10 Wisata di Blitar, dari Alam hingga Kekinian yang Jadi Surganya Spot Foto Instagenic

Luthfia Miranda

Luthfia Miranda

On Indonesia
wisata blitar wisata blitar

Liburan akan terasa lebih menyenangkan jika dilakukan bersama dengan orang terdekat. Jika belum punya tujuan untuk liburan selanjutnya, bisa memasukkan Kota Proklamator, yaitu Blitar. Ada banyak wisata di Blitar yang sayang dilewatkan. Dari yang menunjukkan pesona alam, seperti Telaga Rambut Monte, hingga yang kekinian dan terbaru seperti Istana Sakura. Ada di mana saja? Berikut daftarnya.

1. Bukit Bonsai

Bukit Bonsai via Instagram/@exploreblitar

Di kelilingi hamparan pemandangan alam yang sejuk dan luas, destinasi wisata satu ini memang cocok untuk dikunjungi saat liburan. Selain melihat pemandangan yang menakjubkan, pengunjung juga akan dimanjakan oleh banyaknya spot foto.

Di antaranya adalah spot bulan sabit raksasa, perahu kayu, bunga raksasa, dan masih banyak lagi. Serunya lagi, ternyata biaya masuk ke wisata Blitar satu ini adalah gratis. Pengunjung hanya perlu membayar parkir kendaraan.

wisata blitar
Bukit Bonsai via Instagram/@fardillafey

Jarak untuk menuju ke bukit ini masih dekat dengan kawasan Kampung Coklat. Setelah dari Bukit Bonsai, bisa langsung datang ke Kampung Coklat untuk membeli oleh-oleh. Lokasinya bisa kamu temukan di Desa Sumberjati, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

2. Kebun Kopi Karanganyar

wisata blitar
Kebun kopi karanganyar via Instagram/@exploreblitar

Kebun kopi yang mulai viral sejak tahun 2016 ini dikelola oleh PT. Harta Mulia. Salah satu hal yang menarik di tempat ini ada sebuah tulisan berbahasa Belanda yang berbunyi, “DE KARANGANJAR KOFFIELANTAGE.” Tulisan tersebut berartikan “Perkebunan Kopi Karanganyar.” Didesain seperti bangunan klasik Eropa, tempat ini juga kental dengan unsur budaya Jawa, seperti masih adanya ritual petik kopi yang biasa dilakukan saat musim panen tiba.

Kebun kopi karanganyar via Instagram/@mommeeestee

Bagi kamu pecinta kopi, wajib berkunjung karena bisa memperbanyak pengetahuan, sekaligus mengumpulkan foto yang menarik. Teman Traveler cukup mengeluarkan uang sebesar 15 ribu rupiah untuk masuk ke sini. Kebun kopi buka setiap hari, mulai dari jam 08.00 – 17.00. Datang saja ke Dusun Karanganyar, Desa Modangan, Nglegok, Kab. Blitar.

3. Pantai Pangi

Pantai pangi Instagram/ @exploreblitar

Liburan rasanya memang belum lengkap kalau tidak ke pantai. Nah, salah satu pantai di Blitar yang wajib dikunjungi adalah Pantai Pangi. Pengunjung akan disegarkan oleh hijaunya perkebunan dan jajaran hutan pinus.

Spot foto yang menarik di sini adalah adalah batu besar yang mengapit kanan-kiri pantai, cocok untuk dijadikan latar belakang fotomu. Perpaduan tenangnya ombak pantai dan semilir angin yang sejuk tentunya sangat direkomendasikan untuk kamu yang ingin melepas lelah.

Pantai pangi via Instagram/@jelajahblitar

Pantai ini tidak hanya menyajikan laut dan pasir pantai, namun Teman Trabeler juga bisa berenang di telaga yang mengandung air payau. Pantai yang masih bersih dan jauh dari pencemaran ini tentunya bisa menarik minat banyak pengunjung.

Lebih asyik lagi, harga masuknya pun murah, hanya sekitar delapan ribu rupiah. Lokasi pantai ini bisa kamu temukan di Dusun Krajan, Desa Tumpakkepuh, Kecamatan Bakung, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

4. Istana Sakura

wisata blitar
Istana sakura via Instagram/@wisatablitar

Ada destinasi wisata Blitar terbaru yang membuatmu bisa merasakan cantiknya Sakura Jepang, lho. Tempat wisata yang selalu ramai setiap harinya ini buka antara jam 08.00 – 17.00. Lokasinya sendiri terletak Desa Kemloko, Kelurahan Gandusari, Kecamatan Garum, Kabupaten Blitar. Jarak tempuhnya yang mudah dan tempatnya yang luas ini tentunya membuat pengunjung tidak susah untuk mencarinya.

Istana sakura via Instagram/@mbolangjatim

Saat mencoba masuk melalui pintu masuk melingkar yang didesain ala Jepang, mata pengunjung akan dimanjakan oleh jejeran replika bunga sakura yang menawan. Selain obyek foto, ada juga fasilitas seperti tempat permainan anak dan kolam renang. Kamu pun juga bisa menyewa baju kimono agar suasana negeri Jepang semakin terasa. Ohayou gozaimasu!

5. Tanjung Jondol 

Tanjung jondol via Instagram/@exploreblitar

Wisata Blitar indah selanjutnya adalah Tanjung Jondol. Sebelum sampai di tanjung ini, Teman Traveler akan melalui jalanan yang berkelok-kelok di desa Tugurejo. Tanjung Jondol terletak di atas tebing selatan Pantai Gerah. Meski jalanannya harus dilalui dengan susah payah, rasa capek akan terbayar oleh pemandangan yang menakjubkan. Kamu akan bisa melihat indahnya laut serta semilir angin yang menyegarkan.

