Pelabuhan Pemelisan, Alternatif Baru Menuju Nusa Penida

Teman Traveler berniat melancong ke Nusa Penida? Tahukah kalian bahwa kini akses menuju pulau di wilayah Bali tersebut ternyata tidak hanya melalui Sanur dan Padang Bai. Pelabuhan Pemelisan telah hadir sebagai jalur alternatif anyar untuk menuju sana. Lantas apa saja kelebihan yang ditawarkan? Yuk, simak ulasannya.

Menuju Pemelisan

img_3589_x17.jpg
Jalan menuju pelabuhan (c) Rosita/Travelingyuk

Kebanyakan pelancong biasanya memilih menyebrang ke Nusa Penida dari Pelabuhan Sanur maupun Padang Bai. Padahal kini sudah ada rute alternatif melalui nama Pelabuhan Pemelisan. Tempat ini memang belum terlalu populer di telinga wisatawan. Namun perlu Teman Traveler tahu, fasilitas yang ditawarkan lebih memanjakan pelancong lho.

pelabuhan pemelisan
Segara Kondang Pemelisan (c) Rosita/Travelingyuk

Sebelum membahas lebih jauh tentang pelabuhan ini, Teman Traveler perlu tahu lebih dulu, di mana tepatnya letak kawasan ini. Kalian bisa menemukannya di Jalan Pemelisan, Sesetan, Kecamatan Denpasar Selatan, Denpasar.

Jaraknya hanya sekitar 18 menit dari Bandara I Gusti Ngurah Rai. Setelah menyusuri sebagian Jalan By Pass Ngurah Rai, Teman Traveler bakal tiba di Pemelisan. Dari jalan yang tidak terlalu lebar ini, kalian bisa menuju Segara Kondang. Nah, di sinilah kalian bakal menemukan Pelabuhan Pemelisan.

Alternatif Menuju Nusa Dua

img_3594_oVZ.jpg
Fast boat menuju Nusa Penida (c) Rosita/Travelingyuk

Tidak banyak pelancong yang mengetahui keberadaan pelabuhan ini. Ketika hendak jalan-jalan menuju Nusa Penida, kebanyakan turis pasti lebih disarankan untuk berangkat dari Sanur atau Padang Bai.

Namun pada ketika gelombang sedang tinggi, Pelabuhan Sanur bakal menutup rute penyeberangan. Buat Teman Traveler yang sudah terlanjur menyusun rencana liburan, hal ini tentu bakal sangat menyesakkan. Namun jangan khawatir, kalian masih bisa coba menyebrang via Pemelisan kok.

img_3590_R0E.jpg
Tempat penitipan motor di sekitar pelabuhan (c) Rosita/Travelingyuk

Selain itu, jika Teman Traveler merasa kawasan Sanur terlalu ramai, Pemelisan bisa jadi alternatif tepat. Lantaran tempatnya masih jarang diketahui wisatawan, suasana di sekitar sini tidak terlalu ramai. Kalian bisa mengantre atau menunggu kapal dengan lebih leluasa. Tak hanya itu, pengunjung juga bakal mendapat bonus suguhan pemandangan asri di Segara Kondang.

Fasilitas Memanjakan

pelabuhan pemelisan
Dermaga di Pemelisan (c) Rosita/Travelingyuk

Penasaran kira-kira apa saja kelebihan pelabuhan ini? Well, kawasannya memang tidak berada dekat pantai seperti di Sanur. Namun demikian, di sini Teman Traveler bakal serasa lebih dimanjakan. Jika sudah pernah menyebrang via Sanur kalian bakal merasakan bedanya.

Lantaran sudah memiliki dermaga, Teman Traveler bisa dengan lebih mudah naik ke fast boat di pelabuhan ini. Beda dengan di Sanur, di mana kalian harus rela berbasah-basah ria terkena air laut ketika hendak naik kapal.

pelabuhan pemelisan
Deretan gazebo di Pemelisan (c) Rosita/Travelingyuk

Tak hanya itu, kawasan sekitar Pemelisan juga memiliki sederet gazebo nyaman untuk duduk-duduk. Tempatnya begitu teduh dan asyik untuk menunggu jadwal keberangkatan kapal. Lokasi pelabuhan ini juga relatif dekat, terutama jika Teman Traveler berangkat dari Bandara I Gusti Ngurah Rai.

img_3429_XoP.jpg
Suasana penyebrangan di kawasan Sanur (c) Rosita/Travelingyuk

Itulah sekilas ulasan mengenai Pelabuhan Pemelisan. Buat Teman Traveler yang berniat berwisata ke Bali dan menyebrang ke Nusa Penida, bisa pilih tempat ini sebagai alternatif titik keberangkatan. Selain lebih dekat dari bandara, fasilitas yang tersedia juga lebih lengkap. Selamat mencoba!

Tags
Akomodasi Bali Indonesia kontributor Pelabuhan Pemelisan Travelingyuk wisata bali
Share