Asyiknya Mandi Sekaligus Terapi di Pemandian Air Panas Terbesar di Eropa

Saat tubuh mulai letih setelah seharian berjalan-jalan di Eropa enaknya adalah bersantai. Di Budapest ada sebuah tempat wisata pemandian air panas yang pas untuk melepas penat dengan cara berendam di kolamnya. Kolam ini bukan kolam renang biasa namun juga berguna sebagai tempat pengobatan alami. Pemandian air panas Széchenyi merupakan sebuah pemandian air panas terbesar di Eropa yang terletak di ujung utara taman kota, Budapest.

Air dikolam ini didapat dari dua sumbermata air panas yang kaya akan mineral seperti sulfat, kalsium, megnesium, bikarbonat, fluoride dan asam metaboric dalam jumlah yang besar. Mineral-mineral ini diyakini memiliki khasiat untuk terapi penyakit seperti radang sendi, dan gangguan persendian yang lainnya. Karena airnya selalu panas sepanjang tahun maka kolam ini menjadi tempat yang pas untuk bersantai dan menikmati musim dingin. The Széchenyi Bath adalah tempat favorit bagi warga lokal dan juga turis internasional.

Pemandian air panas Széchenyi adalah kolam terapi terbesar di Eropa (c) amusingplanet
Pemandian Air Panas Széchenyi adalah kolam terapi terbesar di Eropa (c) amusingplanet

Kolam pemandian ini dibangun pada tahun 1881 dan berdiri tegak di Pulau Nador tepatnya berada di tengah danau dari Taman Kota. Pasokan air panas didapat dari pengeboran sumur yang dilakukan oleh insinyur Hungaria yang ahli dalam bidang panas bumi dan juga pengeboran sumur bernama Vilmos Zsigmondy. Pada awalnya kolam ini hanya sebuah kolam artesis kecil yang kemudian ramai dikunjungi para anggota dewan setempat sehingga memunculkan ide untuk membangun istana di sekeliling kolam agar lebih nyaman untuk tempat berelaksasi.

Di kolam ini suhu airnya bervariasi dan menjadi tempat favorit turis selama musim dingin (c) amusingplanet
Di kolam ini suhu airnya bervariasi dan menjadi tempat favorit turis selama musim dingin (c) amusingplanet

Kemudian barulah pada tahun 1913 sebuah gedung megah dengan arsitektur Neo-Baroque dibangun di kawasan pemandian tersebut. Tidak hanya itu saja ukuran kolam juga diperluas hingga 50 meter dan terus meluas hingga akhirnya jadilah kolam super jumbo. Di tahun 1960-an pembangunan dilanjutkan dengan membuat rumah sakit yang melayani rawat jalan khusus untuk fisioterapi.

Beberapa turis sering terlihat bersantai sambil bermain catur di dalam kolam (c) amusingplanet
Beberapa turis sering terlihat bersantai sambil bermain catur di dalam kolam (c) amusingplanet

Sampai hari ini pemandian air panas Széchenyi memiliki 18 kolam yang berbeda dengan suhu air yang bervariasi pula, itu sudah termasuk kolam renang atap terbuka yang sangat besar. Pemandangan unik yang sering terlihat di pemandian ini yakni ada sekelompok turis yang asyik bersantai sambil bermain catur di dalam kola. Jadi pengen nih berlibur ke Budapest.

Tags
Budapest pemandian air panas Széchenyi traveling
Share