Keren Banget! Franchise Internasional di Bali Pekerjakan Difabel Jadi Kasir

Yuni Astutik

Yuni Astutik

On BackPacker
Pekerjakan Difable Pekerjakan Difable

Perusahaan atau pusat pertokoan sekarang ini sepertinya sudah mulai peka dengan mereka yang memiliki kondisi spesial. Belakangan, sudah ada beberapa perusahaan atau pertokoan di Tanah Air yang memberikan kesempatan untuk bisa bekerja seperti orang pada umumnya. Seperti halnya waralaba internasional Burger King di Bali yang pekerjakan difabel.

Pekerjakan Difabel Sudah Mulai Tahun 2018

Meja kasir, Via Twitter/cktbng
Meja kasir, Via Twitter/cktbng

Burger King yang berbasis di Bali ini sudah mempekerjakan karyawan disabilitas atau yang karip disapa dengan Crew Spesial menjadi kasir sudah sejak 2018. Sudah ada dua lokasi Burger King di Bali yang mempekerjakan Crew Spesial ini. Pertama di Bandra Ngurah Rai, Denpasar, Bali. Selanjutnya yang kedua ada di Simpang Dewi Sri, Sunset Road, Seminyak, Kuta, Badung.

Memberikan Gebrakan Baru

Gebrakan baru, Via Twitter/cktbng
Gebrakan baru, Via Twitter/cktbng

Tentunya ini menjadi penyemangat baru untuk teman-teman penyandang disabilitas. Apa yang dilakukan oleh Burger King ini menjadi gebrakan dan semangat baru. Dilansir dari Tribunnews.com, Putu Agus Sudiarnawa selaku Asisten Manager III Burger King menyebutkan jika dibukanya peluang bekerja tersebut merupakan wadah bagi mereka yang memiliki keterbatasan fisik untuk menunjukkan kemampuannya.

Pekerjakan 22 Orang Difabel

Burger King di Bali, via Instagram/bebibuncit
Burger King di Bali, via Instagram/bebibuncit

Sejauh ini, Burger King sudah mempekerjakan sebanyak 22 karyawan dan karyawati penyandang disabilitas. Buat Teman Traveler yang datang ke Burger King di Bali, khususnya di dua tempat yang telah disebutkan sebelumnya pasti akan merasa kagum sekaligus terheran-heran.

Panutan yang bagus, via Instagram/bebibuncit
Panutan yang bagus, via Instagram/bebibuncit

Saat memasuki Burger King dan memesan menu, Crew Spesial ini akan menunjukkan papan informasi yang bertuliskan “Halo, Saya Tuli, Silahkan Pilih Gambar di Menu untuk Pemesanan, Terima Kasih”. Para Crew Spesial ini sebelumnya sudah ditraining sehingga para pelanggan tidak akan kesulitan, dan masyarakat diajak untuk setidaknya bersinggungan dengan bahasa isyarat, jika memungkinkan.

Toko Lainnya yang Pekerjakan Difabel

Kasir di Burger King Bali, via Instagram/bebibuncit
Kasir di Burger King Bali, via Instagram/bebibuncit

Ternyata tidak hanya Burger King saja yang sudah mempekerjakan pekerja disabilitas, ada beberapa toko atau perusahaan lainnya di Tanah Air. Misalnya saja Brand Uniqlo Indonesia yang sudah beberapa tahun yang lalu memperkerjakan karyawan tunagrahita. Dan masih banyak lagi contohnya di Indonesia. Semoga semakin banyak tempat yang memperkerjakan pekerja difabel.

Bagaimana Teman Traveler, apakah kamu pernah menemukan tempat lainnya di Tanah Air yang juga memperkerjakan penyandang disabilitas?