Mengenal Su Filindeu, Pasta Terhalus di Dunia yang Terancam Punah

Pecinta kuliner pasti tak bakalan menolak untuk mencicipi pasta. Apalagi yang masih hangat disajikan di atas piring. Salah satu yang menjadi idaman banyak orang adalah Su Filindeu yang disebut-sebut sebagai pasta terhalus di dunia. Sayang, makanan ini paling berisiko punah. Apa keunikan dari Pasta Su Filindeu ini? Simak ulasannya berikut yuk!

Pasta Terhalus Seperti Benang

Potongan pasta terhalus di dunia
Potongan pasta terhalus di dunia via instagram/@sardegna_puntoradio

Dilansir dari BBC Su Filindeu memiliki arti benang Tuhan. Nama tersebut jelas terlihat dari helaiannya yang sangat tipis dan juga halus. Untuk menemukan pasta ini kamu harus mengunjungi sebuah pulau di Italia. Namanya Pulau Sardinia yang merupakan pulau terbesar kedua setelah Sisilia di Laut Tengah. Itupun kamu harus menempuh perjalanan 33 kilometer ke Festival San Fransesco di Lula untuk mencicipinya. Nah, bisa dibayangkan berapa banyak anggaran yang diibutuhkan untuk berkunjung ke pulau ini kan?

Pasta terhalus di dunia
Pasta terhalus di dunia via instagram/@rob_gentile

Hidangan yang Berusia Ratusan Tahun

Lezatnya Su Filindeu yang disajikan dengan keju
Lezatnya Su Filindeu yang disajikan dengan keju via instagram/@sardegna_cooking_studio

Masih dari sumber yang sama, Su Filindeu bukanlah makanan baru yang tengah hits. Namun, pasta ini merupakan makanan tradisional yang sudah populer sekitar tiga abad yang lalu. Hidangan ini biasanya diolah dengan sup kental dari kaldu domba dan keju pecorino. Lihat fotonya saja, sudah bikin ngiler bukan? Apalagi cita rasanya. Pasti bikin ketagihan.

Lezatnya Su Filindeu
Lezatnya Su Filindeu via instagram/@antonellafancello

Langka Karena Teknik Pembuatan yang Rumit

Paula Abraini, pembuat pasta
Paula Abraini, pembuat pasta via instagram/@matteocarassale

Menurut koordinator kepala Slow Food International Ark of Taste, Su Filindeu berisiko punah karena sulit dibuat. Hingga saat ini, hanya tiga orang yang menguasai teknik memasak pasta ini, yaitu Paola Abraini, 63 tahun. Abraini sudah lihai saat mengolah semolina gandum, air dan garam hingga membuatnya elastis, tidak kering atau pun lembek. Bahkan ia pun tak kesusahan saat melintangkan adonan hingga berjumlah 256 helaian dengan sempurna.

Paula Abraini, saat membuat pasta
Paula Abraini, saat membuat pasta via instagram/@marcojakko86

Cerita Murid Abraini yang Tak Pernah Berhasil

Helaian pasta terhalus di dunia
Helaian pasta terhalus di dunia via instagram/@sardegna_cooking_studio

Untuk melestarikan makanan langka tersebut, Abraini berulang kali membuat kelas memasak. Sayangnya, tidak satu pun dari muridnya yang berhasil. Kebanyakan muridnya gagal karena tidak bisa membuat pasta tipis sempurna. Ada pun dua orang lain yang menguasai teknik pembuatan Su Filindeu adalah saudara ipar dan keponakan dari Abraini. Pantas langka bukan?

Potongan pasta
Potongan pasta via instagram/@sardegna_cooking_studio

Nah, itulah ulasan tengan Pasta Su Filindeu yang terancam punah. Sayangnya lagi, sedikit yang bisa menguasai teknik membuat masakan lezat ini.

Tags
Itali Italia Kuliner Italia Pulau Sardinia Sardinia
Share