Kapal Pinisi Karam. Berikut Tips Aman dan Nyaman Traveling Dengan Transportasi Laut

Kapal Pinisi yang ditumpangi rombongan kunjungan kerja Presiden, Selasa 21 Januari 2020 kemarin terbalik dan tenggelam di Labuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur. Salah satu wartawan yang ada dalam kapal itu mengatakan bahwa, tiba-tiba datang ombak besar yang kemudian menghantam kapal itu sehingga terbalik. Untungnya, semua penumpang selamat dan hanya mengalami luka ringan, namun barang-barang bawaan tidak dapat diselamatkan.

Kapal Pinisi Tenggelam via instagram @polsek_menteng

Traveling ke luar pulau atau sekedar menaiki transportasi laut memang menyenangkan, tetapi sebagai manusia tidak bisa memprediksi cuaca secara tepat, waktu yang lama juga bisa membuat Teman Traveling bosan, apalagi jika tidak ada makanan ataupun sakit saat di tengah lautan tidak akan dengan cepat ditangani dengan tenaga profesional. Demi kenyamanan, inilah beberapa hal yang harus di persiapkan sebelum melalang lautan dengan kapal.

Memilih Waktu yang Tepat

Waktu yang sangat tepat untuk mencoba berwisata menggunakan kapal adalah saat kadar hujan tidak sedang tinggi. Jika Teman Traveling bepergian saat musim hujan, besar kemungkinan jadwal kapal akan mundur karena adanya hujan deras ataupun badai di tengah laut, yang menyebabkan semua jadwal yang sudah dibuat menjadi berantakan.

Menyiapkan waktu via Shutterstock

Jangan lupa juga untuk menghindari pergi saat hari-hari libur besar, karena sudah pasti di kapal akan penuh dan macet, sehingga tidak bisa menikmati perjalanan dengan nyaman.

Memastikan Tempat Safety Pack

Setelah Teman Traveler menaiki kapal, segera mencari atau bertanya dimanakan tempat pelampung, perahu sekoci dan pintu darurat. Karena mungkin saat di situasi buruk terjadi, bisa langsung menyelamatkan diri.

Safety Pack via Shutterstock

Selain itu, terkadang ada karyawan kapal yang mempraktekkan dan memberitahu cara untuk menyelamatkan diri saat keadaan gawat, perhatikan dan jangan sampai mengabaikannya ya.

Mempersiapkan Pakaian dan Kebutuhan Pribadi

Perjalan menggunakan kapal sudah pasti akan lebih lama daripada perjalanan jalur darat. Perlu sekali untuk Teman Traveling menyiapkan pakaian dan kebutuhan pribadinya seperti, baju ganti, alat mandi, sun block, kacamata dan lainnya. Karena di atas kapal tidak ada toko yang menjual barang-barang tersebut.

Pakaian dan Keperluan Pribadi via Shutterstock

Membawa Obat-obatan Pribadi

Tidak sedikit orang akan merasakan kelelahan dan pusing saat menaiki transportasi ini, karena jalannya yang tidak mulus dan cenderung bergoyang-goyang setiap saat. Maka sangat diperlukan untuk membawa obat-obatan, salah satu yang paling penting adalah obat anti mabuk.

Obat-obatan Pribadi via Shutterstock

Membawa Makanan dan Minuman Tahan Lama

Tidak semua kapal menyediakan makanan dan minuman yang bisa di beli. Jadi untuk menghindari kelaparan saat di sana, ada baiknya Teman Traveler membawa makanan dan minuman sendiri. Logistic pun dianjurkan yang praktis, tahan lama dan tidak mudah busuk, seperti roti, biskuit, minuman kaleng dan lain-lain.

Makanan Tahan Lama via Shutterstock

Membawa Pengalih Perhatian

Berjam-jam perjalanan di atas kapal pasti akan sangat membosankan, jangan lupa untuk membawa benda yang bisa Teman Traveling gunakan untuk keluar dari kebosanan itu.

Mendengarkan musik via Shutterstock

Istirahat Cukup

Untuk Teman Traveler yang mudah sakit, beristirahat cukup adalah kewajiban. Karena jika kecapekan bisa menyebabkan pusing, masuk angin atau mungkin penyakit lainnya. Karena saat turun dari kapal, Teman Traveler tidak akan lemas, bahkan bisa lebih segar dan semangat untuk berlibur di destinasi selanjutnya.

Tidur cukup via Shutterstock

Jadi itulah beberapa tips aman dan nyaman traveling dengan menggunakan kapal. Jadwalkan liburanmu dan jangan lupa untuk terus mengunjungi wisata-wisata indah di Indonesia.

Tags
Kapal Pinisi tips traveling traveling dengan kapal
Share