Tanjung jondol via Instagram/@budihartono0108

Lokasinya terletak di Dusun Panggung Pucung, Kaligambir, Kecamatan Panggung Rejo, Tulungrejo, Wates, Blitar. Untuk kamu yang mencari spot foto antimainstream, kamu bisa mencoba naik ke rumah pohon yang ada di dekat Pantai Bukit Indah Blitar. Dijamin liburanmu akan semakin berkesan!

6. Perkebunan Teh Sirah Kencong

Perkebunan teh sirah kencong via Instagram/@exploreblitar

Blitar juga menyajikan wisata alam perkebunan yang bernama Perkebunan Teh Sirah Kencong. Letaknya di lereng Gunung Kawi dan sekitar 12 meter dari pusat kota Wlingi. Kebun teh ini menyajikan banyak spot foto menarik seperti wisata petik teh, puncak butak, gardu pandang, dan lain sebagainya. Ada juga spot air terjun di samping kebun teh yang menjadi favorit pengunjung.

Perkebunan teh sirah kencong via Instagram/@husn_aini

Harga masuknya pun cukup terjangkau, yaitu lima ribu rupiah untuk biaya masuk dan dua ribu untuk biaya parkir kendaraan. Meski jalanannya masih terbilang belum rata, namun dijamin semua itu akan terbayar dengan kesejukan, serta keindahan yang belum pernah kamu rasakan. 

7. Air Terjun Jurug Njumeg

air terjun jurug jumeg via Instagram/@exploreblitar

Akses menuju air terjun Jurug Jumeg satu arah dengan jalan menuju ke Pantai Jalasutro. Sayangnya, karena lahan parkir yang minim, pengunjung diarahkan untuk memarkirkan kendaraan di rumah warga sekitar. Untuk biaya parkirnya, pengunjung dipatok sebesar lima ribu rupiah. Air di wisata ini benar-benar terlihat jernih jika tidak ada hujan pada hari sebelumnya.

Air terjun jurug jumeg via Instagram/@deaatmaji

Air terjun Jurug Jumeg memiliki ketinggian sekitar 15 meter dan kolam yang luas, sehingga banyak pengunjung bisa berendam. Wisata alam Blitar satu ini masih dalam tahap pembangunan oleh pemerintah, maka dari itu sebagai pengunjung kita harus merawatnya dengan sebaik mungkin.

8. Rambut Monte

Rambut monte via Instagram/@exploreblitar

Ada yang tak boleh ketinggalan untuk dikunjungi, yaitu Telaga Rambut Monte. Saking jernihnya telaga ini, pepohonan yang berada di sekelilingnya seolah bercermin dan menghasilkan warna biru tosca. Meski tidak terlalu luas, kejernihan inilah yang mampu menarik minat banyak pengunjung untuk datang.

Menurut beberapa sumber, air dari telaga ini berasal dari salah satu candi dari Kerajaan Majapahit. Uniknya lagi, masih terdapat ikan spesies langka yang bernama Sengkaring atau biasa disebut dengan ikan dewa. Mitosnya ikan ini bisa berkurang dan bertambah dengan sendirinya.

Rambut monte via Instagram/@citramukti27

Suasana yang sejuk, namun juga mistis ini tentunya sangat cocok untuk diabadikan dalam sebuah foto. Kamu yang sedang mencari obyek foto unik, bisa puas berburu di Telaga Rambut Monte. Cukup arahkan kendaraanmu ke Desa Krisik, Kecamatan Gandusari, Kabupaten Blitar, Jawa Timur.

9. Pantai Keben

Pantai keben via Instagram/@exploreblitar

Banyak orang yang berkata kalau Keben adalah pantai tercantik yang ada di Desa Ngadipuro. Namun tentunya, ada harga yang harus dibayar jika kamu ingin melihat kecantikannya. Pasalnya Teman Traveler harus bersusah payah untuk bisa sampai ke wisata alam ini. Butuh mobil khusus offroad ataupun seseorang yang mahir untuk bisa mencapai lokasi ini. Nantinya kamu akan melewati jalan melalui kebun tebu yang berliku-liku.

Pantai Keben via Instagram/@shareblitar

Saking jarangnya terjamah oleh pengunjung, pantai ini terbilang masih perawan. Pantainya pun tergolong unik karena membentuk teluk kecil sehingga terlihat seperti bulan sabit. Lokasinya terletak di Desa Ngadipuro, Kecamatan Wonotirto, Kabupaten Blitar

10. Maliran Deer Feeding

Maliran deer feeding via Instagram/@liawidya20

Termasuk dalam wisata Blitar yang baru, Maliran Deer Feeding ini cocok didatangi untuk liburan bersama keluarga. Tempatnya yang sejuk dan banyak wahana permainan, tentunya bisa membuat pengunjung betah berlama-lama di sini. Terlebih, pengunjung bisa memberikan makan rusa-rusa yang ada, lho. Wah, si kecil bisa liburan sambil berkenalan dengan hewan bertanduk ini, nih

Maliran deer feeding via Instagram/@exploreblitar

Tentunya wisata ini bisa menjadi cara mudah untuk melestarikan alam dengan cara yang menyenangkan. Anak-anak bisa belajar berinteraksi dengan hewan, sedangkan bagi orang dewasa bisa menjadi sarana rekreasi. Harganya tiketnya pun murah, untuk orang dewasa dikenakan 2 ribu rupiah sedangkan anak kecil hanya seribu rupiah.

Nah, itu dia beberapa wisata di Blitar yang cocok dikunjungi untuk liburanmu selanjutnya. Jadi, wisata mana nih yang ingin Teman Traveler coba lebih dulu?