Puas Menikmati Salju dan Pemandangan Indah di Dachstein, Austria

Austria adalah salah satu negara di Eropa yang kini banyak dituju oleh wisatawan. Ada banyak tempat menarik dan pemandangan alam indah yang bisa dilihat, seperti misalnya kota Salzburg yang terkenal sebagai tempat kelahiran Mozart dan film Sound of Music serta danau Halstatt yang cantik dan termasuk Situs Warisan Dunia UNESCO. Penyuka pegunungan dan salju pun bisa menjadikan Austria sebagai  destinasi impiannya karena pegunungan Alpen juga berada di sana. Salah satu puncak yang banyak dikunjungi adalah puncak Dachstein karena memang sudah dikembangkan untuk tujuan wisata turis dan bisa mudah dikunjungi oleh siapa saja.

pemandangan_alam_di_sekitar_schladming__4__Jbd.jpg
Di atas Dachstein (c) Nadia Falah Lutfiputri/Travelingyuk

Dachstein terletak di Austria bagian tengah, tepatnya di perbatasan kawasan Upper Austria dan Styria. Ketinggian puncaknya yang mencapai 2700 mdpl menjadikannya sebagai puncak tertinggi di Styria dan kedua tertinggi di rangkaian pegunungan Northern Limestone Alps. Pada umumnya para wisatawan akan ramai datang pada musim dingin. Meskipun demikian, saat musim panas pun tempat ini tetap menjadi tujuan favorit karena ada banyak hal seru yang bisa dilakukan, seperti bermain ski, mengunjungi Ice Palace dan juga menikmati pemandangan dari Suspension Bridge serta Stairway to Nothingness.

img20180709143240_r5m.jpg
Dachstein di Musim Panas (c) Nadia Falah Lutfiputri/Travelingyuk

Untuk mencapai puncaknya, kita tidak perlu berlelah-lelah karena terdapat cable car yang siap mengantarkan hingga 50 orang sampai puncak. Transportasi ini terbagi atas 2 bagian yaitu indoor dan outdoor yang terletak di atasnya. Jika ingin merasakan langsung udara dingin pegunungan, kita bisa memilih yang bagian outdoor. Sepanjang perjalanan mata kita akan disambut oleh hamparan salju yang luas. Saat musim panas, suhu udara di siang hari bisa mencapai 0° celcius atau lebih dingin lagi daripada itu. Jadi selalu siapkan jaket tebal dan sepatu yang mumpuni, ya!

Berkeliling Eropa di Ice Palace 

befunky_collage_2__1__KHP.jpg
Ice Palace (c) Nadia Falah Lutfiputri/Travelingyuk

Salah satu keistimewaan Dachstein adalah di puncaknya terdapat Ice Palace. Di dalam terowongan salju dan es, terdapat miniatur-miniatur ikon wisata terkenal di Eropa yang terbuat dari es, seperti misalnya menara Eiffel, patung Mannekin Pis, serta kincir angin Belanda. Semuanya tampak indah apalagi ditambah dengan pencahayaan lampu berwarna-warni. Tempat ini letaknya dekat dari tempat kita keluar dari cable car saat tiba di puncak.

Suspension Bridge, Stairway to Nothingness, Sky Walk

img_20180710_wa0013_9KZ.jpg
Suspension Bridge (c) Nadia Falah Lutfiputri/Travelingyuk

Ingin melakukan sesuatu yang menantang saat berada di atas Dachstein? Teman Traveler harus mencoba berjalan di Suspension Bridge atau jembatan gantung yang merupakan jembatan tertinggi di Austria. Jembatan ini kemudian akan mengarah menuju Stairway to Nothingness atau Tangga menuju Ketiadaan. Mengapa disebut begitu? Karena ujung dari tangga tersebut adalah lantai kaca yang membuat kita bisa melihat pegunungan di bawah kaki kita. Bagi yang merasa tertantang, jangan lewatkan tempat ini, ya! Lalu, alternatif lain, bagi yang ingin puas berfoto-foto dengan latar belakang pegunungan adalah di spot bernama Sky Walk.

img_20180710_wa0012_XrL.jpg
Stairway to Nothingness (c) Nadia Falah Lutfiputri/Travelingyuk

Aktivitas Lainnya

img_20180710_wa0021_c7b.jpg
Hiking (c) Nadia Falah Lutfiputri/Travelingyuk

Selain spot-spot tersebut yang bisa dikunjungi, ada aktivitas lainnya yang juga bisa dilakukan seperti bermain ski dan paralayang. Kemudian, ada pula rute yang sudah dipersiapkan bagi yang ingin hiking atau panjat tebing. Di sepanjang jalan setapak rute penanjakan ini pemandangan pegunungan dan bunga-bunga yang ada tampak sangat indah. Oh ya, tidak usah takut kelaparan juga karena di atas sana ada restoran.

img20180709124350_F9U.jpg
Pemandangan Hiking saat Musim Panas (c) Nadia Falah Lutfiputri/Travelingyuk

Jika ingin berkunjung ke Dachstein, kota terdekat yang menyediakan banyak penginapan adalah Schladming. Meskipun luas wilayahnya hanya 10,3 kilometer persegi dengan jumlah populasi sekitar 6.600 jiwa, kota kecil ini memiliki fasilitas yang lengkap dan menjadi salah satu tujuan favorit turis di Austria, terutama di musim dingin. Karena letaknya dekat pegunungan, saat musim panas pun udara di kota tersebut tetap sejuk, terutama di malam hari. Dari Schladming menuju Dachstein aksesnya sangat mudah karena ada bis umum dengan jadwal keberangkatan rutin.

Nah bagaimana Teman Traveling? tempat ini sangat menarik dan tentunya menantang untuk penggemar olahraga ekstrim.

Tags
dachstein austria kontributor Wisata Ekstrim
Share