Tak Hanya Es Pleret, Kuliner di Blitar ini Juga Enak dan Mengenyangkan

Blitar merupakan salah satu kota wisata di Jawa Timur yang sayang untuk dilewatkan. Selain objek wisata yang menarik, makanan tradisional di sini juga bikin ketagihan. Sebut saja Es Pleret yang citarasanya unik dan menggiurkan. Tak hanya itu, masih banyak kuliner di Blitar yang enak dan mengenyangkan. Seperti di bawah ini.

1. Soto Daging Bok Ireng

Soto Bok Ireng, Kuliner di Blitar yang legendaris
Soto Bok Ireng, Kuliner di Blitar yang legendaris via instagram/@titisdamargelis

Mau sarapan dengan makanan berkuah? Mampir saja ke Jalan Kelud. Kepanjen Lor, Kepanjenkidul. Di sini, terdapat warung makan yang cukup terkenal hingga pelosok kota Blitar. Namanya Warung Soto Daging Bok Ireng yang konon resepnya turun-temurun dari generasi pertama. Cita rasanya memang tak diragukan lagi, meski hanya disajikan di dalam mangkok kecil. Hal ini bukan hanya karena resep, tapi cara memasak yang masih menggunakan tungku arang.

Soto Bok Ireng
Soto Bok Ireng via instagram/@yuwonooktav

2. Pecel Mbok Bari

Pecel Mbok Bari
Pecel Mbok Bari via instagram/@feryarifian

Makanan khas Jawa Timuran yang menjadi menu favorit untuk sarapan adalah pecel. Termasuk juga di kota Blitar. Salah satu tempat yang menawarkan pecel nikmat dengan kombinasi daun singkong, taoge, bumbu pecel, dengan lauk tempe dan iwak peyek adalah Warung Mbok Bari 6. Letaknya di Jalan Ir. Soekarno No.93, Sentul, Kepanjen Kidul. Tempat makan ini cukup terkenal karena menawarkan hidangan pecel dengan urap serta botok tawon. Nah, kamu yang berniat, warung ini buka dari jam 7 pagi hingga 6 sore.

Pecel Mbok Bari, Blitar
Pecel Mbok Bari, Blitar via instagram/@sulistyopurbaningrum

3. Prasmanan Warung Mak Ti

Kepala Ikan Manyun di Warung Mbok Ti
Kepala Ikan Manyun di Warung Mbok Ti via instagram/@rickxs_

Warung makan ini berada di Desa Jatino, Kecamatan Kanogoro. Tempatnya sederhana, tapi pengunjung setianya cukup fantastis. Hal ini ini tidak lain karena cita rasa dari setiap masakan yang diolah oleh Mak Ti. Ada tempe, lodeh rebung, urap, tumis lompong, sambal goreng tempe, jendil goreng, hingga ayam. Semua menu disajikan secara prasmanan. Hingga artikel ini ditulis, harga makanan di warung Mak Ti ini mulai dari Rp6.000. Tentunya, makan sepiring di sini bisa dibuat isi bahan bakar sebelum melanjutkan destinasi wisata di tempat lain.

Prasmanan di Warung Mbok Ti
Prasmanan di Warung Mbok Ti via instagram/@ainul0702

4. Soto Daging Lancar

Soto Daging Lancar, Kuliner di Blitar yang menggiurkan
Soto Daging Lancar, Kuliner di Blitar yang menggiurkan via instagram/@sam_kuliner

Kuliner berkuah di Blitar memang jempolan. Selain Soto Bok Ireng, ada satu lagi tempat yang pastinya bikin lidah terus bergoyang. Namanya Soto Daging Lancar yang sudah berjualan sejak tahun 1991. Seperti kedai lainnya, soto di sini disajikan di atas mangkuk ukuran kecil. Soal rasa, kamu pun bakalan ketagihan. Apalagi setelah mencoba isinya yang berupa jeroan sapi, kucai, dan kecambah. Paling mantap jika ditambahkan kecap manis di atas. Mau? Yuk, mampir ke Jalan Veteran No. 74.

Soto Daging Lancar
Soto Daging Lancar via instagram/@rahandi_sangpamor

Itulah empat kuliner di Blitar yang enak dan pastinya mengenyangkan. Nah, untuk kamu yang berniat liburan ke kota ini, jangan lupa mampir ke objek wisatanya. Sebaiknya, sewa saja kendaraan karena transportasi yang terbatas untuk berkunjung ke kawasan kabupaten.

Tags
Blitar Indonesia Jawa Timur
Share