Mbah Boniyem, Penjual Setia Intip Goreng Solo Sejak Tahun 1945

Advertisement

Berburu kuliner di Solo tidak akan ada habisnya. Bukan hanya menu kekinian, makanan legendaris pun masih banyak di tiap sudutnya. Sebut saja Nasi Liwet atau Serabi Notosuman yang bahkan menjadi buruan wisatawan. Selain itu, ada pula camilan gurih yang hingga kini masih menjadi incaran banyak orang.

Apalagi kalau bukan Intip goreng, oleh-oleh khas Solo yang terbuat dari kerak nasi. Cara pembuatannya pun unik karena dimasak dengan alat tradisional. Berbahan beras, cara membuat camilan ini dimulai dengan menanak nasi di atas panci tebal. Setelah itu dicetak di dalam panci dengan bentuk melingkar dan diletakkan di atas bara api.

Intip goreng khas Solo
Intip goreng khas Solo [image source]
Setelah melalui proses pembuatan kerak nasi, baru kemudian intip mentah digoreng di minyak yang panas. Selain kriuk, rasa manis dari lelehan gula juga membuatmu ketagihan. Atau juga asin dari taburan garam halus di atasnya. Salah satu tempat yang bisa kamu temukan untuk mendapatkan intip goreng ada di Pasar Gede Solo. Lebih tepatnya berada di kios 78 milik Mbah Boniyem.

Intip bu boniyem
Intip bu boniyem [image source]
Nenek yang usianya lebih dari setengah abad ini merupakan penjual setia intip paling populer di Solo. Bagaimana tidak, hampir seumur hidupnya dihabiskan untuk menjual camilan lezat ini. Bahkan, ia sudah berjualan di Pasar Gedhe sejak tahun 1945. Tak heran jika kedai Mbok Boniyem ini cukup legendaris di Solo.

Bu boniyem dan intipnya
Bu boniyem dan intipnya [image source]
Hingga saat ini, Mbah Boniyem mengandalkan meja panjang untuk menggerai intip gorengnya. Beragam jenis ia tawarkan mulai dari ukuran kecil, biasa dan utuh serta remukan intip yang dijual dengan harga sedikit miring. Meski kedainya sederhana, ternyata pelanggan yang datang tak sedikit. Belum lagi dengan wisatawan baru yang penasaran dengan cita rasa dari camilan satu ini.

Intip di Pasar Gedhe Solo
Intip di Pasar Gedhe Solo [image source]
Hingga artikel ini ditulis, harga intip perkilo di kedai Mbah Boniyem sekitar Rp50.000. Namun, kamu juga bisa membeli per kemasan dengan harga yang berbeda. Bagaimana, sudah ada rencana untuk liburan ke kampung halamannya Presiden Joko Widodo ini? Jangan lupa untuk kuliner legendaris lain yang tidak kalah menggiurkan.

Advertisement
Tags
Indonesia Jawa Tengah kuliner Solo Surakarta
Share