Pecel Sukun Sejak 1980-an, Kuliner Legendaris Malang dengan Lokasi Tak Biasa

Salah satu kuliner pagi hari ataupun siang hari yang bisa menjadi pilihan adalah pecel. Pecel memang menjadi makanan andalan di berbagai kota di Indonesia, termasuk Malang. Ada jajaran pecel legendaris di Malang, misalnya adalah Pecel Sukun. Rasanya diterima banyak lidah masyarakat, karena itulah tempat ini masih eksis meskipun sudah berusia puluhan tahun.

Awal Mula Rumah Makan Pecel Sukun

Perlu dicoba saat ke Malang, via Instagram/andry.martaputra
Perlu dicoba saat ke Malang, via Instagram/andry.martaputra

Pecel Sukun sudah ada sejak tahun 1982. Dahulu, tempat makan legendaris di Malang ini hanya merupakan warung kaki lima. Kemudian berkembang sampai sekarang ini menjadi rumah makan yang nyaman, untuk santapan pagi ataupun malam. Pendiri warung ini adalah Bu Wiedjiati yang memiliki hobi memasak. Beliau memulai semuanya dari bawah, sampai memiliki banyak karyawan seperti sekarang.

Menawarkan Dua Menu Unggulan

Pecel Sukun, via Instagram/bonnykusuma
Pecel Sukun, via Instagram/bonnykusuma

Satu porsi pecel biasanya akan ada nasi di atasnya diberi sayur mayur, irisan mentimun, daun kemangi lalu diguyut dengan sambal kacang. Ada pelengapnya remahan rempeyek, serundeng, dan lauk sesuai dengan yang diinginkan. Sambal pecel di tempat ini memiliki citarasa yang khas, manis pas dan tidak terlalu pedas. Merupakan pecel khas Tulungagung, dan salah satu lauk favorit pengunjung adalah lauk udang.

Pilihan menu beragam, via Instagram/silviawati
Pilihan menu beragam, via Instagram/silviawati

Tidak hanya pecel saja yang menjadi pilihan para pengunjung. Ada beberapa menu lainnya yang banyak dipesan, misalnya saja rawon dan nasi campur khas Jawa Timur. Kamu bisa memilih lauk dan sayuran sesuka hati ya, asal sesuai dengan budget.

Lokasi di Seberang Tempat Pemakaman Umum

Gorengan udang jadi favorit, via Instagram/gajimafoodies
Gorengan udang jadi favorit, via Instagram/gajimafoodies

Seperti namanya, lokasi warung ini berada di Sukun. Saat Teman Traveler berkendara dari Malang ke arah selatan ataupun Blitar, akan melewati Tempat Pemakaman Umum (TPU) Katolik Sukun. Tepat berada di seberangnya, ada warung Pecel Sukun yang kondang ini. Alamatnya berada di Jl. S. Supriadi, No. 100, Sukun, Malang. Jam operasionalnya mulai dri 06:30 sampai dengan 16:00 WIB.

Kemudian untuk harga yang ditawarkan, satu porsi pecel di tempat ini dipatok mulai Rp15.000. Akan menyesuaikan dengan lauk yang dipilih. Gimana, tertarik untuk mencicipi kelezatan seporsi Pecel Sukun?

Tags
Indonesia Jawa Timur kuliner Malang pecel sukun
Share