Kamu Wajib Tahu Fakta di Balik Cap Paspor dari Negara Ini

Advertisement

Bukan rahasia lagi jika pengurusan paspor dan visa cukup merepotkan bagi para pemula, apalagi visa Schengen. Beberapa orang juga kurang mengerti dengan fakta-fakta lain di balik dokumen penting ini. Salah satunya adalah stempel paspor Israel yang ternyata bakal membuat pemiliknya susah masuk ke negara-negara tertentu. Wah, penasarankan dengan hal menarik di balik cap tersebut? Yuk, simak uraian selengkapnya berikut!

Wisatawan Berpaspor Israel Ditolak di Beberapa Negara Islam

Cap Stempel dari Israel
Cap Stempel dari Israel [image source]
Israel merupakan negara yang cukup menarik perhatian. Apalagi setelah keputusan mereka untuk membombardir tetangganya sendiri, Palestina. Karena hal tersebut, banyak sekali wisatawan yang tidak tertarik untuk berkunjung. Bahkan beberapa negara menolak orang dari Israel untuk masuk ke negaranya, termasuk traveler dengan stempel dari Negeri Zionis. Beberapa di antaranya adalah negara Islam seperti Bangladesh, Brunei Darussalam, Irak (non-Kurdistan), Iran, Libya, Somalia, Sudan, Suriah, Lebanon, Pakistan, Sudan dan Yaman.

Diterima dengan Syarat Cukup Berat

Traveler Asal Israel
Traveler Asal Israel [image source]
Namun, kamu yang sudah terlanjur memiliki stempel tersebut tidak perlu khawatir. Ada beberapa negara yang masih memberikan izin masuk kawasannya, tentu saja dengan syarat-syarat tertentu. Seperti Uni Emirat Arab yang hanya mengizinkan pemilik paspor dengan stempel Israel untuk transit. Sementara Arab Saudi sendiri tidak memberikan larangan untuk ke negaranya asal tidak menginjakkan kakinya di Tanah Haram yang ada di Mekkah dan Madinah. Sedangkan mereka yang hendak melaksanakan ibadah haji dan umroh, negara ini tidak mempermasalahkannya.

Traveler Asal Israel Bisa Masuk Indonesia?

Pengurusan Visa Indonesia untuk Traveler Asal Israel
Pengurusan Visa Indonesia untuk Traveler Asal Israel [image source]
Indonesia menjadi salah satu negara yang mengizinkan warga Israel berkunjung. Bahkan, untuk pengurusannya lebih muda dibandingkan dengan Malaysia. Calon wisatawan asal Israel hanya perlu mengurus visa ke Kedutaan Besar Republik Indonesia di negara ketiga (misalnya Singapura). Setelah mereka menyertakan surat rekomendasi dari Direktorat Jenderal Imigrasi Jakarta. Nah, setelah pengurusan kedua surat tersebut, baru mereka bisa masuk Indonesia melalui 3 bandara yaitu Soekarno-Hatta Jakarta, Ngurah Rai Bali, dan Bandara Juanda Surabaya.

Objek Wisata Menarik di Israel

The Old Jerusalem
The Old Jerusalem [image source]
Aturan mengenai penolakan paspor berstempel Israel membuat banyak wisatawan enggan berkunjung ke negara ini. Padahal, banyak loh destinasi menarik yang pastinya bakal membuatmu terperangah. Seperti Bukit Zaitun yang di lerengnya terdapat perbukitan Zaitun.. Belum lagi dengan Old City Jerusalem yang memiliki bangunan eksotis. Tak hanya itu, masih banyak lagi objek wisata yang juga menakjubkan.

Sekarang sudah tahu kan fakta-fakta yang tersembunyi di balik paspor dengan stempel Israel. Nah, berniat untuk traveling ke sini?

Advertisement
Tags
Israel paspor
Share