Deretan Patung Soedirman di Indonesia, Mengenang Jasa Sang Patriot

Jendral Soedirman adalah salah satu pahlawan nasional yang punya jasa besar terhadap tercapainya kemerdekaan Indonesia. Sang Panglima Besar dikenal sebagai sosok yang mahir dalam menyusun taktik peran, salah satunya adalah perang gerilya. Tak heran jika ada sejumlah patung Soedirman di Indonesia, yang dibuat demi mengenang jasa beliau.

Lantas di mana saja Teman Traveler bisa menemukan monumen tersebut? Yuk, kita simak bersama daftar patung Soedirman di Indonesia berikut ini.

Jakarta

jakarta_rRJ.jpg
Patung Sang Jendral di Jakarta (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Monumen ini bisa Teman Traveler temukan di kawasan Dukuh Atas, Jakarta Pusat. Bentuknya cukup mencolok, dengan tinggi mencapai 12 meter. Patungnya sendiri menjulang hingga 6,5 meter, dengan penyangga sepanjang 5,5 meter.

Wisata Jakarta ini dibangun hampir bersamaan dengan sederet monumen lain di Jakarta pada 2001, sebagai realisasi atas sayembara patung pahlawan yang digelar pada 1999 silam. Diresmikan pada Agustus 2003, monumen satu ini merupakan hasil karya seorang seorang seniman bernama Sunario. Dibuat dari perunggu seberat 4 ton dan menghabiskan dana milyaran rupiah.

Hingga kini, monumen masih tetap tegak berdiri di tengah Jalan Jendral Sudirman. Jika hendak memotret, Teman Traveler bisa mengambil angle dari pinggir jalan atau jembatan penyeberangan di dekatnya.

Surabaya

img_20190917_212305_UFs.jpg
Monumen di Surabaya (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Kota Pahlawan rupanya tak mau ketinggalan soal monumen Sang Jendral Besar. Teman Traveler bisa menemukan patung ini di Jalan Yos Sudarso, tepat di hadapan Monumen Bambu Runcing yang sudah sangat populer di Surabaya.

Di sini Jendral Soedirman digambarkan dalam posisi tegak, tangan di samping, dengan ujung celana bagian bawah masuk sepatu boot. Sebilah pedang nampak menggantung di pinggang sebelah kiri.

Di bawahnya terdapat tugu dengan torehan empat prasasti di masing-masing sisi. Di bagian kiri terdapat kutipan kalimat Sang Panglima untuk Prajurit TKR.  

Diresmikan pada 10 November 1970 oleh Presiden Soeharto, monumen ini didirikan sebagai salah satu rangkaian acara untuk memeriahkan Hari Pahlawan. Hingga tulisan ini dibuat, monumen Jendral Soedirman di Surabaya masih kokoh berdiri.

Jogja

patung soedirman di indonesia
Patung Sang Jendral di Jogja (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Berbicara soal Panglima Soedirman, Museum Sasmitaloka di Jogja tentu tidak boleh dilewatkan. Selain menyimpan banyak koleksi peninggalan bersejarah terkait Sang Jendral, museum ini juga memiliki Patung Jenderal Soedirman yang digambarkan tengah mengendarai kuda.

Kesan gagah perkasa begitu melekat dalam karya ini. Sisi kiri dan kanan patung dihiasi Meriam AT Kaliber 37, mm yang konon dahulu pernah dipakai dalam pertempuran Palagan Ambarawa.

Selain di museum, patung serupa juga bisa Teman Traveler temukan di wisata Jogja seperti Benteng Vredeburg. Di sini Sang Jenderal digambarkan berdiri tegak. Lain lagi dengan patung di depan Kantor DPRD Daerah Istimewa Yogyakarta, yang menggambarkan Sang Jenderal sedang memegang tongkat.

Pacitan

pacitan_Yeh.jpg
Patung Soedirman di Pacitan (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Di Pacitan, tepatnya di Kecamatan Nawangan, Teman Traveler juga bisa temukan patung lain yang menggambarkan sosok Jendral Soedirman. Lokasi berdirinya monumen ini merupakan tempat di mana Sang Panglima menyusun taktik gerilya-nya yang tersohor.

Di sekitarnya kini dibangun beberapa diorama yang menggambarkan sejarah perang gerilya, serta terdapat rumah yang konon sempat digunakan sebagai persembunyian Jendral Soedirman. Monumennya sendiri diresmikan Presiden Susilo Bambang Yudhoyono pada 15 Desember 2008 silam.

Alor

patung soedirman di indonesia
Patung Sang Jendral di Alor (c) Wildan Carbon/Travelingyuk

Patung ini berada di NTT, tepatnya di Desa Maritaing, yang berbatasan langsung dengan Timor Leste. Menjulang setinggi tujuh meter, monumen ini menghadap langsung ke arah laut perbatasan, serta diresmikan pada 2011 silam.

Jika hendak berkunjung, Teman Traveler sebaiknya datang malam hari. Sembari bersantai, kalian bisa menikmati kerlap-kerlip lampu Dili, Ibukota Timor Leste.

Purwokerto

patung soedirman di indonesia
Patung Sang Jendral di Purwokerto (c) Wildan/Travelingyuk

Jika Teman Traveler pernah mampir ke Universitas Jenderal Soedirman di Purwokerto, kalian pasti pernah melihat patung ini. Posisinya ada di halaman kampus, sehingga tak begitu sulit ditemukan.

Mirip dengan monumen serupa di Museum Sasmitaloka, di sini Sang Panglima Besar digambarkan tengah menunggang kuda dan tampak gagah. Jika hendak mampir, Teman Traveler bisa langsung datang ke lokasi. Tapi ingat, tetap jaga kebersihan lokasi dan hindari vandalisme ya. 

Itulah beberapa Patung Soedirman di Indonesia yang bisa Teman Traveler kunjungi. Sembari jalan-jalan, kalian bisa sekalian mengenang jasa Sang Patriot. Jadi siap liburan lagi?

Tags
Indonesia Jakarta Jogjakarta kontributor patung soedirman di indonesia Travelingyuk Wisata
Share