Viral! Ramainya Jalur Pendakian Gunung bak Pasar yang Pindah

Advertisement
Advertisement

Baru-baru ini warganet disibukkan dengan perdebatan video Instagram tentang para pendaki yang berjubel bak pasar rakyat. Alih-alih ingin menikmati ketenangan di puncak gunung, hal tersebut justru membuat banyak pendaki menjadi risih. Kita telusuri dulu yuk!  

Kasus Viralnya Gunung Gede bak Lautan Manusia

Screenshot via ig/@jakarta.keras

Dalam video Instagram berdurasi singkat, seorang pendaki membagi momen di jalur pendakian yang dipenuhi manusia bak pasar rakyat. Video tersebut diunggah oleh jakarta.keras pada tanggal 13 Desember 2020. Menurut beberapa netizen yang ikut mengomentari postingan tersebut, jalur pendakian tersebut adalah jalur Gunung Putri menuju Gunung Gede Pangrangro. Sementara, seseorang yang mengambil video tersebut tidak menyebutkan lokasi pasti gunung yang viral tersebut. Dirinya hanya menyayangkan kondisi pendakian yang dipenuhi para pendaki yang sedang beristirahat. Padahal ia ingin menikmati suasana tenang selama pendakian.

Fakta Menarik dibalik Viralnya Pendakian bak Pasar Rakyat

Screenshot komentar warganet via ig/@jakarta.keras

Ada fakta menarik yang muncul dalam kasus viralnya pendakian tersebut. Salah seorang warganet dengan nama Instagram pendakilawas menyebut jika video tersebut adalah video lama bertahun-tahun lalu yang diunggah kembali. Bahkan, beberapa netijen ikut berkomentar dan membenarkan informasi tersebut. Ada pula netijen yang memberi informasi jika tiap pekan pendakian Gunung Gede selalu dipenuhi lautan pendaki bak pasar.

Screenshot komentar warganet via ig/@jakarta.keras

Fenomena Pendakian Penuh Manusia di Berbagai Gunung

Puncak Gunung Andong ramai di akhir pekan via ig/@lincenainggolan

Bukan hanya Gunung Gede saja yang viral akibat berjubelnya para pendaki yang beristirahat maupun yang sedang menjajaki jalur pendakian. Tahun 2019 lalu Gunung Andong  yang berlokasi di perbatasan Salatiga juga ramai seperti pasar di tiap akhir pekan. Medan yang mudah dan waktu tempuh yang singkat menyebabkan Gunung Andong kerap kali terlihat ramai dan nampak sesak di tiap weekend-nya.

Dampak Melubernya Pendakian

salah satu gunung yang kotor akibat ulah pendaki via facebook/sekolah gunung

Melubernya pendakian di pendakian gunung tentu memberi dampak negatif pada lingkungan sekitar gunung. Pasalnya, banyak sekali para pendaki nakal yang berani membuang sampah sembarangan yang menyebabkan lingkungan gunung menjadi tak asri lagi. Secara tak langsung, hal tersebut juga membuat penghuni hutan yang dipercaya keberadaanya menjadi gusar.

Terlepas dari benar atau tidaknya lokasi gunung yang sedang viral, sudah seyogyanya para pendaki ikut menjaga lingkungan dengan tidak berbuat seenaknya terhadap hutan. Pihak pengelola juga dapat melakukan tindakan preventif dengan membatasi jumlah pendaki dan memperketat lagi tiap jalur pendakian yang ditempuh agar tidak terjadi lumeran pendaki yang nampak seperti pasar minggu. Pasalnya, hutan adalah sumber oksigen terbesar manusia yang harus dijaga kelestariannya.  

Advertisement
Tags
gunung bak pasar Gunung Gede gunung gede viral info terbaru info terbaru seputar gunung jalur pendakian ramai
Share