Pemandian Air Panas Lejja, Asyiknya Sensasi Kehangatan Sulawesi Selatan

Soppeng merupakan salah satu kota kecil di Sulawesi Selatan. Dari pusat kota Makassar, butuh waktu sekitar tiga sampai empat jam untuk mencapainya. Kawasan pegunungan ini punya lumayan banyak objek wisata menarik, salah satunya Pemandian Air Panas Lejja.

Pemandian Air Panas Lejja berjarak sekitar 44 km dari pusat kota. Destinasi menarik ini masih masuk kawasan hutan lindung. Penasaran dengan sensasi berendam di suhu hingga 60 derajat celcius sembari ditemani kesejukan alam? Berikut gambaran keseruannya oleh kontributor Travelingyuk, Frenky Hizkia.

Empat Kolam Berkhasiat

Pintu Masuk Wisata Air Panas Lejja via Instagram Maxnyoos
Pintu Masuk Wisata Air Panas Lejja via Instagram Maxnyoos

Air panas di kawasan wisata Lejja dipercaya mampu mengobati penyakit rematik dan gatal-gatal. Tak hanya wisatawan lokal, bahkan pelancong dari luar negeri pun juga tertarik berkunjung ke pemandian air panas alami ini.

Sedikitnya terdapat empat kolam yang bisa digunakan pengunjung untuk berendam maupun berenang. Masing-masing punya kedalaman dan suhu air berbeda-beda.

Menikmati Suasana Pemandian Air Panas Lejja

Pemandian masuk kawasan hutan lindung via Instagram migasmin
Pemandian masuk kawasan hutan lindung via Instagram migasmin

Selain berendam, tempat wisata ini juga bisa dijadikan spot keren hunting foto bertema alam. Berjalan menyusuri jalan setapak di sebelah kolam, pengunjung akan menemukan sebuah sungai kecil yang berasal dari sumber mata air panas. Saking panasnya, terkadang ada yang coba merebus telur di sini.

Jika sedang beruntung, wisatawan juga bisa menemukan monyet-monyet sedang berkeliaran di sekitar mata air. Meski jadi pemandangan menarik, harap tetap berhati-hati dan jangan sembarangan memberi makan hewan.

Alamat dan Harga Tiket

Sumber mata air panas via Instagram frenky.hizkia21
Sumber mata air panas via Instagram frenky.hizkia21

Pemandian Air Panas Lejja berada di Desa Bulue, Kecamatan Marioriawa, Kabupaten Soppeng. Bagi yang ingin berkunjung disarankan membawa kendaraan sendiri, karena transportasi umum menuju lokasi ini cukup jarang.

Berdiri di kawasan hutan lindung, rute yang harus dilewati cukup terjal dan berkelok-kelok. Tapi jangan berkecil hati, sebab pemandangan hamparan sawah dan perbukitan yang sejuk akan terus menemani sepanjang perjalanan.

Wisatawan yang datang di hari biasa dikenakan tarif masuk 10 ribu rupiah (dewasa) dan tiga ribu (anak-anak). Sementara untuk akhir pekan, tiket dibandrol 12,5 ribu (dewasa) dan tiga ribu (anak-anak). Mereka yang membawa kendaraan pribadi harus mengeluarkan biaya parkir 10 ribu (mobil) atau lima ribu (motor).

Fasilitas yang Tersedia

Kolam air panas via Instagram inomks
Kolam air panas via Instagram inomks

Fasilitas di Pemandian Air Panas Lejja cukup lengkap, meliputi area parkir luas, toilet, kamar bilas, dan warung yang menjual jajanan maupun makanan berat. Bagi pengunjung yang ingin bermalam, tersedia villa-villa panggung dengan harga bervarisi tergantung luasnya.

Jika memang berniat menghabiskan malam di sini, disarankan mencoba sensasi berendam air panas kala dini hari. Paduan apik udara dingin dengan air panas, dijamin buat tubuh terasa nyaman. Pengunjung yang butuh privasi lebih bisa menyewa kolam-kolam kecil yang sudah disiapkan pengelola setempat.

Tertarik berkunjung ke Pemandian Air Panas Lejja? Jangan berpikir lama, langsung ajak teman-teman dan keluarga untuk berlibur ke sini. Dijamin seru dan memuaskan.

Tags
Makassar Wisata
Share