Pecel Yu Gembrot Madiun, Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka

Jika Jogja identik dengan gudegnya, Madiun juga begitu familiar dengan nasi pecel. Yup, banyak sekali penjual pecel bertebaran di daerah yang mendapatkan julukan sebagai Kota Gadis ini. Bahkan, kelezatan dari kuliner Madiun yaitu nasi pecel sudah diakui oleh banyak orang. Salah satu lokasi yang rekomended untuk menikmati kuliner Madiun ini adalah Warung Nasi Pecel Yu Gembrot. Yuk ulas lebih mendalam mengenai nasi pecel legendaris di Madiun ini.

Sudah Ada Sebelum Indonesia Merdeka

Memanfaatkan daun pisang, Via Instagram/jogjakakilima
Memanfaatkan daun pisang, Via Instagram/jogjakakilima

Warung Nasi Pecel Yu Gembrot ini ternyata cikal bakalnya sudah ada sejak tahun 1942 silam. Awalnya, Sarinem pada tahun 1942 lalu berjualan nasi pecel keliling. Nah, barulah di tahun 1974, anak Sarinem yang bernama Kartini mempopulerkannya.

Tidak berjualan secara keliling, Kartini mendirikan warung yang berlokasi di area Pasar Besi. Dan nama warung tersebut diberi nama Yu Gembrot yang tak lain dan tidak bukan adalah panggilan Kartini sejak kecil. Saat ini, usaha pecel keluarga ini sudah berada di generasi ketiga. Dan dikelola oleh Hendro yang merupakan putra dari Kartini.

Keunikan Menu di Nasi Pecel Yu Gembrot

Sepincuk nasi pecel yang nikmat, Via Instagram/jogjaeatguide
Sepincuk nasi pecel yang nikmat, Via Instagram/jogjaeatguide

Salah satu hal yang masih dipertahankan sampai saat ini adalah penyajiannya dengan memanfaatkan daun pisang segar yang dipincuk. Selain itu tekstur sambalnya juga begitu kental, jadi begitu terasa kacang dan bumbu di dalamnya. Citarasanya merupakan perpaduan antara gurih dan sedikit pedas.

Biasanya, dalam seporsi nasi pecel di sini akan ada rebusan sayuran, biasanya memanfaatkan bayam, kacang panjang, tauge, daun turi, kemangi dan lain-lain. Untuk pilihan lauknya begitu beragam, ada jerohan sapi, daging ayam, keripik, telur, tempe, dan juga tahu.

Langganan Pejabat Sampai Presiden

Kuliner legendaris di Madiun, Via Instagram/jogjataste
Kuliner legendaris di Madiun, Via Instagram/jogjataste

Kenikmatan dari pecel legendaris Madiun ini sudah tersohor sampai ke penjuru negeri. Banyak orang-orang tersohor yang datang ke sini. Buktinya ada foto-foto pejabat dan petinggi yang berdatangan.

Pecel Madiun Yu Gembrot
Pecel Madiun Yu Gembrot (c) Travelingyuk/Asnan Affandi

Misalnya saja Dahlan Iskan, mantan Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Terbaru, Presiden Jokowi juga mencicipi kelezatan dari racikan pecel di sini.

Alamat Pecel Yu Gembrot yang Strategis

Rasa juara harga murah meriah, Via Instagram/jogjakakilima
Rasa juara harga murah meriah, Via Instagram/jogjakakilima

Ingin mencicipi kenikmatan kuliner Madiun murah meriah ini? Langsung saja berkunjung ke Pasar Besi yang berada di Jl. Imam Bonjol, Madiun. Buka mulai pukul 06:30 sampai dengan 20:00 WIB. Nah, sekarang juga sudah ada cabangnya di Malang dan Jogja. Alamatnya di Malang adalah Jl. Sigura-gura V No. 23B-Malang. Alamat Pecel Yu Gembrot di Jogja, berada di Jl. Kaliurang KM 9.3, Tambakan, Sinduharjo dan buka mulai 07:00-20:00. Untuk harganya, dibanderol mulai dari Rp12.000, per November 2018 ini.

Sudah ada beberapa cabang di kota selain Madiun. Jadi, jika kamu ingin mencoba Pecel Yu Gembrot, bisa di Madiun, Jogja, ataupun juga Malang.

Tags
Indonesia Jawa Timur Madiun pecel di madiun pecel yu gembrot
Share