Pembangkit Listrik Instagenic, Wisata Indonesia Tak Biasa Nan Cantik

Mencari tempat wisata yang keren rupanya cukup mudah dan terkadang tidak terduga, seperti pembangkit listrik instagenic di Indonesia ini. Siapa sangka zona tersebut punya pemandangan indah yang tidak boleh dilewatkan untuk foto. Berada di mana saja? Simak ulasan berikut.

1. PLTU Paiton Probolinggo

Pemandangan PLTU Paiton via Instagram @eventjawatimur

Probolinggo memiliki pembangkit listrik instagenic yang biasa disebut PLTU Paiton. Selayaknya pembangkit listrik tenaga uap di Indonesia, ia terletak di dekat laut. Nah, kalau Paiton ini berada di pinggir laut dan juga bawah bukit.

Teman Traveler bisa menyaksikan pemandangan yang sangat beragam di PLTU Paiton. Belum lagi saat malam hari. Dari tempat pembangkit listrik akan memancarkan gemerlap cahaya, sehingga menjadi pemandangan indah. Teman Traveler yang sedang melakukan perjalanan dari Malang ke Bali akan menyaksikan pemandangan ini.

2. PLTA Lodoyo Blitar

PLTA Lodoyo Blitar via Instagram @shareblitar

Pembangkit listrik instagenic selanjutnya adalah PLTA Lodoyo yang berada di Kecamatan Kanigoro, Blitar, Jawa Timur. Generator tersebut berada di bendungan cukup besar untuk menggerakkan turbin pembangkit listrik. Di situlah letak daya tarik PLTA Lodoyo yang membuat warga tidak melewatkan kesempatan untuk menghabiskan waktu luang.

PLTA Lodoyo sendiri sudah eksis semenjak tahun 1982an. Pembangkit ini telah lama mengaliri listrik untuk warga Blitar dan sekitarnya.

Bendungan Kanigoro sendiri merupakan salah satu Wisata Blitar yang sering didatangi warga sekitar untuk sekedar bersantai menikmati sore hari. Teman Traveler akan melewati Bendungan Kanigoro apabila melakukan perjalanan dari Malang menuju Blitar.

3. PLTA Kracak Bogor

Pembangkit Listrik Instagenic Indonesia
PLTA Kracak Bogor via Instagram @dolanjabar

Pembangkit listrik instagenic paling tua di Indonesia adalah PLTA Kracak, yang dibangun sejak tahun 1921an. Teman Traveler yang mampir ke sana akan merasa seperti kembali ke masa lalu, saat zaman Belanda.

Jangan kelewatan untuk mengambil foto. Namun, tetap perhatikan keselamatan dan jangan merusak properti PLTA, ya. Di sekitar pembangkit listrik juga ada Curug Cilontar yang indah, loh.

4. PLTB Jeneponto

Pembangkit Listrik Instagenic Indonesia
PLTB Jenenponto via Instagram @horipict

Pembangkit listrik instagenic Indonesia berikut menggunakan tenaga angin atau bayu. Pengin menyaksikan pemandangan seperti di Belanda tapi belum sempat berkunjung? Teman Traveler bisa langsung datang ke PLTB Jeneponto ini. Berlokasi di Kalumpang Loe, Arungkeke, Jeneponto, Sulawesi Selatan.

Terdapat padang rumput dan beberapa binatang ternak yang membuat lingkungan PLTB ini sukses menghasilkan foto instagenic untuk Instagram. Dengan adanya kuda di padang rumput membuat daerah ini mirip seperti perkebunan Smallville di film Superman!

Itulah setidaknya 4 pembangkit listrik instagenic di Indonesia. Mana nih yang sudah pernah Teman Traveler kunjungi?

Tags
Indonesia pemadaman listirik pembangkit listirk indonsia Wisata
Share