleh banyak kalangan. Bahkan, ada penemuan untuk kurangi sampah yang menarik perhatian dunia. Seperti apa, sih? Mungkin bisa menjadi referensi dan diikuti oleh kita semua.

1. Bye-bye Plastic Bags

Bye Bye Plastic Bags
Bye Bye Plastic Bags via instagram/@byebyeplasticbags

Penemuan canggih untuk mengurangi sampah di bumi satu ini berasal dari tanah air. Bye Bye Plastic Bag atau BBPB pertama muncul pada tahun 2013 lalu yang dilatarbelakangi oleh banyaknya sampah di Bali. Pencipta BBPB ini bukanlah orang sukses, melainkan dua anak kecil yang masih berusia belasan tahun. Progam yang dilakukan tidak hanya mengganti kresek dengan tas, tapi juga penyuluhan kepada masyarakat Bali untuk mengurangi pengunaan plastik. Bahkan, Melati Wijsen dan Isabel Wijsen menggelar kampanye dengan menempelkan sticker yang akhirnya viral tahun 2015 lalu.

2. Ello Jello

Gelas lucu dengan aneka rasa
Gelas lucu dengan aneka rasa via instagram/@ellojello.id

Tak hanya Melatidan Isabel, ada satu lagi anak bangsa yang berhasil menemukan alat canggih untuk mengurangi sampah. Namanya ello jello, gelas sakti yang bisa dimakan dan memiliki berbagai macam warna lucu. Ello Jello ini dibuat oleh David Christian untuk mengurangi penggunaan gelas plastik secara berlebihan. Meski belum aman digunakan untuk minuman panas, tapi gelas tersebut tidak memiliki kandungan berbahaya. Bahkan, ada beberapa manfaat untuk tubuh. Citarasanya juga enak dengan berbagai varian rasa yang menggoyang lidah tentunya.

3. Zoggs Ecolast

Ecolast
Ecolast via instagram/@zoggsuk

Sampah di lautan memang menjadi masalah utama di dunia yang tak ada akhirnya. Berawal dari situ, sebuah produk fashion meluncurkan solusi yang diklaim dapat mengatasi semua problem dalam sekali tepuk. Yap, namanya Zoggs Ecolast yang menggunakan sampah lautan pengancam satwa untuk dijadikan pakaian renang. Koleksi unik ini bernama Ecolast yang ternyata terbuat dari jaring, serpihan karpet, dan juga limbah laut. Keren kan?

4. The Ocean Cleanup

The Ocean Cleanup
The Ocean Cleanup via instagram/@theoceancleanup

Penempuan berikutnya yang juga dapat melindungi alam dari sampah dunia adalah The Ocean Cleanup. Produk ini diciptakan oleh Boyan Slat seorang remaja kelahiran tahun 1994. Broyan menempukan sapu ajaib yang dapat membersihkan sampah di lautan. Produk tersebut diklaim memakai materi karet sepanjang 100 km yang dibentangkan dalam formasi huruf V. Menarik banget kan penemuan dari Broyan ini?

Bagaimana dengan kamu, sudah untuk menyelamatkan alam dengan mengurangi sampah. Atau punya penemuan untuk kurangi sampah? Seperti apa penemuan cerdasmu untuk mengurangi gunungan sampah tersebut? Tulis komentarmu di kolom bawah ini ya!

Tags
Indonesia Tips Berwisata tips dan inspirasi Wisata
Share