Lima Pecel di Jogja dengan Rasa yang Istimewa

Jogja memang benar-benar istimewa. Tidak hanya soal budaya, tapi kulinernya juga bikin kamu terpesona. Ada rasa yang begitu kaya dengan keragaman unik. Selain gudeg, kamu bisa menemukan pecel khas. Seperti yang ada di beberapa tempat berikut ini.

1. Pasar Beringharjo

Pecel Senggol di Jogja
Pecel Senggol di Jogja via Instagram/@inztagrania

Jika kamu mencari kuliner tradisional Jogja yang dekat dengan Malioboro, Pasar Beringharjo adalah jawabannya. Di sini banyak sekali penjual makanan yang masih menggunakan resep dan cara kuno. Termasuk nasi pecel dengan sayuran dan siraman bumbu kacang yang gurih. Salah satunya adalah warung Pecel Senggol.

Pecel Senggol di Jogja
Pecel Senggol di Jogja via Instagram/@merrymone

2. Pecel Pincuk HJ. Sri

Pecel Pincuk
Pecel Pincuk Hj. Sri via Instagram/@jogjafood

Pecel juga bisa dijadikan menu sarapan murah di Jogja. Seperti menu dari Warung HJ. Sri di Jalan Lembah Baru Sleman ini. Rata-rata untuk menu seperti pecel pincuk atau nasi sambal tumpang harganya Rp6.000. Meski murah, tapi porsinya banyak. Pecel di Jogja ini buka dari pukul 06.00 hingga 10.00 WIB.

Pecel Pincuk Hj. Sri
Pecel Pincuk Hj. Sri via Instagram/@jogjafood

3. Nasi Pecel Pasar Bantul

Pecel di pasar Bantul
Pecel di pasar Bantul via Instagram/@jogjafood

Di depan pasar Bantul ada penjual nasi pecel, gudangan, dan terancam yang enak dan murah. Penjualnya menggunakan gerobak sederhana di tepi Jalan Jenderal Sudirman, Bantul. Bumbunya begitu pas saat terasi dengan rebusan sayuran dan berbagai lauk pelengkap lain. Untuk satu porsi pecel harganya sekitar Rp5.000. Murah banget kan?

Ilustrasi Pecel
Ilustrasi Pecel via resepdanmasakan.com

4. Pecel Bu Wiryo 1959

Pecel Bu Wiryo
Pecel Bu Wiryo via Instagram/@fian.yudhono

Nama lainnya adalah SGPC Bu Wiryo yang terletak di Jalan Selokan Mataram. Popularitasnya sebagai warung pecel di Jogja tak perlu ditanyakan lagi. Setiap warung ini buka, ada banyak pengunjung yang datang untuk mencoba menu hidangan yang disiram bumbu pecel gurih. Lauk pelengkapnya pun banyak, mulai dari telur hingga gorengan seperti tahu.

SGPC Bu Wiryo
SGPC Bu Wiryo via Instagram/@andfjr_

Itulah beberapa menu pecel di Jogja. Selain enak dan murah, porsinya juga banyak. Kamu punya langganan pecel juga? Bagikan rekomendasi versimu di kolom komentar ya!

Tags
Indonesia Jogja Pecel di Jogja
Share